TUTORIAL : CARA MENGGANTI DOMAIN BLOGSPOT MENJADI DOMAIN .COM

Bismillahirrahmanirrahiim, di posting kali ini saya ingin berbagi pengalaman sekaligus tutorial tentang cara mengganti domain blogspot menjadi domain TLD (Top Level Domain), seperti .com, .net, .org, dll atau biasa juga disebut custom domain. Seperti kita tahu bahwa Blogspot atau Blogger adalah CMS (Content Management System) dalam pembuatan blog yang disediakan gratis oleh Google. Blogger juga merupakan salah satu layanan pembuatan blog yang saat ini paling banyak digunakan di dunia selain wordpress.

Membuat blog di blogger.com sepenuhnya gratis. Kita tidak perlu sewa hosting untuk menyimpan seluruh data blog kita, karena hostingnya sudah disediakan gratis oleh google di blogger/blogspot.

Bagi anda yang membuat blog di blogger/blogspot, akan mendapat URL/alamat blog dengan format seperti ini namaanda.blogspot.com. Adapun jika sobat ingin memiliki URL/alamat blog yang terlihat profesional tanpa embel-embel .blogspot.com, itu juga sangat mungkin dilakukan. Tapi terlebih dahulu, kita harus memiliki atau dalam hal ini menyewa domain di perusahaan penyedia domain/hosting. Harga untuk setiap domain yang sobat sewa (misal : namaanda.com) juga tidak terlalu mahal, hanya kisaran Rp. 100-140 ribu per tahun. Tentunya dengan harga segitu per tahun, menurut saya sangat layak bagi anda untuk memiliki nama domain yang sesuai keinginan, dengan catatan domainnya masih tersedia / belum digunakan orang lain.


cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com
Oke langsung saja saya bahas tutorialnya di bawah ini. Langkah-langkah di sini berdasarkan dari apa yang sudah saya praktekkan ketika mendaftarkan domain saya www.bangrusman.com
    1. Di sini saya asumsikan, Anda sudah memiliki blogspot yang berisi beberapa artikel, dengan nama alamat : namaanda.blogspot.com dan Anda ingin mengubahnya menjadi namaanda.com.

    Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah membeli/menyewa domain di Perusahaan penyedia sewa domain dan hosting. Adapun di sini pengalaman saya di sini menyewa domain melalui jagoanhosting.com. Untuk penjelasan tentang bagaimana caranya menyewa domain dan hosting tidak akan saya jelaskan di sini. Jadi saya anggap sekarang Anda sudah memiliki hak atas kepemilikan nama domain, misal namaanda.com

    2. Setelah domain anda terdaftar, silahkan masuk ke dashboard blogger. Masuk menu setelan/setting, pilih  Dasar. Lihat bagian tab Penerbitan. Klik tulisan +Siapkan URL pihak ke tiga untuk blog Anda. Berikut adalah tampilannya

     cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    3. Kemudian ketikkan nama domain yang sudah anda miliki di form yang tersedia, seperti terlihat di bawah ini. Pastikan untuk menyertakan www pada penulisan nama domainnya. Jangan cuma mengetikkan namaanda.com, karena nantinya akan tidak dapat dilanjut ke proses selanjutnya. Ketikkanlah www.namaanda.com
     cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    4. Setelah Anda ketikan nama domain, klik simpan. Tunggu beberapa saat, harusnya akan muncul peringatan tulisan merah "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 12". Hal ini tidak masalah, tidak usah dihiraukan. Fokuslah pada tulisan / kode di bawahnya, akan muncul dua kolom dan dua baris CNAME, yang nantinya akan digunakan untuk konfigurasi di DNS domain. Catat / simpan kode tersebut. Atau klik link Lihat petunjuk setelan untuk melihat panduan resmi dari google tentang How do I use custom domain.
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    5. Sekarang masuk ke member area di masing-masing jasa penyedia domain. Setiap penyedia domain tampilannya akan berbeda-beda, namun pada dasarnya sama. Dalam hal ini saya menggunakan Jagoanhosting.com. Masuk member area di sini https://member.jagoanhosting.com/clientarea.php  masukkan data login
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    6. Setelah sukses login, masuk ke tab My Domains. Klik tombol Manage Domain yang terletak di sebelah kanan data list domain.
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    7. Klik menu blogspot, maka akan muncul dua kolom, kolom host dan kolom Destination. Input kode CNAME yang sebelumnya telah di dapat di tampilan blogger. Klik save.
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    Inputkan kode yang didapat tadi, sehingga tampilannya seperti di bawah ini.
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    8. Setelah itu klik menu A Record, input DNS sebagai berikut.  
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
     Klik Save. Pastikan DNS yang dimasukkan telah berhasil ter-record semua.
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    9. Kembali lagi ke dashboard blogger, lalu pada tab penerbitan yang tadi. klik tombol Simpan. Tunggu prosesnya beberapa saat. Jika berhasil, maka blog Anda sudah bisa diakses menggunakan domain baru yang telah disetting tadi. Namun pada beberapa kasus, kadang tidak bisa langsung tersimpan.

