Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang dari Youtube?

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube? - Bagi kebanyakan orang, Youtube mungkin dianggap hanya sebatas media hiburan lewat beragam jenis video yang disajikan. Apakah Anda juga berpikir demikian? Kita tahu bahwa video-video yang ada di Youtube tidak ujug-ujug disediakan oleh pihak Youtube, melainkan ada pihak, baik individu maupun kelompok perusahaan yang mengunggahnya. Nah pernahkah Anda berpikir, kenapa banyak orang (yang kemudian disebut youtuber) yang rela-rela mengorbankan waktu, tenaga dan kuota (mungkin) untuk membuat sekadar video dan menguploadnya ke Youtube?

Mungkin sebagian besar orang khususnya yang awam akan berpikir, “mungkin supaya bisa jadi terkenal gitu lah, kayak Norman Kamaru, atau Sinta Jojo, Udin Sedunia, Justin Bieber dll”. Ya, kita tahu mereka adalah sedikit di antara banyak tokoh yang menjadi terkenal karena efek Youtube. Namun lebih dari itu, tahukah Anda bahwa Youtube juga menjanjikan penghasilan tanpa batas bagi orang-orang yang mau bermitra dengannya?
Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Bagi Anda yang sering nonton video youtube, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Youtuber-youtuber terkenal seperti, Chandra Liow, Edho Zell, Raditya Dika, Reza Oktovian, Agung Hapsah, Young Lex, Cameo Project, LDP, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka-mereka itu adalah contoh para Youtuber yang telah bermitra dengan Youtube.
Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Dan tahukah Anda berapa penghasilan mereka dari youtube? Jangan salah, dari Youtube saja mereka bisa mendapatkan penghasilan di atas rata-rata orang kebanyakan cuma dengan rutin mengupload video berkualitas ke youtube. Ada yang ratusan juta sampai milyaran perbulannya seperti Raditya Dika dan Edho Zell.

Youtube adalah satu-satunya jejaring social yang membayar membernya dari konten video yang diupload, melalui program periklanan Adsense tadi. Anda bisa saja membuat konten video super keren dan diupload ke Facebook, misalkan. Apakah facebook akan membayar Anda jika video tersebut menjadi viral dan banyak ditonton orang? Tentunya tidak. Sampai saat artikel ini saya tulis, Facebook belum/tidak mendukung untuk urusan monetisasi video tersebut.

Lalu dari mana sebenarnya para Youtuber tersebut mendapatkan penghasilan? Jawabannya simpel, dari Iklan. Ya, iklan yang muncul di video-video yang diuploadAdapun iklan yang muncul tersebut bisa bersumber langsung dari Youtube (dengan menjadi Youtube Partner terlebih dahulu) maupun dari pihak ketiga yang menjadi partner sponsorship dari si Youtuber tersebut. Atau bisa juga bersumber langsung dari Youtuber yang bersangkutan, misal dengan jualan merchandise atau menawarkan suatu jasa yang bisa mendatangkan penghasilan.

Mari kita bahas lebih detailnya. Apa yang saya sampaikan di bawah bukanlah cara detail yang berisi step by step / tutorial teknis. Di sini saya hanya menyajikan gambaran cara secara umum bagaimana para youtuber menghasilkan uang dari Youtube. Yang mana secara garis besar bisa diklasifikasikan berdasarkan sumber iklan, iklan dari Youtube langsung (Youtube Adsense) dan iklan pribadi & pihak ketiga (sponsorship).

1. Menghasilkan Uang dari Youtube dengan menjadi Youtube Partner / Publisher Google Adsense

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Mungkin Anda sering melihat iklan muncul sebelum atau saat video diputar di Youtube. Nah iklan-iklan tersebutlah yang jadi sumber penghasilan para youtuber tersebut.

