CARA GAMPANG MENGGANTI TEMPLATE BLOG BLOGGER

Cara Mengganti Template Blog Blogger - Di posting kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana caranya untuk mengganti template blog, sehingga tampilan blog kita menjadi lebih menarik atau enak dipandang. Mengganti template ini boleh dibilang merupakan tahap yang penting ketika kita mau membangun sebuah blog karena dengan tampilan blog yang menarik akan mempengaruhi jumlah pengunjung nantinya, selain itu pengunjung yang membaca blog kita jadi betah berlama-lama membaca blog kita, tentunya didukung dengan bacaan yang menarik juga.
Apa itu Template Blog?
Pengertian template itu sendiri yakni suatu file script yang memuat rangkaian kode-kode html dan kode-kode programming lain seperti CSS dan Javascript yang menjadi dasar dalam pembentukan sebuah tampilan blog. Filenya berbentuk file script yang berekstensi .xml. Mungkin bagi orang awam / pemula, kode-kode tersebut sangatlah rumit dan aneh. Tapi untuk tahap ini anda tidak perlu ambil pusing dengan hal itu.

cara mengganti template blogger
Sebenarnya untuk mengganti template blog sangatlah mudah jika kita ingin menggantinya dengan template bawaan langsung yang disediakan oleh blogger, di menu template. Tapi dalam hal ini kita akan membahas cara mengganti template blog dengan menggunakan template custom yang telah kita download sebelumnya. Jadi bukan template bawaan bloggernya. Karena terkadang template bawaan blogger agak kurang menarik dan kurang cantik jika dipandang.

Oke sebelum kita bahas cara / tutorialnya, terlebih dahulu kita sudah harus punya file template yang akan kita gunakan untuk blogger kita. Dari mana kita bisa dapatkan / download file template? Di internet banyak sekali situs penyedia template blogger dengan banyak pilihan motif dan variasi dan tentunya gratis / free download. Anda bisa download template-template keren di beberapa situs seperti btemplates.com, soratemplates.com, zoomtemplate.com, dll. Silahkan kunjungi situs-situs tersebut untuk mendapatkan template yang dikehendaki. Biasanya bentuk file nya berupa .zip yang perlu kita extract dulu untuk mendapat file template .xml nya.

Baik, jika sudah dapat template yang diinginkan, silakan ikuti cara mengganti template blog berikut ini.

1. Di sini saya menggunakan template dari btemplates.com, ada beragam jenis template yang disediakan bisa disesuaikan dengan isi blog kita. Silahkan cari template yang diinginkan. Kemudian klik tombol Download. Atau bisa cek dulu halaman demo nya dengan klik tombol Preview.
cara mengganti template blogger

cara mengganti template blogger

2. Setelah file template terdownload, ekstrak file dengan menggunakan winrar, sehingga muncul folder yang berisi file template yang berekstensi .xml
cara mengganti template blogger
3. Masuk ke dashboard blogger, klik menu Template, klik tombol Cadangkan / Pulihkan
cara mengganti template blogger
4. Browse / cari file template yang sudah diesktrak tadi, kemudian klik open
cara mengganti template blogger
5. Klik Unggah, dan tunggu prosesnya beberapa saat.
cara mengganti template blogger
6. Setelah template ter-upload, maka tampilan blog anda akan langsung berubah. Bisa and lihat langsung tampilan blog anda yang baru dengan menekan tombol "Lihat Blog"
cara mengganti template blogger

Screenshoot panduan di atas masih menggunakan tampilan blogger lama. Adapun untuk tampilan blogger terbaru, cara mengganti template blog nya tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya pada tulisan menu "Template" yang kini berubah menjadi "Tema".

Dan sekarang tampilan blog anda telah berhasil diubah. Demikian tutorial cara mengganti template blogger. Cukup mudah, bukan? Anda bisa mengganti template blog sesuka hati hingga berkali-kali, akan tetapi diusahakan agar jangan terlalu sering mengganti template. Karena selain akan membuat pengunjung menjadi agak bingung dengan tampilan blog yang berubah terus - juga dengan terlalu sering mengganti template akan berdampak kurang baik juga terhadap SEO Blog. Tidak jarang jika kurang bijaksana dalam pelaksanaannya, mengganti template blog bisa saja menurunkan trafik/kunjungan ke suatu blog.