    Ada kalanya jika tidak bisa disave pada saat itu juga, kita harus menunggu hingga maksimal 1x24 jam hingga settingan DNS nya benar-benar tersimpan, lalu kita kembali ke halaman edit penerbitan tadi untuk klik tombol Simpan,  biasanya akan langsung bisa sukses tersimpan.

    Setelah sukses tersimpan, ada satu hal lagi yang harus kita lakukan, yaitu redirect domain. Masuk pada setelah penerbitan, lalu klik tombol edit pada domain yang telah tersimpan. Centang kotak "teruskan namaanda.com ke www.namaanda.com".

    Agar nantinya visitor bisa mengakses domain sobat tanpa menggunakan subdomain www. Sehingga bisa meminimalisir hilangnya kunjungan visitor. Karena jika kotak tersebut tidak dicentang, visitor yang mengunjungi blog anda tanpa mengetikkan www, maka akan tampil halaman not found.
    cara custom domain / mengganti domain blogspot menjadi domain .com

    10. Oke setelah disimpan, blog sobat belum bisa langsung ter-redirect ke domain yang baru saja didaftarkan tsb. Dan blog Anda sudah bisa diakses dengan domain kelas atas (TLD) dan sudah tanpa embel-embel blogspot.com lagi. Selamat.
      Barangkali sekian saja tutorial tentang cara mengganti domain blogspot menjadi domain TLD ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan blogger khususnya yang pemula seperti saya untuk mengganti nama domainnya menjadi custom domain, sehingga lebih terlihat keren dan profesional. Sekian dan terima kasih.

      Jangan lupa baca juga Cara Melakukan Setting / Pengaturan Awal Blog Baru 


        Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


        96 Responses to "TUTORIAL : CARA MENGGANTI DOMAIN BLOGSPOT MENJADI DOMAIN .COM"

        1. infonya bermanfaat mas yhanks,, kunbal ya<<

          http://adityaspecs.blogspot.com/

          ReplyDelete
          Replies
          1. sama-sama mas..
            terima kasih kunjungannya.. :)

            Delete
          2. sangat bermanfaat gan artikelnya, terima kasih banyak

            Delete
        2. postingnya bagus sekali dan sangat bermanfaat

          ReplyDelete
        3. bila sebelumnya nama domainnya "namaanda01.blogspot.com", lalu ingin kita ubah menjadi "namaanda02.com.apakah bisa? thanks infonya

          ReplyDelete
          Replies
          1. menurut artikel lain yang ane baca gaes boleh boleh aja diganti... bahkan yang gak mirip sekalipun bisa
            contohnya namaanda.com bisa diganti jadi cintakamu.com itu gamasalah gaes..
            visit juga blog ane gaes :
            https://indonesiamerahputihku.blogspot.co.id/

            Delete
        4. ko ane ga bisa bisa yah gan
          bant donk

          ReplyDelete
          Replies
          1. Gak bisa sebelah mananya ya gan? Ada baiknya, untuk lebih jelas bisa hubungi Customer Service perusahaan tempat anda membeli domainnya.

            Delete
        5. mas untuk ganti menjadi TLD kita beli Domain dan Hosting nya? atau Domain saja?

          ReplyDelete
          Replies
          1. Kalo untuk sekadar custom domain di blogspot misalkan, cukup beli domain saja. :)

            Delete
          2. kalo ikutan dibeli hostingnya, gmn itu mas?
            trims

            Delete
          3. Beli hosting diperlukan jika mas hendak bikin blog self hosting, seperti menggunakan wordpress self hosted. Jadi blognya punya rumah sendiri lengkap dengan alamatnya. Tidak seperti di blogger/blogspot yg menumpang di hosting milik google.

