Catatan : Akhirnya Kartu Payoneer Sampai Juga

Halo sobat pembaca sekalian, di artikel kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saat menerima kiriman kartu Debit Payoneer Mastercard

Saya mendaftaran akun Payoneer pada awal Desember 2015. Dan dari pihak Payoneer sendiri memberitahukan via email bahwa kartu Debit Payoneer Mastercard sudah dikirm dari New York USA ke alamat saya dengan estimasi waktu tiba antara tanggal 25 Desember sampai 1 Januari 2016. 

Namun, hingga melewati batas waktu estimasi sama sekali belum ada tanda-tanda pak Pos mengirimkan kartu Payoneer tersebut. Waktu itu saya berpikir, mungkin belum sampai ke Indonesia alias masih di jalan entah di mana. Sehingga saya biarkan saja tanpa melakukan apa-apa. Saya berpikir, mungkin besok, mungkin besok akan ada kiriman. 

Hingga tak terasa sudah lewat 2 minggu dari batas waktu estimasi. Dan saya pun mendapatkan email dari Payoneer untuk segera mengaktivasi kartu, dengan memasukkan 16 digit nomor yang tercetak di kartunya. Lha gimana mau diaktivasi, kartunya aja belum dipegang. 

Lalu saya pun melayangkan email ke CS Payoneer. Menjelaskan bahwa saya belum menerima kartunya. Dari Payoneer pun menyarankan untuk melakukan request ulang kartu atau jika ingin lebih pasti dan agar bisa melacak keberadaan kiriman bisa menggunakan jasa ekspedisi DHL yang tentunya tidak gratis, perlu biaya sekitar $50.

Saya pun berpikir untuk melakukan request ulang kartu dengan pengiriman regular biasa (gratis), dengan catatan mesti rela menunggu lagi hingga sebulan lebih lamanya, itu pun belum tentu bisa sampai ke alamat. 

Namun sebelum request ulang, saya sempat bertanya kepada salah seorang teman di facebook perihal kartu Payoneer yang tidak kunjung datang. Hingga akhirnya diapun menyarankan agar saya terlebih dahulu mengecek ke Kantor Pos Pusat (kota). Tanyakan apakah ada kiriman surat dari US ke alamat saya atau tidak. Karena menurut pengalaman dia, kadang kirimannya suka keselip-selip dan Petugas Posnya jarang memprioritaskan kiriman tanpa prangko dari luar negeri sejenis kiriman Payoneer tersebut.

Maka keesokan harinya, saya pun menuruti saran dari teman tersebut untuk mendatangi kantor POS pusat kota.

payoneer, kantor pos,
kantor POS


Setelah mengutarakan maksud ke petugas Satpam, saya pun diarahkan untuk menghadap ke bagian ekspedisi untuk menanyakan apakah ada kiriman dari USA ke alamat saya. Dan oleh si Mbak-mbak petugas Pos bagian Ekspedisi- saya disuruh menunggu Pengirim barang yang bertugas mengantarkan kiriman ke wilayah daerah alamat saya.

Waktu itu masih pagi, sekitar pukul 07.30, dan petugas pengirim belum datang ke kantor. Setelah menunggu 1 jam, akhirnya saya pun bertemu dengan si Bapak Pengirim yang bertugas mengirimkan barang ke zona wilayah saya. Kebetulan si bapaknya sedang membereskan amplop-amplop yang hendak ia kirimkan.

Langsung saja saya tanyakan, "Pak, apakah ada kiriman dari USA ke alamat saya?" Ketika saya tanya begitu, Bapak Pengirim tersebut agak sedikit bingung, sambil bilang "kayaknya gak ada". Saya sarankan bapaknya untuk mengecek dulu, takutnya keselip-selip di tumpukan. Si bapak tersebut pun langsung melakukannya.