Update: 

Di tampilan blogger terbaru sekarang ini, penggunaan istilah template telah berganti nama menjadi Theme atau jika dalam bahasa Indonesia 'Tema'. Tapi secara definisi, baik itu template maupun tema tetap memiliki pengertian yang sama. Jadi tidak usah ambil pusing, karena sejauh ini istilah 'Template' masih lebih familiar ketimbang 'Tema'.
cara mengganti template blogger

Selain itu, terhitung sejak awal tahun 2017 ini, Blogger telah menambahkan koleksi Tema terbaru, setelah sekian lama pilihan temanya itu-itu saja. Tampilan Tema/Template terbaru ini juga bisa dibilang cukup eyecatching (enak dipandang) dan juga SEO & Mobile Friendly. Dari segi kecepatan loading pun, template/tema baru ini juga cukup wuz..wuzz alias cepat, sehingga tidak kalah dengan template-template custom premium yang banyak tersebar di jagad internet.

Ada 4 Jenis Tema/Template baru yang disediakan Blogger, yakni Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Berikut adalah tampilan preview Tema terbaru Blogger yang layak dicoba.
cara mengganti template blogger
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan template/tema bawaan blogger di atas, maka caranya tentunya gampang. Yaitu cukup pilih template/tema yang diinginkan, lalu klik Terapkan pada Blog.

Namun jika serasa kurang sreg dan ingin mengganti template dengan template custom ataupun template premium, maka terapkan panduan di atas dengan sebelumnya mendownload template terlebih dahulu.

Tips Memilih Template:

*Pilihlah template/tema yang simple dengan latar background putih. Karena Google menyukai kesederhanaan tampilan. Lihat saja tampilan Google.com dan halaman pencarian, tampilannya hanya putih.

*Gunakan template yang loadingnya ringan. Jadi penting untuk mengecek kecepatan dari template yang hendak digunakan. Caranya adalah dengan membuka blog demo dari template tersebut, kemudian mengeceknya menggunakan tool dari situs gtmetrix.com . Masukkan alamat blog demonya, lalu klik Analyze. Maka akan tampil score dari template tersebut seberapa cepat. Template yang baik ditandai dengan Score Speed minimal B dan YSlow Minimal B. Semakin tinggi semakin bagus.
Salah satu template/tema simple dan ringan yang saya rekomendasikan bisa Anda download di sini (PinkSteady Blogger Template), dengan Score GTMetrix sebagai berikut.
Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian. Terima kasih. Jangan lupa baca juga Cara Melakukan Setting/Pengaturan Awal di Blog Blogger Baru


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


165 Responses to "CARA GAMPANG MENGGANTI TEMPLATE BLOG BLOGGER "

  1. Thx Bro Infonya ;) kunjungin jugaa
    babymetal-48.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Diekstrak dulu jika file templatenya masih dalam bentuk .zip.

      Delete
  3. terimakasih, sangat membantu bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  4. sangat membantu gan
    kunjungi juga http://blogsamz11.blogspot.co.id/ semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. thx gan infonya bermanfaat.
    gan saya minta copas ya nanti saya pasang sumbernya di sni.

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas informasinya,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. ada yg bisa bantu tidak. template blog saya ada tanda logo blogger yang crash atau break. jadi saya tidak bisa ganti template blog saya. help me dong..

    ReplyDelete
  8. terima kasih artikel nya menarik bang.

    ReplyDelete
  9. Artikel yang bagus dan menarik di tunggu kunjungan balik di www.meteorizone.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. wah bagus kang infonya sangat menarik

    www.cafeblog24.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. kunbal gan http://zenozil11.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  12. sangat membantu ,trimakasih infonya

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. You're welcome :)pleasure could do that :)

      Delete
  14. terimakasih.. sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  15. keren kakak sudah di praktekin mampir ya ke blog ;)

    ReplyDelete
  16. Terimakasih ka, sangat membantu sekali buat pemula seperti saya :D

    ReplyDelete
  17. Makasih banyak infonya tentang cara ganti template heheh ^_^

    ReplyDelete
  18. Ternyata mudah ya. jadi pingin nyoba

    ReplyDelete
  19. Info nya sangat bermanfaat gan,saya wajib coba ni mengganti template.
    Kunjung juga ya gan blog sederhana ane http://bumikatulis.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. sangat membantu, langsung praktek ahh. terimakasih banyak bangrusman

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah infonya snagat membantu gan, ane masih bingung sama bahasa Html. jadi lebih sering download template. kadang bingung gmn cara install templatenya di blogger. hehehe untung nemu artikel ini...
    makasih gan... sukses selalu... aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. Terima kasih kunjungannya.