            Delete
        6. assalamu alaikum mas admin, Artikelnya bermanfaat sekali, ane juga rencana pengen ganti domain ke top Level Domain, trus ane mau nanya, misalnya ane udah ganti ke tld, apakah semua link-link yang aktiv di dalam posting harus kita edit lagi?? Atau kita biarkan ber subdomain blogspot saja?? mohon bantuannya min. makasih

          ReplyDelete
          Replies
          1. Tidak perlu diedit. Setelah ganti domain, maka URL tiap artikel (yg masih ada .blogspot nya) akan otomatis terganti ke URL baru dengan domain TLD.

            Delete
        7. agar efektif, apakah langsung dibuat dlm bentuk domain? Atau diliat potensinya dlm bentuk blogspot dulu?

          ReplyDelete
        8. saya not found :( coba infoxkun.tk

          ReplyDelete
        9. Permisi gan, saya mau nanya nih, misalnya uda ganti domain, apakah domain blogspot yang telah didaftarkan ke webmaster harus dihapus dan didaftarkan ulang dengan menggunakan domain baru tersebut, atau dibiarin aja..? Terimakasih

          ReplyDelete
          Replies
          1. Didaftarkan kembali gan di webmasternya. :)

            Delete
        10. gan bagaimana cara website saya ada di google ? :( please answer!

          ReplyDelete
          Replies
          1. rajin update artikel yg bermanfaat aja gan, dan diusahakan artikelnya SEO & Human Friendly. Lalu web/blog nya juga didaftarkan ke webmaster untuk mempercepat pengindex-an.
            Thx.. mohon maaf atas telat responnya gan :)

            Delete
        11. Artikel yang sangat bermanfaat bagi para blogger yang ingin mengcustom domainnya dari blogspot ke domain TLD, khususnya yang menggunakan jasa jagoanhosting.
          Salam kenal dan Terima kasih Pak.

          ReplyDelete
        12. makasih tutorialnya gan, ane berhasil ngeganti domain blog ane ke TLD

          ReplyDelete
        13. makasiah gan ilmunya nambah pengetahuan saya,berkunjung ya di blog sederhana saya http://bisnisaffiliasinoscam.blogspot.com

          ReplyDelete
        14. Ctrl +D dulu gan
          Jadi pengen ngerubah domain biar keliatan pro

          ReplyDelete
        15. sangat bermanfaat postnya gan :)

          ReplyDelete
        16. Saya brencana beli domain sama coba pasang adsense..mending dluan yg mana mas...?

          ReplyDelete
          Replies
          1. Itu tergantung mas nya. Kalau mas sudah punya akun adsense-nya silahkan untuk langsung saja pasang iklannya di blog. Tapi kalau memang niat sewa domain, bisa dari sekarang sja, biar domainnya segera dipasang dan segera berumur dan terindex search engine.
            Thx :)

            Delete
        17. Mantaaap!!! kalo mas-nya pakai blogger/ wordpress ? tolong dijawab

          ReplyDelete
        18. gan cara buat template kaya punya agan gimana? mohon dijawab

          ReplyDelete
          Replies
          1. Ini tempalate premium buatan mas sugeng, gan. Bisa dicek aja ke tkp sugeng.id

            Delete
        19. terimakasih, ilmunya gan, sangat bermanfaat sekali

          ReplyDelete
        20. maaf kelebihannya apa ya kalao setelah di ganti .blogspotnya..??

          ReplyDelete
          Replies
          1. Kelebihan dari custom domain jadi tld itu yang jelas bisa lebih SEO dan Human Friendly. Lebih gampang diingat juga. Terus jika konten blog sudah memadai juga bisa digunakan untuk pendaftaran program ppc seperti adsense dan yang lainnya. Terima kasih.

            Delete
        21. pengen banget... tapi nulisnya belum profesional... thanks sharingnya mas

          ReplyDelete
          Replies
          1. Yup sama-sama mba :).
            Terima kasih kunjungannya.

            Delete
        22. Replies
          1. Sama-sama gan.. :) Terima kasih kunjungannya.

            Delete
        23. gan , login ke jagoan hosting gimana ? harus punya akun kah ? saya login pake email n password ga bsa gan

          ReplyDelete
          Replies
          1. registrasi / sewa domainnya dulu gan. Tidak harus di jagoanhost, bisa juga pakai yang lain.