Dan jika iklan yang tampil di suatu video tersebut diklik oleh viewer, maka di sini si Youtuber (pemilik video) akan mendapatkan bayaran senilai sekian dollar perkliknya, istilahnya CPC (Cost Per Click). Selain itu jumlah penayangan iklan per-seribu kali tayang pun akan dibayar dengan nilai dollar tertentu, CPM (Cost Per Mile / Cost Per Thousand Impressions)

Jadi semakin banyak jumlah views dari suatu video, semakin besar peluang adanya klik iklan, sehingga semakin besar juga pendapatan yang dihasilkan. Tidak heran jika para youtuber selalu menganjurkan di awal dan akhir setiap videonya untuk Subscribe / berlangganan channelnya. Itu adalah bentuk engangement yang dilakukan Youtuber untuk meningkatkan jumlah Subscriber dan views dari video-videonya. Karena dengan banyaknya subscriber berbanding lurus dengan banyaknya views / tayangan dari video tersebut. Berbanding lurus juga dengan doku yang masuk ke akun Adsense.
Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Iklan-iklan yang muncul di Youtube adalah iklan Google Adsense, sehingga program kerja sama Youtube Partner ini juga kerap disebut dengan Youtube Adsense.

Google Adsense sendiri adalah sebuah program periklanan milik Google yang membayar publisher yang menampilkan iklan di situs atau halaman web milik mereka. Dilihat dari segi penerapan iklannya, Google Adsense terdiri dari dua macam, Hosted dan Non Hosted. Non hosted berarti iklan bisa ditampilkan di semua jenis halaman web sekalipun di luar hosting Google, seperti di blog Wordpress Selfhosted, blog blogger custom domain dll. Adapun hosted adalah iklannya hanya bisa tampil di jaringan host Google, seperti blog dengan domain blogspot dan Youtube. Jadi iklan yang muncul di Youtube adalah termasuk iklan Google Adsense kategori Hosted.

Adapun Google Adsense sendiri menyajikan iklan dari para Advertiser yang beriklan di Google Adwords.
Program Google AdWords dapat digunakan untuk membuat iklan yang akan muncul pada laman hasil penelusuran Google yang relevan dan jaringan situs mitra kami. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang AdWords dan segera mulai beriklan, kunjungi www.adwords.google.com.
Cara menghasilkan uang dari Youtube dengan Google Adsense
Oke untuk mengetahui bagaimana gambaran secara keseluruhan tentang teknis cara menghasilkan uang dari Youtube melalui program Google Adsense ini, berikut saya sajikan uraian singkatnya.

Untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube, maka satu hal pasti yang harus Anda lakukan adalah mengupload video ke Youtube. Dan tentu jangan sekadar video yang sembarangan dan cenderung ngasal, tapi harus unik, original dan menarik/bermanfaat. 

a. Buat akun Youtube
  • Untuk yang satu ini pastinya bukan perkara sulit untuk dilakukan. Karena syarat untuk membuat akun Youtube juga tidak lebih hanya harus memiliki akun Gmail / Google. Seperti kita tahu, bahwa satu akun Gmail berfungsi untuk digunakan di seluruh produk Google, termasuk di dalamnya adalah Youtube. Namun jika Anda belum punya akun Gmail atau memang ingin membuat akun Gmail baru, silakan buat dulu akun gmail di mail.google.com lalu sign up dengan data yang valid sesuai identitas. Lalu pergi ke www. youtube.com, dan buatlah channel / saluran anda sendiri di sana.
b. Rutin mengupload Video
  • Youtube dengan algoritmanya tentu sangat menyukai channel / saluran yang selalu update dalam urusan unggah video baru di channelnya. Youtube sendiri menginginkan kerjasama dengan setiap mitranya bisa berlangsung dalam jangka panjang. Jadi usahakan upload video secara rutin, seperti 1 atau 3 video sehari agar reputasi channel semakin terangkat dan bisa menjaring lebih banyak viewers.
c. Video jangan melanggar Copyrights
  • Youtube adalah gudangnya orang-orang kreatif dalam hal pembuatan konten. Dan Youtube sendiri sangat selektif dan protektif terhadap yang namanya Pelanggaran Hak Cipta. Agar bisa mendapatkan uang dari video Youtube, maka konten yang kita upload harus original / asli. Karena Youtube memiliki sistem yang sangat canggih yang bisa mendeteksi setiap hal kecil pelanggaran hak cipta terhadap suatu video. Konten video yang mengandung pelanggaran hak cipta baik dari gambar atau backsound, maka secara otomatis video tersebut tidak akan bisa diuangkan / dimonetisasi sekalipun viewernya bejibun. Adapun kalau tampil iklan, biasanya pendapatannya mengalir ke si pemilik Hak Cipta.
d. Mendaftar Ke Google Adsense
  • Inilah langkap paling penting, mendaftarkan / mengaitkan Channel Youtube ke Google Adsense. Adsense adalah metode / media yang paling banyak digunakan oleh para Youtuber untuk menguangkan / monetisasi channel Youtubenya. Pada nantinya, akun Google Adsense tersebut akan berfungsi untuk menampung setiap dollar yang dihasilkan oleh video di Channel Youtube. Jadi di sini Anda harus mendaftar ke Google Adsense untuk kemudian dikaitkan dengan Channel Youtube yang telah dibuat sebelumnya. 
  • Di artikel selanjutnya InsyaAllah akan saya sajikan tutorial Cara mudah mendaftar Google Adsense via Youtube / cara mengaitkan Youtube ke Google Adsense.
e. Tingkatkan Popularitas Channel 
Beberapa hal yang bisa diupayakan untuk meningkatkan popularitas channel Youtube adalah sebagai berikut.
  • Rutin upload video bermanfaat, unik dan menarik serta berkualitas, baik dari segi pengambilan gambar maupun dalam hal isi dari video tersebut. 
  • Channel yang spesifik menyajikan video tentang suatu info/ niche. Dengan konten video yang spesifik, tidak campur-campur, maka akan dapat lebih mudah dalam menggaet banyak pelanggan loyal yang dengan sukarela kembali menonton dan menonton terus video-video di channel Anda.
***
Intinya, pada Youtube Adsense kita mengupayakan untuk setiap video yang kita upload agar mendapat banyak views (penayangan). Tentunya tidak dengan mengesampingkan kualitas dan daya tarik dari video yang diupload tersebut . 

