Top Ad unit 728 × 90

Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus

Sekilas tentang Instagram - Seperti kita tahu, Instagram kini menjadi sebuah jejaring sosial favorit dan digandrungi oleh banyak kalangan, khususnya anak muda. Hampir pasti setiap gadget Android atau IOS (Iphone) yang dimiliki oleh seseorang akan terinstall di dalamnya aplikasi bernama Instagram.

Jejaring sosial yang satu ini mulai menunjukkan tajinya setelah diakuisisi oleh facebook pada awal 2012 lalu. Dari situ instagram semakin dikenal dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk sekadar mengabadikan moment dan pada perkembangannya juga kerap digunakan untuk media jualan. Fiturnya sangat simpel, mengusung konsep visual dan befokus pada konten gambar, tidak seperti twitter yang berkonsep microblogging (140 karakter tweet) dan atau facebook yang mana kita bisa bikin artikel di postingan.
Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus

Namun justru karena prinsip penggunaanya yang sangat sederhana itulah, menjadikan instagram semakin disukai oleh para penggunanya.

Terlebih awal tahun 2016 ini instagram banyak melakukan update dari segi fitur dan tampilan. Seperti logo yang sudah diganti menjadi lebih simpel berwarna gradasi merah kuning ungu, dan tampilan backgroundnya pun dibuat putih bersih (clean and clear) dengan tujuan agar pengguna lebih berfokus pada gambar / foto yang ada.

Selain itu, dari segi posting gambar atau foto, kini instagram juga telah mendukung gambar dengan format landscape (melebar) ataupun portrait (berdiri). Jadi tidak kaku lagi seperti di awal yang hanya mendukung untuk gambar square, berbentuk kotak persegi. Satu lagi update dari instagram, yaitu dalam hal Video Posting yang mana kita bisa memposting video dengan durasi lebih panjang dari sebelumnya, yakni bisa sampai 60 detik (1 menit) untuk setiap video yang diupload. Ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya mampu memuat video durasi 15 detik saja.

Kita nantikan saja, apalagi update-an yang akan disuguhkan instagram berikutnya?

Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus

Oke, Saya rasa cukup intronya, sudah cukup panjang juga sepertinya untuk sebuah paragraf pembuka. Seperti judulnya, di sini saya ingin berbagi tutorial yang bersumber dari pengalaman, yakni saat ingin mendownload gambar dari instagram dalam jumlah banyak.

Seperti kita tahu, bahwa di instagram sama sekali tidak menyediakan fitur download untuk setiap gambar atau video yang diposting. Sehingga kita tidak bisa menyimpan gambar dari akun orang lain untuk disimpan di gallery memori kita.

Cara yang umum digunakan untuk menyimpan gambar / foto di instagram adalah dengan memanfaatkan fitur ScreenShot, baik itu di Gadget Smartphone ataupun di perangkat PC. Atau bisa juga dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Regrann ataupun repost.

Untuk jumlah satu, dua, atau tiga foto yang discreenshot atau regrann mungkin tidak masalah, kita bisa melakukannya tanpa ada kendala. Beda lagi kaitannya jika kita ingin menyimpan gambar dari sebuah akun instagram dalam jumlah banyak. Tentunya jika dilakukan dengan cara tersebut bisa memakan waktu lebih lama dan bisa kriting juga jarinya..hehe.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, jika kita memang ingin mendownload gambar dalam jumlah banyak dari sebuah akun di instagram, baik itu untuk tujuan koleksi ataupun tujuan lain, maka sobat bisa menggunakan sebuah software grabber (penangkap). Dalam hal ini software tersebut bertugas untuk meng-grab banyak gambar dalam suatu akun. Jadi dengan sekali pengaturan dan sekali pencet tombol, maka proses download gambar akan berjalan dengan sendirinya.

Adapun software untuk grab gambar di Instagram ini sangat banyak bisa ditemukan di internet. Saya sempat mencoba beberapa software seperti InstagramSaver dan Instagram Downloader. Tapi entah kenapa, kedua software tersebut tiba bisa berfungsi saat hendak grab gambar dari sebuah akun.
Barulah setelahnya saya temukan software yang cocok dan tentunya free namun cukup powerfull untuk proses grabbing gambar di instagram ini. Dan software yang saya gunakan adalah bernama 4K Stogram.
4kStogram ini tampilannya sederhana dan sangat mudah dalam penggunaannya. Silakan sobat download dulu softwarenya.
Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus
Sudah didownload? Silakan install saja langsung di laptop atau komputer sobat. Tidak perlu dijelaskan dong gimana cara install, pastinya sudah paham.

Oke setelah install 4K Stogram nya, silakan buka. Untuk meng-grab gambar secara massal dalam jumlah banyak dari sebuah akun instagram, sobat Cuma perlu melakukan satu langkah simpel. Cukup input username akun instagram yang kita ingin grab gambar-gambarnya di kolom isian yang tersedia di jendel atas 4K Stogram.

Lebih serunya lagi, 4K Stogram ini bukan cuma bisa menggrab gambar berdasarkan akun / username, tapi bisa juga berdasarkan hashtag ataupun location. Sehingga gambar yang kita grab bisa beragam. Menarik sekali bukan.?!

Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus
 Untuk lebih jelasnya, bisa lihat gambar di bawah ini. Misal di sini saya akan mendownload foto-foto dari akun Marvel dengan username instagramnya marvel (tidak perlu pakai @). Seteleh menginputkan username atau hashtag atau location, langsung klik tombol Subscribe yang terletak di sebelah kanan atas.

Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus
Seketika itu proses grabbing akan berjalan, tinggal kita tunggu saja. Gambar yang sudah berhasil terdownload akan langsung tampil di jendela program 4K Stogram sobat.

Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus


Di sana akan terlihat berapa jumlah foto atau gambar yang sudah berhasil digrab. Jika dirasa sudah cukup downloadnya, sobat bisa klik tombol pause kecil yang berada di sudut kiri atas tampilan download.
Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus
Setelahnya, silakan cek keberadaan gambar-gambar yang sudah didownload di drive komputer sobat. Caranya yaitu dengan klik pada tombol titik tiga sebelah tombol pause. Lalu klik Show Folder.

Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus
Dan jeng..jeng..jeng.. Gambar dan video instagramnya sudah terkumpul, terdownload secara otomatis dalam jumlah banyak tanpa kita harus mendownload atau screenshoot satu per satu. Lebih hemat waktu dan tenaga bukan.

Untuk selanjutnya, silakan gunakan gambar yang sudah digrab sesuai kebutuhan. Tergantung tujuan awalnya untuk apa menggrab gambar tersebut, untuk apa, untuk sekadar koleksi atau untuk diupload ulang.

Baik saya rasa sudah cukup pembahasannya tentang cara mudah mendownload gambar di instagram secara massal / dalam jumlah banyak. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Cara Seru Mendownload Gambar di Instagram Secara Massal / Jumlah Banyak Sekaligus Reviewed by Indra Rusman on 5:45 PM Rating: 5

1 comment:

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak.

All Rights Reserved by Indravedia Blog © 2017
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.