            Delete
        24. email ajagoan hosting.a itu gimana ??

          ReplyDelete
        25. bagus mas. cukup jelas. makasih infonya

          ReplyDelete
        26. Makasih gan tutornya, ternyata menggunakan jagoanhosting lebih mudah. Ada promo lagi di hari imlek.

          ReplyDelete
          Replies
          1. Sama-sama gan.
            iya di sana memang sering ngadain promo sesuai moment.
            btw, Terima kasih atas kunjungannya.

            Delete
        27. aku udh berhasil setting di domain, tapi kok blog ngga bisa di akses kenapa yah ?

          ReplyDelete
          Replies
          1. coba ditunggu hingga maksimal 1x24 jam, mba Rose. Kalo masih tetap tidak bisa, bisa hubungi CS tempat mba sewa domainnya, untuk dimintai bantuan.

            Delete
        28. maas kalo pindah domain pengaruh sama traffic apa enggak mas ?
          mkasih

          ReplyDelete
          Replies
          1. ya untuk di awal-awal pergantian ada pengaruh pastinya ke trafik. Tapi lambat laun dalam beberapa hari akan kembali normal. Jangan lupa daftarkan kembali domain barunya ke webmaster.

            Delete
        29. Itu maksudnya ada tulisan tahunnya di jagoanhosting itu maksudnya apa, atau masa aktifnya ?
          Tolong di jawab

          ReplyDelete
          Replies
          1. iya gan, itu tanggal/waktu tagihan berikutnya.

            Delete
        30. mas bantuin dong, aku kok gak bisa2 ya, web ane mastambit.blogspot.com ingin menjadi mastambit.net tpi yg gratis gimana ????

          ReplyDelete
          Replies
          1. setahu saya untuk domain tld, seperti .net tidak ada yang gratis gan.

            Delete
        31. trims ilmunya, bisa jadi bahan referensi buat ganti domain blog saya nanti

          ReplyDelete
        32. Min kalo misalnya waktu masih blogspot.com kan adminnya lebih dari 1 orang, nah kalo diganti pake domain lain, ngaruh ke urusan adminnya ga?

          ReplyDelete
          Replies
          1. Nggak ngaruh, fungsi dan pengaturan lainnya masih sama seperti saat masih domain blogspot.com.. yg berubah cuma domaimnya aja.

            Delete
          2. Nggak ngaruh, fungsi dan pengaturan lainnya masih sama seperti saat masih domain blogspot.com.. yg berubah cuma domaimnya aja.

            Delete
        33. Bermanfaat :)
          visit
          www.indonesiakekinian.com

          ReplyDelete
        34. Ada ga domain .com gratis min? hehehe

          lagitrendanpopuler.blogspot.com

          ReplyDelete
        35. Wah Mantap nih artikel, bermanfaat banget..
          tunggu kunjungan balik nya gan www.ip-lux60.com

          ReplyDelete
        36. mimin kalo untuk ganti jadi dot com yang beneran gratis gaada ya?
          visit back min :
          https://indonesiamerahputihku.blogspot.co.id/

          ReplyDelete
          Replies
          1. Setahu saya gak ada mas kalo yang gratis. Ada juga (banyak) yang ngasih promo murah, itupun biasanya untuk tahun pertama, buat renewalnya harga normal.

            Delete
        37. Makasih infonya mas, sudah saya coba terapkan ilmunya
          rencananya saya ingin merubah handikahevn24.blogspot.com ke handikahevn24.com tetapi selalu error.
          Mungkin harus nunggu proses parkir domain 1x24 dulu kali ya =D

          ReplyDelete
        38. gan mau tanya, diatas dijelaskan klo blog yg dibuat menggunakan platform blogger (contoh blognya misal: www.akuganteng.com) tidak usah beli hosting cukup domain nya aja karena hosting nya sdh disediakan oleh google..

          berarti cuman buang2 duit aja klo begitu kalo blog yg dibuat dari blogger terus beli hostingnya jga, apa ada perbedaan nya blog yg dibuat dari blogged hanya custom domain nya aja dgn menggunakan hosting..

          ReplyDelete
          Replies
          1. Iya gan, kalo memang pake platform blogger, gak usah sewa hosting juga, cukup domainnya aja gan.
            Sewa domain dan hosting biasa diterapkan jika mau bikin blog selfhosted, seperti wordpress selfhosted (wordpress.org).

