10 Langkah Praktis untuk Meraih Sukses Dalam Hal Apapun

Halo Sobat Blogger, artikel kali ini bertema tentang motivasi, bertajuk 10 langkah praktis dan fundamental untuk meraih sukses dalam hal apapun. Barangkali isi dari artikel ini cukup bersifat umum dan terkesan klasik, namun InsyaAllah akan terasa magic jika kita benar-benar menerapkannya dalam keseharian. Amiin. Pada intinya di sini kita akan menekankan tentang bagaimana membentuk mindset sebagai orang sukses (Success Mindset) dengan langkah-langkah praktis yang langsung bisa Anda praktikkan.

Sebenarnya artikel sederhana ini juga sudah saya kemas dalam bentuk ebook. Silakan jika ada yang mau download, barangkali untuk koleksi ^^^ =>. KLIK DI SINI

motivasi sukses, bebas finansial, bebas waktu, sukses bisnis online, bahagia

Kembali ke Mindset. Apakah Anda familiar dengan istilah mindset? Ya, sudah banyak yang menyinggung betapa pentingnya membentuk mindset (pola pikir) yang benar untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam bidang apapun. Ibarat rumah, mindset adalah pondasi yang pertama kali harus dibangun secara benar demi terciptanya bangunan rumah yang kokoh, tidak gampang roboh. Tanpa adanya pondasi pola pikir sukses dalam diri seseorang, maka tidak akan ada dorongan energi yang bisa mengantarkannya ke puncak keberhasilan dan Kehidupan Terbaik.

Kesuksesan bisa diraih dengan memadukan antara kekuatan pikiran dan keyakinan kuat dalam diri, sehingga mampu mengupayakan tindakan nyata untuk mencapai apa yang diinginkannya. Apa yang Anda pikirkan akan menentukan bagaimana Anda bertindak dalam berupaya menggapai target-target Anda.

Oke, saya rasa sekarang kita semua sepakat tentang arti penting sebuah pola pikir sukses yang harus dimiliki setiap orang. Mari kita bahas langkah-langkah praktis yang bisa langsung Anda terapkan saat ini juga untuk membentuk Success Mindset yang dapat mengakselerasi tercapainya medali emas kesuksesan Anda. Anda bisa mulai menerapkan dan menanamkan beberapa hal sederhana berikut ini dalam keseharian. Terapkan pada pikiran dan sikap Anda.  

1. Perjelas dan Spesifik-kan Impian Anda

Untuk menggapai sukses, Anda harus memiliki impian yang jelas serta spesifik. Ibarat olahraga panahan, pastinya seorang pemanah professional pastinya akan tahu dimana titik target yang harus dituju untuk mendapat poin tertinggi. Beda halnya jika si pemanah tersebut asal-asalah dalam mengarahkan anak panahnya ke udara, ke sembarang arah, tentu tidak akan jelas kemana tujuannya.

Maka dari itu, perjelaslah impian sukses Anda, buat jadi spesifik. Jangan cuma bilang “saya ingin jadi orang sukses, saya ingin jadi orang kaya”. Impian yang seperti itu masih bersifat integral dan terlalu luas, tidak spesifik. Akan sulit menggapai sukses dengan model impian seperti itu.

Buatlah impian yang jelas, tertarget dan terukur. Misal : “Saya ingin memiliki omzet 100 juta/bulan dalam waktu setahun ke depan dari bisnis OnlineShop saya” 

2. Sikapi masalah sebagai ‘peluang’

Tentu tidak ada jalan lurus nan mulus dalam sebuah perjuangan menuju sukses. Akan banyak jalan berkelok dan berlubang disertai banyak hadangan yang tentu harus kita lewati jika benar-benar ingin meraih kesuksesan. Secara sederhananya, hadangan-hadangan tersebut biasa kita sebut sebagai masalah.

Cara terbaik untuk menyelesaikan sebuah masalah tidak lain adalah dengan menghadapinya, jangan berhenti dan menyerah. Bersyukurlah saat kita menemui masalah. Masalah berarti ujian yang harus kita lewati agar bisa naik kelas. Selain itu adanya masalah bisa berarti pertanda Anda akan mendapatkan peluang baru yang lebih prospektif yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Jadi tetaplah miliki sikap Positif Thinking. Anggap dan yakini bahwa di balik sebuah masalah tersimpan peluang dan kesempatan baru yang bisa mempercepat kesuksesan Anda di masa depan.

