Top Ad unit 728 × 90

Cara Mendaftar Akun Google Developer Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit

Cara Membuat Akun Google Depelover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit - Sebenarnya post ini layak saya berikan label #latepost alias telat ngepost. Pasalnya isi daripada tutorial ini, yakni membuat akun playstore sudah saya terapkan sekitar 8 bulanan yang lalu. Dan selama itu postingan-nya cuma mengendap terkurung dalam folder draf blog. Adapun kenapa tidak langsung dipublish sedari dulu, karena seperti ada yang mengganjal dan serasa belum menemukan moment yang pas (halah..kayak mau ngapain aja ya..he). Tapi ujungnya malah kelamaan nunggu dan seiring banyaknya penundaan, dientar-entar, eh nyatanya waktu yang tepat memang tidak (akan) pernah muncul. Memang benar apa kata pepatah, "Tidak ada waktu yang paling tepat untuk memulai, kecuali saat ini"

Jadi daripada cuma terkurung di folder draf, lebih baik dikeluarkan saja sekarang. Mudah-mudahan saja bisa memberikan manfaat bagi sobat pembaca sekalian, walaupun tutorial dengan bahasan ini telah banyak diposting juga oleh blogger lain. Di sini saya coba sajikan dengan cara dan bahasa saya sendiri.

***

Cara Mendaftar Akun Google Developer Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit

Sebenarnya setiap orang bisa saja memiliki akun playstore sehingga bukan cuma jadi penikmat, tapi jadi penyedia aplikasi juga nantinya. Persyaratannya pun cuma harus punya akun Gmail. Untuk yang satu ini pastinya sudah dimiliki oleb para pengguna Android. Jadi semua orang bisa mendaftar dan memiliki akun playstore. Itu kabar baiknya.

Kabar kurang baiknya adalah, ini tidak gratis bro. Untuk memiliki / mendaftar satu akun playstore kita harus merogoh kocek senilai $25. Itupun harus bayar pakai kartu kredit, tidak bisa tunai ataupun via Debit Card. Dan di sinilah yang terkadang jadi kendala orang-orang yang ingin merilis aplikasinya di playstore tapi terhambat di metode pembayaran yang harus pakai Kartu Kredit. Tapi yang perlu dicatat $25 itu hanya bayar sekali untuk selamanya. Jadi setelah akunnya jadi kita bisa menikmatinya sampai kapanpun dan juga bisa mengupload file aplikasi android (.apk), sebanyak yang kita mau, tidak ada batasan berapa jumlah maksimal aplikasi yang bisa diupload.

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah. Bagaimana kalau saya tidak punya kartu kredit? Tenang, jangan khawatir, masih ada jalan menuju Roma. Sobat yang tidak/belum punya kartu kredit sama seperti saya, masih bisa mendaftar akun playstore dengan metode pembayaran alternatif yang penggunaannya sangatlah mudah dan dijamin aman bin legal, yaitu via VCN BNI.

Apa itu VCN BNI?
VCN (Virtual Card Number) adalah fasilitas yang disediakan untuk keperluan transaksi debit online. Pada prinsipnya VCN ini juga sama seperti kartu kredit fisik, yakni bisa digunakan untuk keperluan belanja online, baik di dalam maupun luar negeri (ebay, amazon, dll). Bedanya cuma data kartunya yang virtual (tidak bentuk fisik),  dan hanya berlaku terbatas (hanya 1 jam) dari waktu request, karena alasan kemanan. Dan jika kita melakukan transaksi dengan VCN tersebut, maka untuk charge pembayarannya akan diambil dari saldo rekening BNI kita senilai jumlah nominal VCN yang diminta.

Dan untuk bisa menggunakan fasilitas VCN dari BNI ini, yang pasti sebelumnya kita harus punya rekening tabungan BNI dengan kartu ATM berlogo Mastercard, untuk kemudian diaktifkan fitur SMS Banking (transaksi non finansial dan finansial) dan Phone Bankingnya.

Untuk Informasi lebih lanjut tentang tata cara membuka rekening BNI dan mengaktifkan vitur VCN, dan mengaktifkan fitur Phone Banking, silahkan kunjungi website resmi dari BNI nya langsung di http://www.bni.co.id

Jadi katakanlah semua syaratnya sudah siap. Sobat sudah punya akun Gmail dan Punya juga akun rekening BNI yang sudah terintegrasi fitur SMS Banking yang mendukung transaksi non finansial dan finansial yang bisa digunakan untuk Request VCN nya nanti.
Oke, berikut adalah tutorialnya.
1. Kunjungi halaman form pendaftaran Google Developer Console. Maka akan muncul halaman pendaftaran/ persetujuan awal. Berikan tanda centang pada "I agree and I am willing to......". Lalu klik Continue Payment
Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit
2. Maka sobat akan diarahkan pada halaman isian detail Kartu kredit yang digunakan untuk membayar fee pendaftaran sebesar $25 itu. Nah, di sinilah kita lakukan Request VCN BNI-nya. Dengan rate dollar terhadap rupiah saat saya mendaftar, $25 itu setara dengan sekitar 375 ribu rupiah. Kebetulan waktu itu rupiah sedang lemah-lemahnya, nyaris tembus 15 ribu per dollarnya. Untuk berjaga-jaga, saya lakukan permintaan / request VCN dengan nominal 400 ribu. Maka ketikkan di SMS Req VCN 400000. 
Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit
Kemudian akan muncul SMS balasan yang memuat instruksi supaya kita menginputkan 2 digit PIN SMS banking, (digit ke berapa & ke-berapa, tulis tanpa spasi). Tunggu beberapa saat, Data VCN sobat akan segera dikirim. Memuat No. VCN sejumlah 16 digit, CVC2 dan Valid Thru yang nanti akan diinputkan di form isian detai kartu di halaman pendaftaran di bawah ini. Isikan detail kartu VCN nya sesuai dengan peruntukkannya. Jangan lupa centang juga pada Billing Address. \

Jika sudah pasti benar, klik tombol Accept and Continue.

Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit
Lalu pada jendela pop up berikutnya, klik tombol Buy
Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit


3. Setelah proses pembayaran selesai, maka sobat akan menerima email yang berisi notifikasi pembayaran. Sampai pada tahap ini, pembayaran masih berstatus pending. Perlu waktu maksimal 1x24 jam hingga benar-benar tervalidasi, tapi biasanya bisa lebih cepat.
Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit
4. Pengalaman saya, tidak lama setelah menerima email di atas, pembayaran akan langsung divalidasi dan akun Google Developer Consolenya sudah bisa diakses. Berikut adalah tampilan dashboardnya.
Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit
Nah sampai di sini akun playstore sobat sudah jadi. Dan siap digunakan untuk mengupload / memasarkan aplikasi atau game miliki sobat.
Cara Mendaftar Akun Google Develover Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit
Cek Mutasi Rekening, terlihat total fee yang dibayarkan untuk pendaftaran sebesar Rp. 373.511 = $25
Baik, sampailah kita di bagian akhir tutorial ini. Semoga tutorial ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun ingin mengoreksi, silakan bisa meninggalkan jejak di kolom komentar di bawah ini. Dan nantikan tutorial berikutnya tentang cara mengupload Aplikasi Android Pertama Anda ke Playstore.

Sekian dan terima kasih.
Cara Mendaftar Akun Google Developer Console / Playstore Tanpa Kartu Kredit Reviewed by Indra Rusman on 10:42 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak.

All Rights Reserved by Indravedia Blog © 2017
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.