Top Ad unit 728 × 90

11 Langkah Sistematis untuk Membangun Blog Sukses

Di artikel kali ini akan saya jelaskan tentang detail apa saja yang harus ditempuh untuk bisa sukses dalam dunia blogging. Bagaimana sebuah blog bisa menjadi sukses dan tumbuh berkembang menjadi sesuatu asset bernilai bagi sang webmaster. Mari kita bahas.

Blog bisa menjadi sebuah alat atau media yang sangat menguntungkan jika digunakan dan dioptimalkan dengan benar. Membuat dan menjadikan sebuah blog menjadi profitable pada hakikatnya adalah tentang bagaimana menarik visitor dan terjadi konversi yang menghasilkan profit, baik itu dari pemasangan iklan PPC, iklan Mandiri maupun penjualan produk affiliate. Di artikel kali ini akan dijelaskan 11 langkah sistematis yang paling penting dan mutlak harus ditempuh jika ingin membuat sebuah blog sukses.
11 Langkah Sistematis untuk Membangun Blog Sukses


1. Pilih Platform blogging
Jika Anda seorang pemula yang baru terjun di dunia blogging, Anda bisa mulai membuat blog gratisan terlebih dahulu, seperti blogger.com, tumblr.com, blogdetik, dll. Yang dimaksud blog gratisan di sini adalah blog tersebut sudah disediakan hostingnya tanpa harus kita membeli atau menyewa hosting sendiri. Misal blogger.com sudah dihosting oleh Google. Kendati labelnya gratisan tapi jangan khawatir, blog gratisan tetap memiliki potensi sukses yang sama dengan blog berbayar, tergantung bagaimana si pemilik blog mengoptimalkan blognya. Dengan blog gratisan ini, Anda juga bisa dengan instan membuat sebuah blog hari ini dan online hari ini juga tanpa harus punya keahlian programming ataupun coding.

Hal ini akan memberikan Anda keleluasaan untuk fokus dalam pembuatan konten tanpa harus pusing memikirkan maintenance server hosting. Dan hal yang paling menarik dengan membuat blog gratisan seperti di blogger.com adalah bilamana blog Anda tersebut telah kaya akan konten yang pastinya juga akan diikuti dengan membludaknya visitor, maka itu artinya Anda akan mendapatkan profit / keuntungan tanpa harus mengeluarkan banyak uang, ketimbang Anda menyewa hosting sendiri seperti wordpress selfhosted.

Adapun saat trafik blog Anda bertumbuh, maka Anda bisa dengan mudah untuk mengupgrade ke domain TLD dan hosting pribadi. Sudah banyak blogger sukses Indonesia dengan alur seperti ini. Seperti juragan cipir, blog ini awalnya menggunakan platform Blogger.com dengan domain blog juragancipir.blogspot.com, kemudian berganti ke TLD menjadi juragancipir.com (blogspot custom domain) hingga kini telah bermigrasi menggunakan platform Wordpress Selfhosted yang lebih professional, dengan hosting yang disewa sendiri tentunya, tidak lagi menumpang hosting di Google.

2. Tentukan Niche
Niche bisa disebut sebagai topik pembahasan dari sebuah blog. Di awal, Anda harus sudah menentukan topik / niche apa yang ingin diangkat dan dikembangkan. Anda bisa pilih niche sesuai dengan interest atau ketertarikan Anda. Pilihlah niche yang mana Anda akan antusias untuk menuliskan artikel dari niche tersebut setiap hari. Anda bisa menggunakan layanan riset kata kunci seperti Google Keyword Palnner untuk menentukan niche yang populer dan banyak pencariannya di mesin pencari.

Sebuah blog tentang Kucing bisa menjadi niche blog yang berisi pembahasan tentang species kucing, family kucing, jenis-jenis kucing piaraan dan segala hal tentang kucing yang mana tentunya akan memiliki target yang luas. Karena kita tahu pasti banyak di luaran sana yang menyukai kucing.

Begitupun jika Anda suka otak-atik Android, maka Anda bisa bangun blog dengan tema Android. DLL

3. Update artikel secara berkala / setiap hari.
Dengan mengupdate artikel secara harian / setiap hari, bukan saja menjadikan blog Anda menjadi menarik di mata visitor, tapi juga akan memberikan blog Anda konten-konten segar setiap harinya yang akan berdampak baik terhadap efek SEO (Search Engine Optimization). Search Engine semacam Google sangat menyukai blog yang selalu update.

Untuk menjaga trafik blog dan menangkap interest visitor Anda, maka Anda harus mengupdate blog Anda dengan satu atau lebih artikel setiap harinya.

