Top Ad unit 728 × 90

Bagaimana Cara Blogwalking yang Benar dan Efektif? Baca penjelasan berikut

Cara Blogwalking yang Benar dan Efektif - Dalam dunia blogging dikenal istilah Blogwalking. Bagi para blogger sendiri, istilah tersebut nampaknya sudah tidak asing lagi terdengar. Apa itu blogwalking? secara bahasa bisa kita artikan BlogWalking (BW) itu sebagai kegiatan 'jalan-jalan' atau dalam hal ini mengunjungi sebuah blog (blog orang lain). Adapun tanda seseorang telah melakukan blogwalking adalah dengan meninggalkan jejak berupa komentar di sebuah postingan. Jadi jika seseorang hanya mengunjungi blog tanpa berkomentar, maka itu tidak bisa dikatakan Blogwalking.

Banyak maksud dan tujuan orang-orang melakukan blogwalking dan berkomentar ke sebuah blog. Selain mungkin karena tertarik dengan isi postingannya, sehingga terpanggil untuk berkomentar, atau bertanya dan berterima kasih - ternyata ada tujuan lain kenapa banyak blogger yang menganggap penting blogwalking ini. Salah satu tujuannya adalah untuk bertukar dan menanam backlink untuk menaikkan jumlah visitor dan pageview blog.

Misal si A berkomentar di postingan blog si B, lalu di komentarnya tersebut si A menanamkan backlink yang mengarah ke blognya, maka dari situ potensi datangnya trafik akan bertambah, baik dari admin blog yang dikomentari, maupun dari visitor lain yang juga ikut berkunjung ke blog si B.

Sehingga jelas Blogwalking ini bisa berdampak positif secara SEO  (Search Engine Optimization), dengan catatan jika kegiatan blogwalking-nya dilakukan dengan 'benar dan bijak'. Bagaimana maksudnya? Nanti kita akan bahas semuanya, mulai dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan blogger saat blogwalking hingga cara bagaimana seharunya melakukan blogwalking agar berdampak positif, bukan sebaliknya. Namun sebelum membahas ke sana, saya akan berikan dulu penjelasan lebih detail tentang apa saja sebenarnya manfaat dari melakukan blogwalking  / berkomentar di postingan blog orang lain?.


MANFAAT BLOGWALKING
Berikut adalah beberapa manfaat dari kegiatan Blogwalking:

1. Menanam dan memperbanyak Backlik ke blog sendiri
Hal ini lah yang kebanyakan memotivasi para blogger untuk melakukan blogwalking (BW). Dengan berkomentar di blog orang lain, maka secara langsung bisa menambah backlink menuju blog sendiri. Walau pada kenyataannya dewasa ini, di zaman SEO modern, banyak yang berpendapat bahwa banyaknya jumlah backlink sudah bukan jadi tolak ukur lagi bagus tidaknya sebuah blog. Tapi setidaknya dengan semakin banyaknya jumlah backlink yang menuju ke blog, maka tentunya akanlebih berdampak baik bagi kualitas dan trafik blog itu sendiri


2. Meningkatkan jumlah visitor dan pageview 
Ini adalah efek lanjutan dari nomor satu. Dengan ditanamnya backlink di kolom komentar, maka akan bisa menarik trafik tambahan, baik itu dari admin blog maupun dari visitor lain yang mungkin juga sama-sama berkunjung ke blog yang dikomentari tersebut. Sehingga dengan bertambahnya visitor, akan berdampak juga pada bertambahnya pageview (tampilah halaman) jika visitor tersebut membuka lebih dari satu artikel di blog kita.

3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan. 
Ini adalah manfaat yang secara tidak langsung bisa Anda rasakan manakala melakukan blogwalking. Karena dengan berkunjungk ke blog orang lain dan membaca isi postingannya, kemudian berkomentar di sanan. Maka saat itu juga tanpa disadari, Anda sedang mengupgrade pengetahuan dan wawasan Anda tentang suatu hal yang dibahas di postingan blog yang dikomentari tersebut.

Selain itu seringkali seorang blogger mengalami stuck menemukan ide dalam membuat postingan . Dalam keadaan seperti ini, Blogwalking bisa jadi solusi efektif untuk menemukan inspirasi dan ide baru yang bisa digarap langsung untuk menciptakan artikel fresh di blog Anda.


