Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding - Pernahkah Anda memainkan Game / Permainan di gadget Android dengan nama 2048? Jika sudah pernah, mungkin Anda sudah memiliki gambaran tentang bagaimana caranya memainkan game ini. Tapi jika belum pernah, atau mungkin bahkan baru tahu, berikut sedikit saya kasih gambaran tentang game yang cukup fenomenal ini.

Game ini termasuk ke dalam kategori atau jenis game puzzle kotak yang mana pada tingkat standar / level terbawah terdiri atas 4x4 kotak kecil. Kotak-kotak tersebut memuat angkat kelipatan 2. Dan bila dua kotak kecil dengan angka sama digeser / direkatkan maka akan membentuk kotak baru dengan nilai gabungan dari kedua kotak yang rekat tadi. Dan setiap terjadi penggeseran kotak, maka akan muncul satu kotak kecil baru dengan angka 2.

Tugas kita hanyalah menyatukan kotak-kotak dengan nilai sama, dari mulai kotak nilai 2+2=4, 4+4=8, 8+8=16, 16+16=32, 32+32=64, dan seterusnya hingga mencapai nilai 2048. Jika sudah mencapai nilai 2048 untuk satu kotak kecil, maka Anda berhasil memenangkan permainannya. Tapi sebaliknya jika belum mencapai nilai 2048 dan daya tampung 16 kotak sudah penuh, maka game over lah jadinya. Get it?? Mudah-mudahan gak bingung ya :) Maaf kalau penyampaiannya kurang mengena :). Tapi tidak perlu khawatir karena sepertinya dengan melihat gambar di bawah ini akan jadi cukup jelas. Seperti inilah konsep permainannya
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

Game ini memang cukup adiktif dan kadang suka bikin gereget. Saya sendiripun jujur sampai saat ini saya juga belum bisa mencapai nilai 2048 :D

Oke, di sini saya tidak akan memberikan tutorial bagaimana caranya bisa mencapai nilai 2048 di game ini. Melainkan lewat artikel ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana caranya untuk bisa membuat sendiri game sederhana sejenis game 2048 ini. Hah..bikin game? Mesti jago coding kah? Tenang, untuk yang satu ini, tidak perlu kita punya keahlian dalam hal coding. Cukup klak klik di sana dan di situ, dalam beberapa menit, langsung jadi gamenya. Bagaimana? Menarik, bukan?

Untuk membuat game tanpa coding, dewasa ini sudah sangat memungkinkan sekali untuk dilakukan. Kita bisa menggunakan tool / web tool yang menyediakan fasilitas atau fitur game generator. Ada banyak macamnya, namun yang paling sering digunakan dan sudah terkenal, serta dianggap paling mudah dalam pengaplikasiannya, yakni adalah AppsGeyser.

Baik, karena tujuan artikel ini ingin memberikan tutorial cara membuat game 2048 untuk Android, langsung saja kita masuk ke tutorial selengkapnya. Berikut adalah langkah-langkahnya saja sajikan.
1. Buka website AppsGeyser. Jika baru pertama kali menggunakan, silakan klik tombol Create Now!

Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

2. Kemudian akan muncul berbagai pilihan kategori aplikasi yang bisa kita pilih sesuai keperluan. Karena kita akan membuat game, maka pilih terlebih dahulu kategori/menu Game Maker di bilah menu bagian atas.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

3. Maka akan muncul beberapa / banyak pilihan jenis game yang bisa dibuat. Klik tombol Show More dan temukan thumbnail bertuliskan 2048. Klik di situ.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

4. Setelahnya maka Anda akan diarahkan pada halaman edit / pengaturan dari game ini agar nantinya bisa digunakan dan setiap perintah berjalan dengan semestinya. Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

Sebenarnya dari appsgeyser nya sendiri juga sudah men-setting game ini secara default. Yakni dengan pengaturan nilai kotak terkecil adalah 2 dan terbesar adalah 2048. Namun jika Anda ingin membuat variasi, bisa saja dengan meng-attach gambar untuk menggantikan angka-angka. Misal untuk angka 2 diganti dengan gambar sepeda, angka 4 diganti dengan gambar sepeda motor. Maka nantinya saat game ini dijalankan, akan tercipta fungsi : sepeda+sepeda=sepeda motor, dst.

5. Untuk mempercantik tampilan, kita bisa menambahkan background ke dalam game 2048 yang sedang kita buat ini. Caranya yakni dengan mengupload gambar background melalui tombol +attach picture seperti terlihat di bawah ini.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

Jika sudah, klik tombol Next

6. Atur nama Aplikasi dan deskripsi, dan Icon untuk aplikasi tersebut.
  • Berikan nama Game
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding
  • Ketikkan deskripsi game. Contohnya seperti terlihat di gambar di bawah
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding
  • Selanjutnya, bisa tambahkan icon game untuk mempercantik. Untuk Icon, Anda bisa cari di iconfinder.com atau bisa juga buat sendiri jika memungkinkan. Klik tombol Next.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding


7. Jika sudah selesai, klik tombol Next. Lalu klik tombol Create App seperti terlihat di screenshot di bawah ini.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding
8. Isikan data email dan password yang nantinya akan digunakan untuk login ke dashboard AppsGeyser. Jangan lupa centang pada pilihan
  • [v] I want to make money with apps (agar nantinya bisa kita memonetisasi gamenya)
  • [v] I agree with the Term of Services
Jika sudah, klik tombol Sign Up.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding


Maka akan muncul pemberitahuan bahwa Anda harus mengecek inbox email yang tadi didaftarkan. Pihak AppsGeyser telah mengirim link verifikasi yang harus diklik supaya akun bisa segera diaktifkan
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

9. Cek inbox email, buka email dari AppsGeyser, lalu klik tombol "Verify Your Email".
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding
Dalam beberapa saat, email kita sudah terkonfirmasi dan akun appsgeyser kita sudah jadi, untuk nantinya bisa kita gunakan untuk kembali membuat game lainnya. Selanjutnya, klik tombol Go To Your Dashboard.
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding
10. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman dashboard. Dan aplikasi game yang telah kita buat sebelumnya sudah bisa didownload secara langsung. Tunggu apa lagi, klik link download untuk mendapatkan file Instalasi mentahan (.apk) game 2048 yang sudah kita buat.

Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding

11. Klik tombol Download App. Maka dalam beberapa saat, sistem akan secara otomatis mendownload file .apk nya.

Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding
12. Adapun cara menginstalnya di smartphone adalah dengan mentransfer file apk-nya secara manual, untuk kemudian diinstal di gadget Android juga secara manual.


Bagaimana, mudah sekali bukan? Ya walaupun mungkin kurang profesional tapi cukup lumayan lah untuk seorang yang sama sekali tidak ada latar belakang / pengetahuan coding yang memadai. AppsGeyser telah memfasilitasi. Tinggal kita gunakan sebaik-baiknya :).

Baik, itulah mungkin tutorial tentang cara mudah membuat game 2048 Android. Adapun untuk pilihan pembuatan game/aplikasi lainnya di appsgeyser ini bisa kita coba nantinya
Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding Reviewed by Indra Rusman on 11:51 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak.

All Rights Reserved by Indravedia Blog © 2017
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online