Dan setelah beberapa saat, apa yang terjadi.?? Benar saja ternyata Amplop Payoneer saya ada dalam tumpukan kiriman amplop yang seperti tidak diprioritaskan. Amplop Payoneer itu pun langsung saya ambil, dan memang benar tertulis nama dan alamat saya. Senang sekali rasanya, kesabaran menunggu dan rela mengecek langsung ke kantor pos ternyata tidak sia-sia. Jadi tidak perlu lah request ulang kartu atau membayar $50 untuk pengiriman menggunakan DHL. Karena sekarang kartu Payoneer-nya sudah sukses mendarat di tangan :)
Akhirnya Kartu Payoneer Datang Juga

Dan satu lagi, setelah saya tanyakan ke bapak pengirim tersebut, ternyata benar saja bahwa kartu / amplop tersebut sebenarnya sudah ada di kantor Pos sejak awal bulan (Minggu pertama januari). Estimasi waktu yang diinformasikan Payoneer ternyata benar. Namun oleh petugas POS nya agak sedikit diacuhkan dan tidak diprioritaskan untuk langsung dikirim ke alamat penerima. Entah apa alasannya.

Jujur saya agak sedikit menyayangkan sikap petugas POS yang seperti itu. Saat itu, saya juga lihat beberapa lembar amplop PIN Google Adsense milik teman-teman blogger (orang lain), yang keberadaannya cenderung lepas dari perhatian si bapak petugas pengirim tersebut. Andai kata tidak ditanyakan dan dicek langsung ke kantor POS, sepertinya tidak akan pernah dikirim-kirim itu kartu. Ya mungkin tidak semua petugas POS seperti itu, tapi kenyataannya itulah yang saya alami.

Jadi tipsnya, saat kartu payoneer anda tidak kunjung datang ke alamat rumah setelah melewati batas waktu estimasi, ada baiknya langsung cek ke kantor pos pemeriksa (Kantor Pos Pusat tingkat kota/kabupaten). Untuk mendapat kepastian kiriman kartunya sudah sampai atau belum. Karena biasanya kiriman seperti itu kurang mendapat perhatian dari pihak POS nya.

payoneer, kartu payoneer, kantor pos
Terlepas dari semua itu, saya bersyukur Alhamdulillah sekarang kartu Payoneernya sudah berada di genggaman, walau harus diambil langsung ke kantor POS, bukan si Pak Pos nya yang mengirim ke rumah. Tidak apa-apa lah.

Setelahnya saya pun langsung mengaktivasi kartu Payoneer tersebut, dengan menginput 16 digit nomor kartu dan menentukan 4 digit PIN kartu, yang diperlukan saat hendak menarik dana tunai di ATM berlogo Mastercard. Dan berhasil.

Itulah kira-kira sedikit pengalaman saya dalama mendaftar payoneer hingga menerima kartu fisik debit payoneer mastercard dan mengaktivasinya. Akhir kata, semoga tulisan ringan ini bermanfaat. Terima kasih.


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


47 Responses to "Catatan : Akhirnya Kartu Payoneer Sampai Juga"

  1. setelah itu apa lagi yg dilakaukan, untuk mendapatkan penghasilan dari internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih terlalu luas cakupan pertanyaannya. Kalau masalah itu tergantung jenis bisnisnya mba. Bisnis Online itu banyak sekali jenis dan pilihannya, ada PPC, PTC, Affiliate, dll. Sama saja seperti bisnis offline yg juga banyak pilihannya.

      Pelajar dan pilih salah satu, lalu fokus disitu dan banyak belajar dari orang-orang yang telah lebih dulu sukses.

      Delete
  2. mas saya udah dapet kartu payoneernya tapi waktu saya mau aktifasi dan udah selesai mengisi semua data yang di perlukan malah muncul tulisan wrong card number
    saya udah ulang sampe 10 kali tapi masih gagal juga
    tolong kasih tipsnya dong mas biar kartu payoneer saya bisa di aktifasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf saya gak bisa ngasih tips mas, karena belum pernah mengalami.
      Baiknya mas bisa coba kirim email ke cs payonnernya saja perihal masalahnya.

      Delete
  3. Nice share mas.

    Btw waktu ngisi alamat mas ngisi provinsi ga? Ane lupa ga ngisi provinsi cuma ngisi kota aja

    ReplyDelete
  4. Mas saya ke kantor pos, pihak kantor pos itu menanyakan no resi pengiriman..apakah masnya dapet no resi dari payoneer?..kantor pos tidak bisa ngecek klo gak ada no resi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak ada no resinya mas. Surat kiriman dari luar negeri sperti itu masuk kelompok 'surat biasa' kalau istilah orang pos. Gak ada no.resinya, seperti pin GA. Susah juga memang, kadang orang pos gak semua mengerti soal pengiriman macam payoneer ini.

