Mencoba Aplikasi Facebook Lite di ASUS Zenfone 4

Facebook adalah jejaring sosial yang boleh dibilang masih menempati urutan  teratas di antara sekian banyaknya jejaring sosial yang ada saat sekarang ini. Dengan jumlah pengguna loyal terbanyak yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri jumlah penggunanya juga sudah sangat bejibun. Setiap orang dari mulai yang masih anak bocah hingga lansia tidak sedikit yang sudah memiliki akun facebook pribadi. 


Facebook sendiri juga kita tahu memiliki fitur yang sangat komplit untuk standar sebuah media sosial. Kita bisa mengupdate / posting status dengan jumlah karakter yang tidak dibatasi, bisa upload foto, video, tag teman, kirim pesan personal (messenger) dan masih banyak lagi fitur lainnya yang powerful. Hal ini juga yang sepertinya menjadikan facebook semakin kesini semakin dicintai oleh setiap penggunanya dan menjadikannya sebagai social media utama.

Tapi ada sedikit hal yang secara pribadi agak saya sayangkan, khusus untuk penggunaan facebook melalui aplikasi Smartphone. Dengan seabreg fitur yang dimilikinya tersebut, menjadikan aplikasi facebook memiliki ukuran byte aplikasi yang lumayan besar dan juga cukup menguras RAM. Sudah pasti untuk perangkat HP kelas entry level yang berperforma menengah ke bawah (RAM di bawah 1 GB) akan sulit untuk menjalankan aplikasi Facebook dengan lancar, karena seringnya akan tersendat-sendat saat loading, scrolling timeline, proses upload, playing videos, dan yang paling parah suka terjadi forced close. Bikin jengkel kadang jadinya. Pengalaman saya untuk bisa dengan lancar menjalankan aplikasi Facebook, khususnya di Android minimal smartphone-nya harus memiliki kapasitas RAM 2 GB. Selain itu aplikasi facebook ini juga bisa dibilang cukup menguras data paket internet yang kita punya, terlebih jika fitur autoplay videonya dibikin enable.


Nah, berkaitan dengan hal di atas tentu saya rasa sudah sangat dipertimbangkan oleh pihak facebooknya sendiri untuk menyediakan solusinya. Bagaimana caranya agar smartphone kelas menengah ke bawah pun tetap bisa menikmat seluruh fitur facebook dengan lancar dan penggunaan data internet yang hemat. 

Maka dari itu, hadirlah aplikasi bernama Facebook Lite. Bisa dibilang facebook lite ini merupakan versi mini dari aplikasi facebook aslinya. Karena dengan ukuran byte aplikasi yang sangat kecil, kurang dari 1 MB, bisa dipasang di Smartphone yang berperforma rendah sekalipun. Ya, walaupun nanti setelah login, tampilannya sedikit agak kaku, tapi kita tetap mendapatkan seluruh fitur facebook, dari mulai update status, upload gambar dari gallery, hingga bisa kirim dan terima pesan personal tanpa harus menginstal aplikasi messenger. Dan yang paling penting, aplikasi facebook lite ini tidak terlalu menguras paket data internet yang kita punya. Jadi bisa lebih hemat lah begitu.

Saya sendiri pun menggunakan aplikasi Facebook Lite ini di perangkat ASUS Zenfone 4 saya yang notabene cuma memiliki kapasitas RAM 1 GB. Sebelumnya saya menggunakan ASUS Zenfone5 dan tidak ada masalah dari segi performa untuk menjankan aplikasi Facebook asli, tapi karena beberapa waktu lalu HP nya digondol maling (sedikit curcol), jadi sekarang pakai 'adiknya' dulu, si Zenfone 4. :D

Bisa saja sebenarnya menjalankan aplikasi Facebook yang normal di perangkat Asus Zenfone 4 ini, namun setelah dibuka dan login, hasilnya tidak bisa lancar dan tersendat-sendat bahkan untuk sekadar scroll timeline saja. Jadi saya putuskan untuk copot (uninstal)  saja dan sebagai gantinya menggunakan Facebook Lite yang sepertinya lebih ramah dan bersahabat dengan Smartphone berperforma rendah.




Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Mencoba Aplikasi Facebook Lite di ASUS Zenfone 4"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.