Top Ad unit 728 × 90

TIPS CEPAT MENGHAFAL LIRIK LAGU BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN PEMBELAJARAN

Oke di posting kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara cepat menghafal lirik lagu bahasa Inggris untuk tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran bahasa Inggris yang paling menyenangkan adalah dengan mendengarkan lagu barat, atau lagu berbahasa Inggris. Untuk saya sendiri, sangat menyukai pembelajaran dengan metode ini. Saya memang menyukai mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris walaupun belum bisa menangkap/mendengar kalimat liriknya secara langsung. Artinya untuk tahu liriknya seringnya saya cari tahu dulu isi liriknya di internet. Untuk pemula, hal ini wajar-wajar saja saya rasa. Lanjutkan saja. :) Kedepannya InsyaAllah akan bisa mendengarkan secara langsung isi lirik dari sebuah lagu tanpa harus cari tahu liriknya terlebih dahulu di internet.



Adapun ketika kita menyukai sebuah lagu dari salah seorang penyanyi atau band, tentunya secara langsung atau tidak langsung, seringkali kita berusaha menghafalnya walaupun tidak disuruh siapa pun dan walaupun besoknya tidak ada ujian lirik..hehe. Dengan hafal lirik dari sebuah lagu, kita akan dapat dengan mudah untuk menyanyikannya dengan lebih percaya diri. Dan tentunya yang pasti untuk menghafal lirik lagu dalam bahasa Inggris tidak semudah menghafal lirik lagu dalam bahasa Inggris. Serta biasanya diperlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan kita menghafal lirik lagu berbahasa Indonesia.

Dan di sini, saya hanya ingin berbagi tips bagaimana cara cepat dalam menghafal lirik lagu berbahasa Inggris untuk tujuan pembelajaran pribadi. Karena kebetulan saya juga suka mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dan tidak jarang menghafal lirik-lirik dalam lagu tersebut. Selain karena itu menyenangkan, juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pembendaharaan kata / vocabulary kita.
Berikut adalah tips-tipsnya.
1. Browse/cari lirik lagu yang diinginkan.Setelah dapat kalau bisa diprint lembar kertas liriknya.

Dengarkan kembali lagu sambil memperhatikan lirik lagu yang diprint tadi. Dengarkan berulang-ulang. Boleh 2,3,4,5 atau 6 kali. Terserah, secukupnya aja:)

2. Tulis kembali lirik yang telah dihafal tadi. Tulis dengan tulisan tangan atau ketik. Satu hal yang perlu diketahui, sebenarnya jari-jari kita juga memiliki ingatan. Pernyataan yang aneh ya :) Tapi pada kenyataannya memang seperti itu.

Contoh : Jika Anda mahir mengetik 10 jari, dan ketika ditanya, di mana letak huruf “Y”, anda pasti setidaknya perlu berpikir dulu dimana letak huruf tersebut. Tapi jika jari-jari Anda sedang menyentuh keyboard langsung, maka ketika ditanya dimanakah huruf “Y” dengan gampangnya pasti Anda akan secepat kilat menunjukkan mana huruf Y, bahkan tanpa melihat keyboard sekalipun. Jadi, lakukanlah re-write / tulis ulang lirik tersebut dengan tulisan tangan atau dengan mengetik di keyboard computer.


3. Setelah selesai menulis kembali liriknya, perhatikan baris demi baris dari lirik tersebut. Pahami maksud dari lirik tersebut, dan jika ada kata yang belum tahu artinya, bukalah kamus dan cari tahu artinya. Secara tidak langsung, di sini vocabulary Anda akan meningkat. Lakukan terjemahan dan cari maksud dari semua lirik tersebut.

4. Setelah didapat maksud dari lirik tersebut, kembali dengarkan lagu yang sedang dihafal sambil kembali melihat lirik yang telah anda tulis. Selanjutnya, dengarkan lagu tadi tanpa melihat lirik, maka di sinilah Anda akan merasakan efek dari usaha Anda melakukan re-write lirik seperti di atas. Anda dapat dengan mudah menghafal lirik lagu tersebut dan Anda bisa bernyanyi dengan lebih percaya diri. :)

Memang cara di atas sepertinya ribet, tapi sebenarnya justru menghemat waktu Anda dalam menghafal lirik dari sebuah lagu. Percaya, saya sudah membuktikannya, it works. :) Secara tidak langsung, Anda juga sudah melakukan latihan penting dalam mempelajari sebuah bahasa yang meliputi 4 aspek, yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking hanya dengan menghafal lirik lagu. Cukup bisa dijadikan alternative dalam pembelajaran bahasa Inggris yang bisa Anda lakukan setiap harinya.

Sekian artikel sederhana tentang tips cepat menghafal lirik lagu bahasa Inggris ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.
TIPS CEPAT MENGHAFAL LIRIK LAGU BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN PEMBELAJARAN Reviewed by Indra Rusman on 6:05 AM Rating: 5

11 comments:

  1. mantap.. paling enak kalau menghafal lirik lagu sambil di nyanyiin dan biasanya otomatis hafal pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan..ini cara belajar yang paling menyenangkan :)

      Delete
    2. salah satu cara menguasai bahasa inggris adalah dengan menghafal vocabulary sebanyak mungkin. sy sering pakai aplikasi android ini https://goo.gl/wGr632 sederhana dan tidak berat tapi bermanfaat.

      Delete
  2. Kunjungi : http://alexa-trg.blogspot.com
    Mantapp.. Bagus artikelnya

    ReplyDelete
  3. Thanks atas info triknya sangat bermanfaat. menambah pengetahuan tentang cara menambah vocabulary lewat lirik lagu yang kita nyanyikan.

    salam kenal ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu untuk menghafal vocabulary. sy sering pakai aplikasi android ini https://goo.gl/wGr632
      fiturnya bagus. bisa atur alarm pengingat sesuai dengan keinginan sendiri.

      Delete
  4. thanks infonya :)
    rizkiaditya23.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Belajar Bahasa Inggris memang bisa darimana saja. Gak mesti dari grammar mulu :-D
    Trims sharingnya Mas.
    Tambah juga intensitas belajar kamu dengan belajar bareng kita di online learning britishenglishclass.com
    Cari guru kamu sendiri. Ada lebih 100 guru berkualitas tersedia.

    Salam sukses

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak.

All Rights Reserved by Indravedia Blog © 2017
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.