      Diminta cek aja pak petugas pos yang bertugas mengirimkan paket ke wilayah/area mas. siapa tau terselip di tumpukan, sperti kasus saya.

      Delete
  5. benerr bangett broo pengalaman jg begituu cek ajha lngsung ke kantor POS kmarin ane sempat brpikir mungkin gk dikirim2 kartunya tapi ada email your card has been shipped ..setelah goggling2 banyak yg bilang itu kartu palingan tertahan di kantor POS dan benerr ajha ..sudah ada dikantor pos trnyataa kamprettt emang petugas poss udah bikin ane sebulan lebih GEGANA gelisah galau merana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,, senasib berarti kita gan. :)
      haha.. sampai bikin gegana ya.

      Tp tetap bersyukur aja gan, udah kepegang kartunya sekarang. :)

      Delete
    2. ke kantor pusat atu cabang dekat rumah gan kantor posny ?

      Delete
    3. ke kantor pusat kotanya aja dlu gan..

      Delete
  6. Kartu saya juga blom sampek2 gan..
    boleh di coba cek di kantor pos ni

    ReplyDelete
  7. Wah bermanfaat min.... tolong bantu doa ya hehe semoga kartu saya sampai di tangan saya :)

    otw kantor pos nih... follback ya admin dan semua di www.imammustofa.com saalam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana mas sudah dipegangkah kartunya?

      Salam kenal juga mas Imam.
      Mohon maaf baru kerespon.

      Delete
  8. thanks mas atas infonya, mau tanya mas, kalo maksudnya kantor pos pusat kota tuh kantor pos di kota kita masing-masing atau harus yang pusat di jakarta ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kantor pos kota masing-masing. Sepengalaman saya.

      Delete
  9. untuk pengisian saldo bisa dikirim dari bank lokal ga? kaya BNI gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, gak bisa dari bank lokal mas.

      Delete
  10. bisa minta email cs payoneer ga?
    saya ada tuker uang tapi udh hampir 2 minggu uang blm masuk ke rekening

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba via sini mba,>> https://payoneer.custhelp.com/app/Contact_us
      mohon maaf baru kerespon

      Delete
  11. bisa minta email cs payoneer?

    ReplyDelete
  12. Kalau saya masukan alamat kantor buat pengiriman kartu payoneernya bisa gak ya mas? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, masukkin alamat kantornya di alternate shipping.

      Delete
  13. saya mau nanya, kalau misalkan kita datang ke kantor pos terdekat apakah bisa iya?
    karna sampai sekarang saya juga belum menerima kartu payoneer.
    tetapi sudah mendapatkan informasi bahwa kartu sudah tiba dan segera mengaktifasi kartu tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya sih langsung ke kantor pos pusat di kota/kabupaten gan.
      Tapi boleh juga dicoba dulu tanya ke kantor pos terdekat. Siapa tau ada.

      Delete
  14. Sekarang payonner pakai Expedisi DHL gan padahal saldonya 0, ada nomer resinya bisa dilacak :) Punya saya masih di negara US lagi, di email sampainya antara 18-24 november 2016, semoga saja beneran sampai. Coz rumah saya di dalam gang

    http://prntscr.com/d678vq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sekarang sudah otomatis dikirim pake DHL gitu mas? kalo sebelumnya kan DHL itu cuma optional, biar cepat sampe, bayarnya juga lumayan mahal. ini free atau berbayar mas DHL nya??

      Kalo DHL sih saya rasa dijamin sampe mas. Itu udah transit di Jerman barangnya.

      Delete
  15. Iya mas, kemaren di blog sebelah juga ada yang pakai dhl padahal saldonya masih 0 lagi.
    Tapi katanya setelah sampai di indonesia, orang pos yang ngantar, tapi untungnya ada nomer resinya, nih bisa dilacak di webnya kantor pos
    http://prntscr.com/d68vzb

    ReplyDelete
  16. kalo saya pas ke kantor pos malah ditanya nomor resinya gan bingung deh gatau nomornya yang mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, orang pos memang begitu, selalu nanya nomor resinya.
      Saya juga ngalamin hal yang sama. Kartu Payoneer itu sama kayak PIN Adsense, masuk ke kategori Surat Biasa (istilah orang pos), kiriman dari US. Dan itu emang gak ada nomor resi, bilang aja begitu.