      Delete
    2. infonya sangat membantu, saya lagi belajar membuat blog magang jepang kenshusei

      berkat artikel ini jadi terbantu

      Terima kasih
      salam

      Delete
  22. Mantap artikelnya

    Btw kunjungi juga blog ane:
    http://lantingrusak.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. eh bang ini kalo sudah dipasang kira2 bisa diedit gak tampilannya? thx :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diedit, tergantung jenis template yang digunakan. memungkinkan untuk kustomisasi atau tidak.

      Delete
  24. Terima kasih tutorialnya mas.

    wasapnet.com

    ReplyDelete
  25. thanks gan , sangat membantu sekali artikrl ini. saya bisa ganti dengan template bukan bawaan blog lagi.

    ReplyDelete
  26. Memang gambap setelah dipraktikkan langsung...
    thanks gan..

    ReplyDelete
  27. O, begitu to..
    sangat membantu, terimakasi g

    ReplyDelete
  28. Akhirnya ketemu juga ini artikel. Makasih gan dah share infonya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  29. sangat membantu sekali terimakasih

    ReplyDelete
  30. tempate sdh berubah, tapi background masih yg lama. sudah saya cari di html kok ga ketemu ya

    ReplyDelete
  31. tutorial yang mudah untuk di ikuti bahasanya mudah di pahami

    ReplyDelete
  32. makasih bantuan nya om mimin :D ..kunjungi juga ya blog saya di http://reyphotographer.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  33. mantap mas tutor blog nya, silahkan berkunjung ke blog saya untuk pembahasan Excel
    http://excelkj.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  34. ini artikel tepat,seperti yang baru saya cari bagi pemula seperti saya......
    bang cara ektraknya bagaimana....mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal dulu winrar/winzip, klik kanan di file --> ekstrak

      Delete
  35. Maaf gan, ne saya ada referensi template ringan dan responsive

    http://e-torial.blogspot.co.id/2016/03/template-sangat-responsive-ringan-fast.html

    ReplyDelete
  36. terima kasih ya kang infonya sangat berguna dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  37. makasih infonya mas, sangat membantu

    ReplyDelete
  38. thanks sangat membantu terutama untuk ganti template

    ReplyDelete
  39. makasih ya, sangat membantu, kunjungi blog ku di febtarinar.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  40. bermanfaat bgt kang. hatur nuhun

    ReplyDelete
  41. resep masakan sederhana kunjungi yaa resepoishi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  42. Makasiiiiiih.... berguna banget buat pemula seperti aku :)

    ReplyDelete
  43. Sangat membantu bagi pemula..
    Kalau ada waktu mampir zb-021.blogspot.com

    ReplyDelete
  44. sudah coba..tapi gagal, next dicoba lagi..makasih ya tutorialnya

    ReplyDelete
  45. Thank you very much! Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  46. bagus artikelnya
    sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya
    makasih artikelnya mas

    ReplyDelete
  47. thanks bro info nya...sangat berguna bagi ane blogger newbie
    kunbal nya gan http://oprekersnewbie.blogspot.com

    ReplyDelete
  48. thankz info nya gan, jangan lupa kunjungi situs saya juga ya gan dan berikan masukan supaya blog saya makin bagus kayak punya agan juga,:)-

    ReplyDelete
  49. makasih ya infonya,bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  50. thanks min, bloggnya keren ngetss hoho

    ReplyDelete
  51. kak mau tanya kenapa di tampilan seluler wallpapernya tidak bisa sama seperti tampilan di pc ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disiasati dengan menonaktifkan tampilan selulernya, sehingga tampilan di seluler jadi sama dengan tampilan PC. Caranya masuk dashboard, klik menu Template, klik tombol roda gerigi pada bagian seluler > klik pilihan Tidak. Tampilkan template seluler di perangkat seluler.

      Begitu kira-kira, mba. Semoga membantu.

