Cara Menggunakan Aplikasi 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru

Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru - Sering kita mendengar wejangan-wejangan dari para motivator yang menyebutkan bahwa kesuksesan di masa depan ditentukan oleh sikap / attitude dan kebiasaan baik yang kita lakukan sekarang. 

Saya sendiri akui itu sepenuhnya benar. Karena dengan semakin banyaknya kebiasaan baik yang kita lakukan setiap hari, maka akan semakin besar pula peluang keberhasilan yang akan kita capai di hari depan. Sebaliknya jika kita punya kebiasaan buruk yang secara terus-menerus kita lakukan setiap hari, maka dapat dipastikan kesuksesanpun akan semakin jauh.

Secara sederhananya, untuk membangun kehidupan yang baik maka bangunlah dulu pondasi-pondasinya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dari sekarang. 

Kebiasaan-kebiasaan baik itu tentu banyak sekali macamnya yang bisa kita lakukan setiap hari, baik itu bersifat duniawi maupun urusan ibadah. Contohnya seperti membaca buku, berolahraga jogging secara teratur setiap minggu, menulis, membaca Al-quran, Shalat berjamaah, bangun shubuh, dan lain-lain.
Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru
Jogging Habit, Photo used under Creative Commons from d26b73

Namun, seperti kita tahu untuk membentuk suatu kegiatan menjadi sebuah kebiasaan, tentu sangatlah sulit. Alasan utamanya biasanya karena kita tidak memiliki konsistensi dalam menjalankannya (Inkonsistensi). Konsisten artinya melakukan kebiasaan tersebut secara berkesinambungan secara berkala / setiap hari.

Jadi intinya kita harus konsisten dan tidak tergoda untuk berhenti sebelum target tercapai dan kebiasaannya terbentuk. Salah satu cara alternatif / strategi efektif yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang aplikasi Habit Tracker (Pelacak Kebiasaan). Melacak di sini maksudnya adalah mengontrol telah seberapa konsistenkah kita menjalankan daftar kebiasaan yang sebelumnya telah kita buat di aplikasi tersebut. Selain melacak dan mengontrol, aplikasi ini juga mengingatkan kita melalui tab notifikasi Smartphone kita untuk selalu semangat melakukan kebiasaan baru yang mau kita bentuk tersebut. Sehingga tujuan kita untuk membentuk kebiasaan baru tersebut akan terasa lebih ringan dan teratur.

Aplikasi Habit Tracker ini bisa kita dapatkan secara gratis di smartphone Android kita. Dan dari sekian banyak aplikasi Habit Tracker yang ada, di sini saya menggunakan aplikasi yang bernama 7 Weeks Habit & Goal Tracker. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi (yang gratis dan berbayar). Namun di sini saya masih pakai yang free alias gratis. Tapi walaupun free, kita bisa dapatkan fitur yang cukup powerfull dalam mendukung kita membentuk kebiasaan baru tersebut. Selain itu kelebihan dari aplikasi Habit Tracker yang satu ini adalah simpel alias tidak ribet dalam penggunaannya, juga kita bisa lakukan kustomisasi terhadap tema / tampilannya, agar kita tidak bosan.

Oke, bagi sobat yang mungkin sedang berusaha ingin konsisten dalam sebuah kebiasaan baik, mungkin tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi 7 Weeks Habit Tracker ini. Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam instalasi dan cara pemakaiannya.

1. Buka Playstore melalui gadget android sobat dan tulis di kotak pencarian dengan nama 7 Weeks
Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru
2. Silahkan instal / pasang aplikasi tersebut. Setelah sukses terinstal dan kita buka aplikasi tersebut, maka kita akan disuguhkan tampilan seperti berikut. Tanpa perlu mendaftar / sign up, kita sudah bisa menggunakan fitur dari 7weeks ini.
Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru


Langsung saja tap tombol tambah (+) di pojok kanan bawah layar, lalu buatlah nama kebiasaan yang ingin sobat lakukan. 
Give this habit/goal a name (Untuk memberi nama kebiasaan) 
Reason for doing this habit : bisa diisi dengan alasan / motivasi kita untuk melakukan kebiasaan tersebut.
Untuk menambah daftar kebiasaan baru bisa dengan cara tap pada ikon / tombol gulir sebelah kiri, lalu klik Add New habit. Silahkan tambah daftar kebiasaan-kebiasaan yang ingin sobat lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

3. Setelah daftar kebiasaan berhasil dibuat, maka kita sudah bisa mulai melakukan misi kita dalam memanfaatkan aplikasi ini untuk membentuk sebuah kebiasaan positif baru. Untuk melihat daftar kebiasaan dan mengelolanya, silahkan bisa ikuti petunjuk seperti terlihat di screenshot di bawah ini.
Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru

Sobat akan diarahkan pada tampilan berisi deretan kotak tanggal yang tersusun 7x7 kotak, yang berarti 7 hari x 7 minggu = 49 hari. Kotak-kotak inilah yang kita gunakan untuk melakukan marking/penandaan setiap harinya jika sudah beres mengerjakan kebiasaan yang kita tuliskan.

Tinggal tekan/tahan pada kotak tanggal, maka akan muncul pilihan :
Completed (telah selesai dilaksanakan), Missed (terlewat), Clear(untuk menghapus dan mengganti penandaan). Dan lakukan ini setiap hari di satu waktu tertentu.


4. Untuk membantu kita dalam mengisi penandaan kebiasaan di atas, maka ada sebuah fitur reminder yang bisa kita gunakan untuk mengingatkan dan memberi motivasi lewat notifikasi agar kita segera melakukan kebiasaan yang telah kita buat tadi. Tersedia dua waktu reminder yang bisa kita gunakan, yaitu Morning Reminder (untuk mengingatkan kebiasaan yang dilakukan pagi hari) dan Evening Reminder (untuk siang/sore/malam hari). Untuk menyetelnya bisa masuk ke menu Setting dan pilih Reminders, seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.
Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru


5. Untuk yang satu ini sifatnya hanya optional, jadi tidak wajib juga dilakukan. Yang mana aplikasi 7Weeks ini menyediakan beberapa warna tema yang bisa kita pilih agar tampilan aplikasinya bisa sesuai dengan karakter kita. Juga agar kita tidak bosan dalam pengaplikasiannya. Untuk mengatur warna tema tampilan, bisa lewat menu Settings dan pilih Color Theme, dan pilih warna sesuai keinginan.
Cara Menggunakan 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru


Bagaimana? Cukup mudah kan cara menggunakannya. Pastinya, kan saya sudah jelaskan secara detail di atas, apalagi dengan disertai gambar :)

Oke, itulah tips sederhana tentang cara menggunakan aplikasi Habit Tracker 7 Weeks untuk melacak dan membentuk kebiasaan baru kita. Membangun kebiasaan baik itu memang sulit, tapi itu bukan alasan untuk kita tidak berusaha mengerjakannya. Saatnya berubah ke arah yang lebih baik dengan melakukan lebih banyak kebiasaan baik setiap harinya.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer : Materi di atas adalah sebatas informasional tanpa ada maksud menggurui. Yang mana di sini penulispun juga sedang berusaha mengerjakan apa yang ditulis. Terima kasih.


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi 7Weeks Untuk Membentuk Kebiasaan Baru"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online