            Delete
        39. Kalau sub domain bisa tidak ya diarahkan ke blogspot?

          ReplyDelete
        40. Thanks very much gan .. ilmunya sangat bermanfaat ..

          ReplyDelete
        41. This comment has been removed by the author.

          ReplyDelete
        42. artikel sangat bermanfaat
          kalo mau beli domain + hosting murah dimana ya gan ??
          kunjungi balik catatanketjik.blogspot.com
          lagi rame ramenya ransomware , baca diblog catatanketjik pasti puas deh

          ReplyDelete
        43. blogspot saya ranking-nya google sudah sangat bagus. Tiap saya posting naskah baru di blog, selalu bisa jadi rangking 1 atau 2 dalam google search. Pertanyaanya, kalau saya ganti ke domain.com, link dan SEO saya tetap sebagus blogspot nggak ya juragan? Nuhun nuhun 10 X

          ReplyDelete
          Replies
          1. Memang akan ada pengaruh pak, terlebih jika blogspotnya sudah berumur dan punya rank bagus. Yakni dalam hal indexing yang mulai lg dari nol, juga alexarank yg pastinya jadi membengkak. Trafik juga bisa saja jadi turun dan postingan yg tadinya ada di ranking atas juga bisa saja tergeser posisinya.
            Tapi sepengalaman saya, hal itu terjadi hanya sementara, setelah beberapa waktu, trafik dan rank blog/postingannya akan kembali seperti semula saat masih domain blogspot. Jadi memang perlu waktu.
            Untuk itu silakan dipertimbangkan.. :)

            Delete
        44. Ndan.. ane juga order dijagoan hosting tapi pas sudah milih magane domain kok ndak muncul seperti gambar nomer 7 ya tapi diarahkan ke Wizcrm.

          Nah kalo kasusnya begitu harus begimane ndan? nuhun

          ReplyDelete
          Replies
          1. Harusnya sih keluar tampilan manage gan. kalau seperti itu kasusnya, ada baiknya agan hubungi CS nya langsung. Fast respon kok.
            Maaf sebelumnya gan.

            Delete
        45. Pusing kemana mana cari caranya ternyata disini lebih lengkap thanks ya gan

          ReplyDelete
        46. Mas mau nanya nih
          Kalo blog kita yang masih menggunakan adsense hosted ( karena masih pakai sub domain (ilhamsazili.blogapot.com))
          Trus kita upgrade ke non hosted ( domian TLD)
          Apakah kita harus daftar lagi adsense nya kyk awal
          -Lama dong

          ReplyDelete
          Replies
          1. Tidak perlu ngulang daftar dari awal mas.

            Delete
        47. gan mau tanya,, name server blogger itu maksudnya gmna ya?
          thanks

          ReplyDelete
        48. apakah setelah ganti domain, artikel yang tadinya terindek google dengan domain blogspot.com akan mengindek ulang dengan domain yang baru ?

          ReplyDelete
        49. mas kalau masih tahap review adsense aku bisa ganti domain gak mas..??

          ReplyDelete
        50. thanks gan atas infonya...Kami menyediakan jasa travel tour biro perjlananan anda ke tanah suci mekah.. Kunjungi Halaman kami di Arwaniyyah Tour Travel

          Arwaniyyah Tour Travel

          ReplyDelete
        51. Mas kalau ngilangin www.saat diakses apa bisa di blogger?
          Kalau berkenan kunjungi blog saya mas hehe http://myparadizee.blogspot.com/

          ReplyDelete
        52. mas, klo mau pndah dari blogspot ke domain sendiri,
          terus gimna dengan privacy police, TOS, dll yang udah kita buat di blogspot?

          ReplyDelete
        53. hallo
          bisakah saya mengganti blogspot sy dengan domain yg baru tetapi beda nama misalnya sy punya diet-magical.blogspot menjadi sehatbugar.com?

          ReplyDelete
          Replies
          1. bisa banget gan.. nanti trafik organiknya perlahan pindah ke domain barunya. Gak masalah beda nama.

            Delete
        54. Simple sebenarnya. Cuman bagi blogger pemula penting juga ini biar ga sesat settingnya :D

          Nice tuts kang!

          ReplyDelete
        55. Ditunggu Kunbalnya Gan
          https://www.pintar-cyber.com

          ReplyDelete

        Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
        Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

        close
        bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online