      Delete
  52. bermanfaat sekali, terima kasih

    ReplyDelete
  53. Permisi mas mau tanya. Saya abis ganti template di blog saya yg otomatis navigasi tampilan di blog ngikutin template baru. Dulu saya bikin page/ laman sendiri yang bisa memudahkan navigasi. Pertanyaan saya, gimana masukin/setting kolom navigasi bawaann dari template buat diatur sesuai keinginan saya dengan subtag tertentu. mohon bantuannya ^^

    yozora94.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mba Ell. Saya lihat navigasi blognya sudah bagus dan sangat memudahkan pengunjung. Untuk mengatur navigasi, bisa dilakukan dengan mengeditnya di menu Template > Edit HTML. Cari bagian (kata) yg menunjukkan menu 'menu navigasi', lalu ubah menu-menunya beserta targetnya sesuai kehendak. Dan jika yg dimaksud 'dengan subtag' itu seperti menu dropdown, mba bisa tambahkan script menu dropdown di bagian navigasi tsb. Scriptnya bisa coba mba googling saja.
      Thx.

      Delete
  54. Mas Indra salam kenal Bisa minta tolong review in blog saya Rumahku Istanaku apa yang kurang? kenapa kok daftar andsense ditolak melulu... trims

    ReplyDelete
  55. mau nambahin nih sob http://www.kampustekno.com/2016/06/kumpulan-template-blogger-karya-anak-indonesia/

    ReplyDelete
  56. thanks buat infonya. mau nanya nih cara mencairkan uang dari googlae adsense gimana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa via WU (Western Union)untuk akun lama.
      Untuk akun baru, setahu saya cuma bisa via wire tranfer (transfer rekening)

      Delete
  57. keren bang info nya ,terimakasih yaa.klo mau liat tips trik ngeblog biar blog ente-ente pade kliatan bagus ngga cman bnyak warna,tapi juga tampilannya profesional kunjungin nih http://fajri-smkswadhipa2natar.blogspot.com

    ReplyDelete
  58. Thanks gan buat tutorialnya. Sangat membantu banget untuk edit" template yang baru saya download.

    ReplyDelete
  59. makasih banyak gan, jadi tahu deh :D

    ReplyDelete
  60. Om ucapin makasih ya... Om baru belajar ngeblog hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Om Tri.
      Terimakasih juga sudah mampir. Semangat ngeblognya. :)

      Delete
  61. thanks for sharing this information, it helps me a lot! sudah dipraktikan langsung di blog saya dan ini hasilnya -> ivisityou.blogspot.com

    ReplyDelete
  62. Makasih yaa infonya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  63. langsung diaplikasi dan hasilnya mantap

    ReplyDelete
  64. lumayan membantu
    mampir gan http://petunjukislamblog.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  65. mantap, langsung di coba,,,
    suratlamarankerjas.blogspot.com

    ReplyDelete
  66. nah,bagi yang ahli mungkin ini dianggap sepele. Tapi bagi yang belum ngerti pasti artikel ini dianggap menolong.
    Iya kan mas,hehe
    salam kenal mas...

    Oh iya, buat melengkapi tutorial mas. Mas nyediain tutorialnya saya nyediain templatenya.
    boleh kan mas numpang promosi di sisni (www.ganteng.id)
    Tapi saya nggak kemaruk kok mas, saya justru mendukung kalau ada yang punya niatan bikin sendiri daripada beli.
    Kalau mau belajar bareng bikin template bisa baca artikel ini mas, semoga bisa membantu
    http://www.ganteng.id/2016/08/panduan-membuat-template-blog-sendiri.html

    ReplyDelete
  67. ikut praktekin boss, kelamaan di wordpress jadi pengen nyobain pake blogger :)

    ReplyDelete
  68. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  69. Makasih gan artikelnya bermanfaat banget buat newbie kayak saya.. sekarang tampilan blog saya jadi semakin kerenn..