4. Membangun silaturahmi dengan blogger lain.
Seperti yang diajarkan Agama, bahwa silaturahmi itu adalah salah satu pembuka pintu rejeki. Tak terkecuali dalam dunia blogging. Sesama blogger sudah seharusnya saling berinteraksi dan saling mengenal kalau bisa, walau sebatas di dunia online. Nah dengan melakukan blogwalking, maka secara langsung kita akan berinteraksi dengan pemilik blog dan lebih lanjutnya kita bisa jalin hubungan baik dengannya, misal saling bantu memecahkan masalah, saling promosi atau saling berukar link, saling sharing dan bertukar pikiran, dll. Tentunya hal itu jauh lebih berharga ketimbang backlink yang ditanam. Intinya dengan blogwalking maka bisa membantu menciptakan hubungan dan suasana baik di antara para blogger.

KESALAHAN BLOGWALKING
Itulah beberapa manfaat blog walking secara mendetail. Tentunya sekali lagi, manfaat tersebut di atas bisa dicapai hanya dengan catatan kegiatan blogwalkingnya dilakukan secara benar dan bijak. Masalahnya adalah banyak sekali para blogger yang berkomentar di suatu postingan namun tidak dilakukan dengan benar.

1. Komentar SPAM
Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah berkomentar SPAM. Melakukan blogwalking dengan komentar spam tentu kurang etis untuk dilakukan. Komentar spam ini biasanya tidak berkaitan dengan isi postingan. Kerap berisi link-link jualan yang mengarah ke website tertentu. Disebut spam juga karena biasanya jenis komentar seperti ini bukan hanya ada di satu blog, tapi disebar di banyak blog, bisa ratusan atau bahkan ribuan blog. Dan yang melakukannya juga bisa jadi bukan real human, tapi robot / bot yang diprogram khusus untuk melakukannya. Kalau pun memang manusia yang berkomentar, pasti dia juga tidak membaca isi postingan, hanya berkunjung dan tinggalkan komentar. Hal-hal sejenis ini juga sangat tidak disukai, baik oleh visitor maupun searh engine.

Maka dari itu, sangat penting bagi para admin blog untuk menyetel moderasi pada form komentarnya. Sehingga setiap komentar yang masuk akan melewati proses penyaringan terlebih dahulu. Hanya komentar-komentar berkualitas yang nantinya ditampilkan. Komentar spam dibuang saja.

2. Terlalu membabi buta dalam melakukan blogwalking.
Kesalahan di atas adalah berkaitan dengan isi komentar yang kebanyakan tidak relevan sehingga dianggap spam. Nah apakah jika bekomentar relevan dengan isi postingan bisa juga berpotensi spam? Jawabannya bisa saja.

Salah satu contoh kasus yang pernah saya dengar adalah yang menimpa blog CaraRirin pada beberapa tahun yang lalu. Blog tersebut waktu itu merupakan blog yang cukup berkembang pesat dan kerap jadi rujukan para blogger lain untuk belajar. Namun di tengah kejayaannya, blog tersebut tanpa disangka sebelumnya hilang entah kemana dihapus dari sistem Google (karena masih berplatform Blogger).

Banyak blogger lain yang dibuat heran kenapa blog bagus seperti itu bisa kena penalty dan dihapus oleh Google. Usut punya usut, diakui oleh Adminnya, ternyata penyebabnya adalah karena sebelumnya dia sering sekali berkomentar di blog-blog lain dengan menggunakan akun OPEN ID.

Kita tahu jika blog kita berplatform Blogger, maka cara yang efektif untuk menanam backlink blog di komentar adalah dengan menggunakan OPEN ID. Dengan OPEN ID, maka nama komentator akan berubah menjadi sebuah link aktif menuju blog si komentator. Nah saat itu beliau juga mengakui bahwa telah terlalu banyak blogwalking dan berkomentar menggunakan akun OPEN ID dengan interval waktu yang mungkin berdekatan. Yang kemudian disinyalir menjadi penyebab blognya dideteksi sebagai SPAM oleh robot Google, padahal isi komentarnya juga sangat relevan dengan postingan, yang akhirnya blognya dihapus secara sadis oleh Google.