Semakin banyak video berkualitas dan menarik yang diupload, akan semakin mendongkrak jumlah viewers dan pada akhirnya berimbas juga pada pertambahan earning di akun Google Adsense. 

Bonus Video
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana sebenarnya para Youtuber dibayar oleh Youtube, silakan tonton video penjelasan dari salah satu Youtuber favorit saya, yakni Agung Hapsah berikut ini.

2. Menghasilkan uang dari Youtube dengan iklan mandiri atau Sponsorship

Pada prakteknya selain dari program Adsense, masih banyak metode monetisasi yang bisa diterapkan untuk bisa mendatangkan uang dari video Youtube. Diantaranya seperti media Sponsorship. Jika channel Anda sudah memuat banyak video, views dan subscribers, bukan tidak mungkin akan ada pengiklan / advertiser yang ingin di-endorse-kan produknya, untuk kemudian Anda mendapatkan komisi sesuai kesepakatan.

Selain itu, Youtube juga kerap digunakan oleh para Affiliate Marketer dalam mempromosikan / mereview produk affiliasinya dalam bentuk video untuk kemudian di-link-kan ke website jualan. Dan sudah dibuktikan oleh mereka bahwa dengan membuat video marketing via youtube bisa sangat meningkatkan konversi penjualan dari produk yang dipromosikan.

Juga bila Anda punya toko Online yang menjual produk fisik atau produk digital, Anda juga bisa membuat video marketing tentang produk jualan Anda untuk kemudian diupload ke Youtube. Dioptimasi sedemikian rupa sehingga banyak orang yang menonton dan pada ujungnya bisa meningkatkan omzet dari bisnis toko online Anda.
***
Nah, itulah dua metode yang biasanya diterapkan untuk menghasilkan uang dari Youtube. Sudah banyak yang membuktikan bisa memiliki passive income dari Youtube. Edho Zell, Chandra Liow dan Raditya Dika hanyalah sedikit contoh. Lebih dari itu mungkin masih banyak orang yang tidak terpublikasi yang juga sudah berhasil dengan Youtube.

Kalau mau tahu berapa penghasilan para Youtuber yang video-videonya selalu Anda tonton, berikut saya sajikan bonus, Cara mengintip penghailan Youtuber lain.

Bonus: Cara mengintip penghasilan Youtuber lain
Mungkin Anda merasa kepo dan penasaran ingin mengetahui berapa penghasilan para youtuber. Maka gampang saja. Anda bisa mengunjungi sebuah situs dengan nama socialblade. Di sana kita bisa mengetahui berapa penghasilan para Youtuber, walaupun bukan penghasilan pasti - hanya sekadar taksiran. Tapi sudah cukup untuk memberikan gambaran betapa gurihnya potensi Youtube.