    ReplyDelete
  70. Kalo pake hape bisa gak buat memproses?? Su gk punya komouter ato laptop. Mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat chrome atau browser lain di Android sepertinya bisa (saya juga belum pernah nyoba kalo di hp). Pastikan saja sebelum proses, file xml templatenya sudah ada di drive HP.

      btw, mohon maaf baru kerespon, gan. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  71. Terima kasih mas informasinya. Sangat membantu

    ReplyDelete
  72. Gan cara buat ganti (this is default featured slide Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions) TEMPLETE JOURNAL jadi foto kita sendiri itu gimana Gan... Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  73. Gan Slide pada templete jornal bisa diubah gak?? Gimana?? Mohon Pencerahan?? Makasih sebeumnya https://yantounitritribhuwana.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, diubah manual. Silakan masuk menu template > edit HTML. Lalu cari kalimat seperti ini "this is default featured slide Go to Blogger edit html...." di template dengan menggunakan CTRL+F. Setelah ketemu, ganti tulisannya sesuai kehendak. Lalu save.

      Untuk gambarnya juga sama, kalau mau diubah, ganti URL gambarnya dengan URL gambar agan..

      Silakan dicoba. kalau kurang paham, boleh komen lagi.

      Delete
  74. Good, Cukup Membantu untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete
  75. Mantap gan, thanks dulu walau tutorial yang mau ane cari belum ketemu, tp gpp...

    ReplyDelete
  76. Thanks untuk infonya, kunjungi juga

    triadtz.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  77. terimakasih infonya bermanfaat untuk pemula seperti saya

    kunjungan balik http://newmugiwara.blogspot.com

    ReplyDelete
  78. thanks sangat bermanfaat ,kalo bisa kunjungi blog ku AkaAme.blogspot.com

    ReplyDelete
  79. hati-hati kalo ganti template blog salah-salah visitor turun.
    Jika ingin tau trik ganti template blog agat visitor tidak turun namun bahkan bertambah bisa kunjungi link ini ya https://goo.gl/e8pRNc

    ReplyDelete
  80. terima kasih.
    artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  81. bermanfaat sekali...
    kunjungi juga blog saya ya
    www.goresanaswiyah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  82. sangat bermanfaat gan
    apalagi yg newbie kya saya

    ReplyDelete
  83. thanks sesama bloger harus berbagi

    semoga makin banyak yg ngeview

    ReplyDelete
  84. terima kasih :)
    sangat membantu.

    bisa mampir. new blog. hhee

    https://nurkhoy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  85. Terimakasih infonya, harus sering dipraktekkan supaya tidak lupa. Trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Rachma
      Terima kasih juga kunjungannya

      Delete
  86. terimakasih infonya :)

    mampir juga gan :D software-hitam.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  87. Oke, makasih info singkatnya semoga gampang juga untuk dipraktekkan ya

    ReplyDelete
  88. Terimakasih, artikelnya sangat menarik dan informatif :)
    Silahkan kunjungi juga http://ayumaghfirahayu.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  89. mau tanyak Gan. kalau text dibagi-bagi jadi 3 bagian. kayak mana cara Uploadnya Gan ?

    ReplyDelete
  90. trimakasih tutorialnya mas, sangat membantu...
    jangan lupa mampir di http://www.saktiinfo.com/

    ReplyDelete
  91. terima kasih sekali buat tulisannya mas sangat membantu untuk pemula :)

    ReplyDelete
  92. Thanks ya buat infonya. Membantu banget nih, aku baru bikin blog soalnya. kunjungi blog aku juga ya di https://miyuki-life.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  93. trims infonya, sangat bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  94. mksih infonya bos,, sngt membantu buat pemula sprti saya.. hehehe

    ReplyDelete
  95. sangat membantu pemula gan, terimakasih infonya.

    ReplyDelete
  96. terima kasih gan tutor nya membantu banget buat aku blogger pemula.

    ReplyDelete
  97. makasih gan buat infonya ,,
    sangat membantu bagi saya pemula,,

    ReplyDelete
  98. Makasih gan Buat infonya
    jangan lupa mampir di blog ku
    http://weryinfogame.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  99. trimakasi toriturialnya bang sangat membantu, main" juga ke blog ane bang,, trimaksi

    ReplyDelete
  100. Thanks gan, kebetulan temen ane baru aja baru nanya

    ReplyDelete
  101. Thanks buat tutorialnya, berguna banget buat saya. salam kenal :)

    ReplyDelete
  102. Cocok sekali buat pemula blogger mas, mudahan saja semakin betah yang lagi pemula untuk belajar di blog mas ini. :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online