Adapun di luaran sana juga banyak blog yang tidak melakukan update setiap hari tapi bisa sukses dan menjadi besar. Itu karena mereka telah memiliki trafik pengunjung yang stabil setiap harinya didukung dengan konten yang berkualitas tinggi. Sehingga hanya perlu diupdate seminggu 2 kali atau seminggu sekali, atau bahkan mungkin sebulan sekali.

Namun bagi Anda yang baru, maka untuk memiliki trafik pengunjung yang stabil, Anda harus terus mencoba untuk mengupdate blog Anda setiap hari, dengan setidaknya 1 hingga 3 artikel. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyisihkan waktu sekitar 2-3 jam dan menjadwalkan untuk Anda mengurus blog Anda dan menambahkan artikel fresh ke dalamnya. Dengan dedkasi seperti ini bisa sangat berdampak baik bagi blog Anda maupun bagi Anda sendiri. Jadwalkan jam terbaik Anda untuk mengurus blog setiap hari.

Jika meninggalkan blog Anda selama beberapa hari / minggu, maka itu artinya Anda akan kehilangan kesemptan mendapatkan visitor lebih cepat, terlebih jika blog Anda masih baru.

4. Promosikan Blog
Bukan rahasia lagi tentunya. Anda harus punya trafik kunjungan untuk bisa mendapatkan keuntungan dari blogging. Banyak sekali cara / metode untuk mendatangkan trafik ke blog Anda baik itu dengan cara gratisan, seperti SEO dan Social Media Marketing maupun berbayar seperti Padi Advertising. Anda bisa saja memilih salah satu, tapi akan lebih baik jika dilakukan keduanya sehingga blog Anda bisa lebih cepat dikenal.

Selain itu untuk mendatangkan trafik ke blog, Anda bisa mempromosikan blog Anda dengan cara menuliskan alamat blog Anda di setiap status facebook yang Anda tulis. Atau di footer email yang Anda kirimkan, bikin tshirt bertuliskan nama domain blog, dll. Tentunya dengan terlebih dahulu Anda mengisikan konten-konten yang berkualitas ke blog Anda dengan frekuensi update yang teratur tentunya.

5. Lacak perkembangan dan statistik trafik blog Anda.
Bagaimana Anda mengetahui blog Anda mempunyai trafik kunjugan? Hanya karena tidak ada komentar yang masuk tidak berarti blog Anda tidak berkembang. Banyak visitor yang tidak meninggalkan komentar setelah membaca postingan Anda, dan memang tidak wajib juga.

Untuk mengetahui apakah blog Anda memiliki trafik pengunjug, maka Anda bisa menggunakan layanan analytics yang menyediakan data sumber trafik, jumlah unique visitor, jumlah returning visitor, jumlah visitor online, lama waktu rata-rata kunjungan, dll. Dan yang paling sering digunakan dan direkomendasikan, adalah Google Analytics atau Histats. Kedua layanan tersebut gratis namun sangat powerfull untuk mengetahui dan menganalisa trafik kunjungan ke blog.

6. Dengarkan pengunjung Anda
Ketika menggunakan layanan Analytics seperti Google Analytics atau Histats, Anda bisa mulai melihat bagaimana para pengunjung menemukan blog Anda dan bila mereka mengunjungi blog Anda dari Search Engine, maka akan Anda ketahui keyword-keyword apa saja yang diketikkan oleh visitor di search engine sehingga menemukan blog Anda. Jika secara konsisten blog Anda ditemukan karena 1 atau lebih keyword di search engine, maka fokuslah pada pembahasan seputar keyword-keyword tersebut. Misal artikel blog Anda tentang "cara merawat kucing" ada di hasil pencarian Google, maka di artikel lain Anda bisa menuliskan topik tentang "rekomendasi makanan kucing", dan lain-lain. Sehingga akan lebih powerfull dalam meningkatkan jumlah page views.

7. Bangun database pengunjung Anda
Anda bisa menyediakan form subscribe via email bagi pengunjung Anda. Dengan menyediakan form subscribe, maka Anda punya kesempatan untuk mempertahankan visitor Anda untuk kemudian bisa kembali mengunjungi blog Anda manakala ada postingan/update artikel baru. Sehingga visitor tidak hanya hit and run, tapi juga bisa jadi pengunjung loyal. Di blogger.com sendiri, Anda bisa menggunakan widget form subscribe via email yang terintegrasi dengan feedburner. Yang mana jika ada postingan baru di blog, maka secara otomatis, feedburner akan mengirimkan email berisi summary postingan ke email subscriber.