Oke coba buka saja situs SocialBlade . Lalu di kotak pencarian sebelah kanan atas, inputkan username dari channel Youtube yang ingin kita lihat penghasilannya. Misal di sini saya coba menginputkan salah satu channel Youtube besar di Indonesia, yakni Edho Zell dengan username 2ell
Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Berikut adalah hasil data statistik yang ditampilkan. Kita bisa lihat di sana taksiran penghasilan perbulannya adalah..
Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Perhatikan gambar di atas yang saya tandai dengan kotak merah kecil dan tanda panah. Itu adalah taksiran / perkiraan earning (penghasilan) dari channel Edho Zell dalam sebulan. Nilai yang tampil adalah kisaran antara $2,300 hingga $37,200 (Tiga puluh tujuh ribu dollar).

Kita bisa lihat jarak angka dari perkiraan di atas terpaut cukup jauh (2ribu dollar dan 37ribu dollar). Agak bingung juga mungkin untuk mengira-ngira betapa penghasilan pastinya. Namun berdasarkan info yang saya dapat dari salah seorang  master Youtube, kita bisa memperkirakan penghasilan pasti berdasar pada angka taksiran tadi. Caranya yakni perkiraan penghasilan tertinggi dibagi 4. 

$ 37,000 / 4 =  $9,250 (Sembilan ribu dua ratus lima puluh dollar)
dikalikan dengan kurs rupiah saat ini, ambil saja Rp. 13.000
9.250 x 13.000 = Rp. 120.250.000

120 juta perbulan. 
Sekali lagi, angka yang tampil di situs Social Blade adalah angka taksiran / perkiraan. Untuk nilai pastinya mungkin hanya Youtuber yang bersangkutan yang tahu :). 

Itu baru Youtuber lokal. Adapun youtuber luar negeri juga pastinya lebih dahsyat lagi. Berikut data statistik socialblade dari salah satu channel Youtube terkenal dengan niche Games, yakni PewDiePie. Dengan jumlah subscriber mencapai 49 juta, bisa kita bayangkan dan lihat berapa jumlah view perharinya dan berapa jumlah penghasilannya perbulan.

$37K - $600K. Dengan contoh perhitungan seperti di atas, silakan hitung sendiri berapa nilainya jika dikonversi ke mata uang Rupiah.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Cuma Mau Jadi Penonton??

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, youtube adsense, google adsense

Nah sekarang pertanyaannya, apakah Anda tetap mau jadi penonton? Atau mau ikutan mencicipi gurihnya dollar / penghasilan dari Youtube? jika kita bisa dengan getol setiap hari menonton video orang lain, kenapa tidak mencoba membuat channel / saluran sendiri di Youtube, kemudian kita isi dengan video-video dan menguangkannya. Menarik sekali, bukan?

Rekomendasi dan Saran

Uraian di atas nampaknya sudah cukup memberikan gambaran tentang potensi luar biasa dari Youtube. Namun perlu digarisbawahi, kunci utama dari suksesnya bisnis di Youtube tidak lain adalah konten atau video yang berkualitas dan original.

Mengulang perkataan dari Agung Hapsah pada bagian akhir video penjelasan di atas, jika kita masih pemula maka fokuslah pada belajar bagaimana menghasilkan konten video yang berkualitas, jangan dulu fokus ke uang. Jika konten video di channel kita berkualitas, maka akan dengan mudah menjaring banyak viewers dan uang pun nanti akan datang dengan sendirinya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk turut mencicipi potensi Youtube, maka mulailah bangun Channel Anda sekarang juga. Anda bisa browsing banyak tutorial / panduan bermain Youtube, baik itu berupa panduan gratis maupun berbayar. Yang mana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baik, saya rasa cukup sekian artikel tentang cara menghasilkan uang dari Youtube ini. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih. 


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


4 Responses to "Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang dari Youtube?"

  1. Wahh enak juga jadi youtuber, tapi lebih enakan blogger..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. sependapat kita :) Buat orang yang prefer ke tulisan, pasti lebih enakan blog :). Selain itu ngeblog juga lebih hemat kuota..he

      Delete
  2. Kalau Youtuber seperti mas Edho Zell sepertinya penghasilannya sangat besar dari karya video lucunya. Saya sendiri penggemar setiap video dari Mas Edho Zell.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.