Sudah banyak orang yang kini sukses karena mereka mengubah cara pandangnya terhadap masalah. Mereka mengkonversi kegagalan dan masalah di masa silam menjadi sebuah peluang baru yang mendatangkan banyak benefit.

Pointnya adalah tetaplah dalam jalur yang Anda yakini dalam meraih sukses, senantiasa berpikir positif sekalipun masalah besar tengah menghadang Anda. Akan ada saatnya Anda menemukan AHA! Moments di mana Anda menemukan peluang. Dan saat peluang muncul, segera action. Just do it saat itu juga. Waktu Anda terlalu berharga jika hanya dihabiskan untuk menunda-nunda. 

3. Berusaha untuk bisa bermanfaat buat orang lain.

Sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat buat orang lain. Hal yang perlu Anda lakukan adalah berpikir tentang apa nilai tambah, apa manfaat yang bisa saya berikan buat orang lain. Salah satu sumber kesuksesan adalah terletak di kebahagiaan dan kemuliaan orang lain. Jadi kejarlah hal tersebut. Percaya bahwa memberi banyak kepada orang lain sama sekali tidak akan membuat rugi, justru sebaliknya.

Kita ambil contoh seperti kasus Facebook. Berapa orang di seluruh dunia yang sudah dibuat bahagia oleh Mark Zuckerberg atas karyanya yang bernama Facebook? Sangat banyak tentunya, mencapai miliaran. Mereka terbantu untuk saling terhubung dan berkomunikasi tanpa mempermasalahkan jarak via Facebook. Sehingga tidak heran jika kebahagiaan dan kelimpahan pun menyertai sang creator, Mark Zuckerberg dalam usia yang masih sangat muda.

Tentu masih banyak contoh lainnya. Orang-orang sukses memiliki visi untuk membuat kehidupan orang lain terbantu dan jadi lebih mudah. Cara pikirnya bukan “apa yang bisa saya dapatkan?”, tapi “Apa yang saya bisa berikan?”.

Andapun bisa juga melakukannya. Anda luar biasa, temukan nilai tambah Anda. Bagikan pada orang lain di sekitar Anda. Hindari sifat egois atau hanya mementingkan kepentingan pribadi. Dengan begitu, niscaya kebahagiaan akan menghampiri Anda. 

4. Lupakan kesempurnaan

Persiapan dan perencanaan itu memang mutlak diperlukan dalam setiap hal. Namun jangan sampai Anda terbuai dalam perencanaan secara berlebihan yang justru membuat Anda menjadi sedikit Action. Jangan mengharapkan semuanya sempurna dulu. Lakukan perencanaan sewajarnya dan segera bertindak. Istilahnya Hajar Bleh. Tidak ada yang benar-benar sempurna di dunia ini. Jadi lakukan saja, jangan takut gagal cuma karena Anda merasa perencanaannya tidak sempurna. Hargai dan syukuri setiap ketidaksempurnaan yang ada pada diri Anda.  

5. Jangan Dengarkan Kata-kata tidak positif dari orang lain

Ada saatnya mungkin Anda menemui orang yang sedikitnya meremehkan atau meragukan kemampuan Anda dan men-judge bahwa Anda tidak pantas atau tidak mampu mengejar impian-impian Anda. Jangan dengarkan kata-kata mereka, cukup berikan senyuman J Jangan kuras waktu Anda hanya untuk berurusan dengan orang-orang yang tidak positif. Tugas Anda hanya membuktikan bahwa Anda bisa. Pasti Bisa!

6. Dobrak rasa takut Anda

Semua orang pasti memiliki rasa takut, ragu-ragu atau khawatir dalam bertindak. Dan cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan cara menghadapi dan melawan ketakutan tersebut. Ketika Anda berniat melakukan sesuatu hal besar, dan rasa takut kemudian menghampiri, maka di situlah sebenarnya momen berharga yang harus terus Anda tempuh. Dan saat semuanya terlewati, Anda akan sadar bahwa rasa takut tersebut tidak lebih dari sekadar perasaan yang juga tidak perlu ditakutkan atau dikhawatirkan. Karena bisa jadi apa yang Anda takutkan tersebut akan mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan bila Anda mau menghadapi dan mendobraknya.

7. Bertanggungjawab pada diri Anda sendiri 

Saat menemui suatu masalah dalam hidup, kadang kita dengan gampangnya menyalahkan orang lain. Hati-hati.. dengan bersikap seperti itu, sebenarnya kita sedang mengundang energi yang tidak positif yang menjauhkan diri dari perasaan bahagia.