8. Berinteraksi dengan visitor
Sekarang Anda sudah punya trafik ke blog. Anda bisa mulai berinteraksi dengan visitor Anda. Mulai menanggapi setiap tanggapan positif maupun negative yang masuk di kolom komentar. Suatu postingan yang berisi interaksi antara admin dan visitor juga sangat disukai oleh Search Engine.

Selain itu cobalah untuk memberikan informasi exclusive yang tidak banyak orang punyai. Berikan effort terbaik Anda untuk menyajikan informasi menarik yang bisa sangat berguna bagi visitor Anda. Pembaca Anda akan sangat menghargainya. Dan bisa saja sebagai efeknya, mereka akan mempromosikan blog Anda secara gratis melalui status social media atau pun promosi dari mulut ke mulut. Bayangkan jika banyak pembaca Anda yang menceritakan informasi menarik yang ada di blog Anda kepada teman-teman atau keluarga mereka.

9. Monetisasi Blog
Saat blog Anda sudah punya trafik kunjungan, maka Anda bisa mulai berpikir tentang cara untuk memonetisasi / menguangkan blog Anda. Caranya tidak lain adalah mengkoversi / mengubah kunjugan menjadi profit. Anda bisa menggunakan media periklanan berbasisi PPC seperti Google Adsense, Chitika, Infolink dan lain sebagainya. Model iklan PPC ini biasanya merupakan Contextual Advertising, artinya iklan yang tampil akan relevan dengan konten yang ada, sehingga akan sangat tertarget. Anda akan mendapatkan komisi sejumlah uang setiap kali ada yang mengklik iklan di blog Anda.

Selain pemasangan iklan PPC, masih banyak cara untuk menguangkan blog Anda. Anda bisa menggunakannya untuk bisnis affiliasi (mempromosikan produk orang lain), misal affiliasi Lazada atau Ratakan (produk digital).

Bisa juga dengan membuka jasa pemasangan slot iklan atau jasa review produk dengan biaya per bulan yang bisa Anda tentukan sendiri.

Intinya jika trafik blog Anda memang sudah banyak, maka akan banyak sekali peluang untuk menghasilkan uang dari kegiatan blogging Anda. Blog bisa menjadi asset passive income Anda.

10. Menjadi profesional
Anda adalah seorang professional sekarang. Jika Anda masih menggunakan blog dengan domain dan hosting gratisan, maka Anda bisa mulai mengupgradenya menjadi premium. Anda bisa mulai mengecek nama domain yang Anda inginkan, apakah masih tersedia atau tidak. Untuk hosting juga, akan lebih baik (walau tidak wajib) Anda mulai beralih ke hosting premium. Pilih platform blogging terbaik, seperti Wordpress Selhosted (wordpress.org)

Dalam tahap sebagai professional blogger, Anda juga mungkin akan membutuhkan satu atau lebih blogger/penulis di blog Anda. Dan bahkan bukan Anda yang butuh, karena orang-orang akan dengan sukarela berkontribusi dan menuliskan artikelnya di blog Anda. Karena tentu akan bermanfaat bagi blog penulis itu sendiri yang akan mendapat backlink dari blog Anda yang sudah punya reputasi baik. Andapun mendapat artikel segar dari penulis tersebut. Win win solution. Hal ini akan membuat blog lebih powerfull dan terlihat lebih professional. Dan yang terpenting adalah blog akan selalu update dan terisi konten fresh walau si empunya setiap harinya.

11. Gandakan Blog Anda
Dalam bidang bisnis apapun, jika ingin mendapat hasil yang berlipat maka kita harus memainkan faktor kali (X Factor). Misal blog Anda mampu menghasilkan $100 saja per bulan, maka jika ingin mendapatkan penghasilan $1000 per bulan, maka Anda tinggal membangun 10 blog dengan cara yang sama. Simple Math. Pastinya memang akan terasa berat di awal, tapi setelah semuanya terbangun, kerja Anda akan semakin ringan dengan hasil yang semakin besar.

***

Nah itulah 11 langkah sistematis dalam membangun Blog sukses. Dengan mengikuti tahapan blogging di atas, maka akan membuat pengalaman blogging Anda menjadi kaya. Perlu digarisbawahi bahwa menghasilkan uang dari blogging bukanlah hal instan, perlu serangkaian proses yang mungin akans angat menguras effort Anda. Untuk membuat blog mungkin hanya memerlukan waktu sehari atau semalam, tapi membuatnya menjadi popular dan profitable, tentu memerlukan pengorbanan waktu dan dedikasi, persistensi dari si pemilik blog tersebut.

Sekian artikel sederhana ini. Terima kasih.
11 Langkah Sistematis untuk Membangun Blog Sukses Reviewed by Indra Rusman on 1:44 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak.

All Rights Reserved by Indravedia Blog © 2017
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.