Itu hanya salah satu contoh studi kasus yang menunjukkan bahwa blogwalking juga harus dilakukan secara hati-hati dan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

CARA BLOGWALKING YANG BENAR DAN EFEKTIF
Oke, sekarang langsung saja kita masuk ke bagian inti. Bagaimana seharunya melakukan Blogwalking / berkomentar di blog orang lain dengan benar. Sebenarnya dengan mengetahui kesalahan-kesalahan blogwalking dan manfaat blogwalking di atas, seharunya Anda sudah bisa menarik kesimpulan tentang bagaimana sih seharunya blogwalking itu dilakukan. Tapi biar lebih mantap, berikut uraiannya.


1. Baca artikel yang ingin dikomentari. Pahami isinya.
Membaca isi artikel secara utuh sebelum berkomentar bukan hanya agar kita bisa menulis komentar relevan, tapi secara langsung kita juga sudah menghargai si admin blog yang telah menuliskan postingan tersebut untuk bisa kita ambil manfaatnya.

2. Komentar Harus Relevan
Yang satu ini mutlak harus, komentar harus relevan. Setelah membaca isi postingan dan memahaminya, maka sempatkan waktu untuk menuliskan komentar berkaitan dengan isi postingan. Kalau ada sesuatu yang kurang jelas, maka jadikanlah pertanyaan tersebut sebagai komentar. Dengan komentar relevan, kita juga menghemat waktu. Bagaimana tidak, sekarang kebanyakan Blogger menyetel mode moderasi di komentar blognya, maka hanya komentar-komentar yang disetujuilah yang akan tampil, salah satunya pasti komentar relevan. Kalau tidak relevan pasti akan dihapus dan ditandai sebagai spam, tidak ditampilkan, waktu Anda terbuang percuma jadinya.

3. Berkomentar di blog dengan niche sama
Ini kaitannya dengan strategi mendatangkan trafik dari blogwalking. Cobalah mencari blog dengan niche yang sama, kemudian berkomentar di sana dengan pedoman No.1 dan 2 di atas tentunya. Dengan berkomentar di blog yang memiliki pembahasan / niche sama, diharapkan kita bisa mendapatkan trafik tambahan dari visitor yang mengunjungi blog tersebut. Selain itu jika memang postingan di blog kita menarik, bukan tidak mungkin si admin blog akan merekomendasikan dan membuatkan link yang menuju blog Anda.

4. Menyertakan link di komentar.
Ini juga masih berkaitan dengan strategi mendatangkan trafik dari blogwalking. Jika berkomentar di blog berplatform Wordpress, maka saat berkomentar biasanya kita akan disajikan kolom berupa nama, email dan alamat website. Nah di situ pastikan kita inputkan link menuju halaman blog kita. Dengan begitu, komentar kita akan menjadi backlink yang berpotensi mendatangkan trafik. 

Jika berkomentar di platform blogger, maka bisa gunakan fasilitas OPEN ID. Silakan browse panduan mensetting akun open ID untuk blogwalking. Atau jika menggunakan akun Blogger / Google Plus, maka bisa masukkan link blog kita (link pasif) di komentar. Jangan sematkan link aktif, kebanyakan blogger termasuk saya dan Anda mungkin tidak menyukai ada yang menyematkan link aktif di komentarnya, karena bisa berdampak buruk, misal link menuju website yang kurang patut atau terjadi brokenlink yang buruk untuk kesehatan blog.

***
Nah itulah cara blogwalking yang benar dan efektif yang bisa diterapkan dalam kegiatan blogging. Sehingga kita bisa merasakan manfaat dan kegiatan blogwalking yang dilakukan, bukan malah sebaliknya. Untuk selanjutnya, Anda bisa mengoptimalkan dengan cara mencari rekan Blogger untuk saling bertukar link dan saling promo dalam sebuah artikel review. Sehingga dapat membantu memperbanyak backlink natural yang menuju blog masing-masing.
Bagaimana Cara Blogwalking yang Benar dan Efektif? Baca penjelasan berikut Reviewed by Indra Rusman on 4:01 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak.

All Rights Reserved by Indravedia Blog © 2017
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.