Mulailah belajar bertanggung jawab terhadap diri Anda sendiri. Apa yang Anda alami sekarang adalah murni 100% hasil dari pemikiran sebelumnya. Jadi jangan salahkan orang lain, jangan salahkan keadaan. Introspeksi di mana letak salah kita, dan perbaiki. Mulailah kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat, seperti terlalu banyak menonton hiburan televisi atau kegiatan berinternet yang kurang bermanfaat.

8. Positif Thinking dan optimis

Apa yang Anda pikirkan dan yakini secara berulang-ulang, maka hal tersebut akan terproyeksi menjadi sebuah kenyataan. Jika Anda berpikir bahwa Anda akan bisa mencapai impian Anda, maka sesungguhnya itulah yang akan terjadi.

Dalam mengarungi jalan terjal menuju nirvana kesuksesan, kita tetap harus menjaga pikiran kita, jangan sampai terkontaminasi dengan hal-hal yang tidak positif. Anda juga harus percaya dengan sepenuh hati bahwa Anda bisa menggapai impian-impian Anda di masa depan. Selalu berpikir positif, optimis dan fokus.

9. Bergaul dengan orang yang tepat

Pada prakteknya, yang namanya motivasi diri itu kadang gampang sekali naik dan turun. Nah untuk membuat motivasi dan semangat positif kita senantiasa terjaga, maka kehadiaran orang-orang positif di sekeliling kita menjadi sedemikian perlu. Bergaul dan gabunglah dengan komunitas-komunitas berisi orang-orang positif, cari partner kerja yang sevisi dan sepemikiran dengan Anda. 

10. Lakukan Sekarang – Waktu Anda begitu berharga

Pernahkah Anda melihat tulisan di footer buku tulis yang bertuliskan “Don’t put off until yesterday what you can do today”, yang artinya kurang lebih adalah “jangan menunda hingga esok hari apa yang bisa kamu kerjakan hari ini”.

Terkadang memang godaan untuk menunda mengerjakan sesuatu hal yang baik itu begitu kuat menjangkiti pikiran kita. “Ah, nanti saja”, “ah besok saja”, “ah tahun depan saja” dll. Hal tersebut jelas harus dihindari. Solusi terbaiknya adalah tanamkan dalam pikiran untuk segera melakukan apa yang seharusnya dilakukan sekarang.

Jangan menunggu hingga esok atau lusa. Tangga jalan menuju sukses itu memakan jarak dan waku yang tidak sebentar, hukum alamnya sudah seperti itu. Maka dari itu, jangan sia-siakan setiap detik waktu kita untuk melakukan langkah-langkah kecil demi percepatan kesuksesan kita. Ingat, orang sukses selalu disiplin dalam memanfaatkan waktu.
***

Penutup

Nah itulah 10 langkah praktis yang bisa Anda coba terapkan untuk dalam rangka upaya mencapai goal-goal dan target/tujuan Anda dalam hal apapun. Untuk Anda yang ingin mulai merancang kehidpan terbaik di tahun 2017 dan memiliki target impian seperti:
  • Ingin memiliki tubuh yang lebih sehat dan bentuk ideal?
  • Ingin bebas finansial dan bebas dari hutang?
  • Ingin memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga?
  • Ingin lebih banyak jalan-jalan keliling dunia?
  • Ingin memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan?
  • Atau masih banyak lagi...
Maka semua itu bisa Anda wujudkan di tahun 2017 atau minimal membuat Anda lebih dekat jaraknya dalam mewujudkannya di dalam kehidupan Anda. Caranya?

Caranya mudah..

Ikuti program Your Best Life, sebuah program pelatihan serta pendampingan selama 1 tahun bagi Anda yang ingin mewujudkan impian yang Anda inginkan di dalam bentuk ebook, video dan email follow-up.

Program yang sama telah berhasil membantu banyak orang mencapai goals mereka termasuk bebas finansial, tubuh yang ideal, hubungan yang lebih baik bersama keluarga dan masih banyak lagi.

Info lebih lanjut tentang Program ini bisa Anda lihat bit.ly/YourBestLife2017 Atau klik gambar di bawah ini.
http://bit.ly/YourBestLife2017

Jadikan 2017 sebagai Tahun Terbaik Anda! SIAAAP?? :)

Salam.


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "10 Langkah Praktis untuk Meraih Sukses Dalam Hal Apapun "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.