      Delete
  17. gan apa kalau udah bisa login ke payoneer..,, otomatis kartu di kirim..?? atau mungkin ada cara,nya agar kartu dikirim ...??? punyaku setelah login nggak ada apa''nya tuh cuman 1 pesan isinya tanggal perkira'an., itu memang tinggal nunggu aja kah gimana gan...???please jawab gan

    ReplyDelete
  18. gan apa kalau udah bisa login ke payoneer..,, otomatis kartu di kirim..?? atau mungkin ada cara,nya agar kartu dikirim ...??? punyaku setelah login nggak ada apa''nya tuh cuman 1 pesan isinya tanggal perkira'an., itu memang tinggal nunggu aja kah gimana gan...???please jawab gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update terbarunya sekarang, untuk request kartu dapat dilakukan melalui menu 'Order Card' di halaman dashboard akun Payoneer. Isi data KTP dan Shipping Addressnya..lalu klik ORDER. Maka tinggal tunggu kartu dikirim.

      Delete
  19. oh begitu okay sip bro thanx bt informasi nya paket q sdh lebih seminggu blm datang mungkin bisa di coba seperti cara mu bro..btw thanx... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih seminggu ditunggu santai aja mas.. paling masih dalam perjalanan :)

      Delete
  20. mas numpang tanya kan saya udah daftar payoner,itu ngeliat jangka waktu sampenya di mana yah mas?
    terus cara ngaktifin nomr rek sama pinya gimana?
    mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih ada di email approvalnya mas..
      Sesaat setelah pendaftaran payoneernya disetujui, kan dapat email tuh.. di situ dijelaskan estimasi dan perkiraan jangka waktu dan tanggal sampainya kartu, bertuliskan "Your card is estimated to arrive between..... and....."

      kalau sekarang, saya juga kurang tahu mas apakah masih seperti itu atau sudah beda. Mas cek aja di email approval payoneernya.

      2. untuk mengaktifkan rekening & PIN payoneernya nanti setelah kartunya sampai, langsung diaktifasi dan setting PIN..

      Semoga membantu.

      Delete
  21. menerima katu payonernya bayar apa engga sama petugasnya?
    mohon jawab

    ReplyDelete
  22. kalau udah sampe kartu payonernya apakah harus bayar sama petugasnya apa gratis gan
    mohon jawab pliss

    ReplyDelete
  23. mas mau nanya pas mau ngambil kartu payoneernya di kantor pos ditanyain no resinya gk, soalnya saya pas ke kantor pos dan nanya ke satpamnya harus ada nomor resinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, orang pos yg gak tau emang gitu, minta no resi pengiriman. Padahal kiriman kartu sejenis Payoneer ini dalam istilah POS, masuk dalam kategori 'Surat Biasa' yg mana itu gak ada nomor resinya, sejenis dengan PIN Google Adsense.

      Jadi bilang aja ke orang POS nya, itu kiriman surat dari US dan gak ada no.resinya, mohon dicek. Pengalaman saya begitu mas

      Delete
  24. Sudah lebih dari 40 hari blm sampai juga, pak pos bilang g ada. sementara pesan ulang belum muncul. sedih dahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau gitu coba mojok aja mas,sama cs payoneernya. Minta solusi seharusnya gimana. => https://payoneer.custhelp.com/app/chat/chat_launch

      Delete
  25. gan kata pos indonesia nya minta No Resi ?? nah saya bingung no resi nya juga ga ada ,saldo payoneer pun 0 apa bisa bisa pakai DHL gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..itu orang pos nya kurang paham berarti. Bilang aja surat biasa dari US, gak ada nomor resinya. Itu sama kayak PIN Google Adsense, pasti gak ada nomor resi.

      Kalau mau pake DHL bisa aja sih gan, request ulang secara manual paling via email. Terakhir yg saya tahu biayanya $50.

      #mohon maaf baru respon gan.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online