Monas, Obyek Wisata Jakarta Yang Menyimpan Harta Karun Nasional

Semua orang Indonesia tentu mengetahui tugu Monas atau Monumen Nasional. Tetapi tidak semua orang mengetahui bahwa beberapa harta karun nasional tersimpan di monumen ini. Monas memang merupakan sebuah monumen peringatan yang dibuat untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Monumen yang terletak di Jakarta Pusat ini juga dibangun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi salah satu obyek wisata Jakarta yang mampu membuat setiap orang Indonesia yang mengunjunginya, mengenang kembali perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan.

Bagian-Bagian Monas dan Harta Karun Nasional di Dalamnya
Monas, Monumen Nasional, Objek Wisata, Jakarta, landmark jakarta
Monumen Nasional yang terletak di Lapangan Merdeka, wilayah Jakarta Pusat ini, mulai dibangun tahun 1961. Pembangunan tersebut baru selesai tahun 1975 dan diresmikan pada tahun yang sama. Monumen dengan tinggi 132 m tersebut, ternyata tidak hanya terdiri atas sebuah tugu. Monumen tersebut juga terdiri dari beberapa bagian yang bisa dimasuki oleh para pengunjung wisata Jakarta. Di bagian-bagian tersebut, tersimpan harta karun Nasional yang sangat berharga. Bagian-bagian tersebut adalah: 

1. Ruang Kemerdekaan 
Monas, Monumen Nasional, Objek Wisata, Jakarta, landmark jakarta, Ruang Kemerdekaan Monas, Teks Proklamasi Asli
Ruang kemerdekaan, merupakan sebuah ruangan yang berada di dalam cawan monumen. Di ruangan ini tersimpan beberapa harta karun Nasional, yaitu naskah asli dari Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia. Terdapat pula Bendera Pusaka Indonesia yang dikibarkan pada hari kemerdekaan tahun 1945. Selain itu juga terdapat sebuah patung dari Lambang Negara, Garuda Pancasila. Patung ini terbuat dari perunggu berlapiskan emas. Pengunjung wisata Jakarta juga bisa melihat peta dari Kepulauan Nusantara yang juga berlapiskan emas.

2. Api Kemerdekaan dan Pelataran Puncak 
Monas, Monumen Nasional, Objek Wisata, Jakarta, landmark jakarta, Api Kemerdekaan Monas

Di puncak Monas, terdapat sebuah cawan yang menjadi simbol dari Api Kemerdekaan. Cawan yang berwujud obor atau lidah api ini terbuat dari perunggu yang dilapisi dengan emas seberat 50 kg. Lidah api ini menjadi simbol dari semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tak akan pernah padam.
Monas, Monumen Nasional, Objek Wisata, Jakarta, landmark jakarta, Pelataran Puncak Monas

Sedangkan pada pelataran puncak, para pengunjung wisata Jakarta dapat melihat pemandangan Ibu Kota melalui teropong. Laut lepas di utara Jakarta juga bisa terlihat dari tempat ini.


3. Museum Sejarah Nasional 
Monas, Monumen Nasional, Objek Wisata, Jakarta, landmark jakarta, Museum Sejarah nasional Monas
Bagian lain dari Monas yang bisa menjadi tempat wisata sejarah adalah Museum Sejarah Nasional. Museum ini berada di dasar monumen. Letaknya sekitar 3 m di dalam permukaan tanah. Di ruangan besar yang berlapiskan marmer ini, tersimpan diorama-diorama yang menceritakan mengenai sejarah Bangsa Indonesia. Masa prasejarah, kerajaan nusantara, jaman Belanda, Jepang, masa awal kemerdekaan hingga orde baru semuanya digambarkan dengan lengkap dalam diorama yang sangat berharga tersebut.

4. Relief Sejarah 


Monas, Monumen Nasional, Objek Wisata, Jakarta, landmark jakarta, Relief Monas

Melakukan wisata Jakarta ke Monumen Nasional tidak akan lengkap tanpa melihat Relief Sejarah yang berada di halaman luar Monas. Relief-relief tersebut mengabadikan sejarah kerajaan-kerajaan di tanah air, perjuangan para pahlawan di masa penjajahan, peristiwa sumpah pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, Perang Kemerdekaan, hingga masa pembangunan nasional. Dengan melihat relief-relief yang sangat indah ini, bangsa Indonesia dapat mengetahui dengan baik sejarah perjuangan bangsanya.




Mengunjungi Monumen Nasional bisa menjadi pengalaman berharga terutama bagi putra-putri penerus bangsa. Mereka dapat melihat sendiri harta karun Nasional yang tersimpan di monumen tersebut. Wisata Jakarta sambil mengunjungi Monas dapat dilakukan setiap hari, karena Monumen dan museumnya dibuka untuk umum dari jam 08.00 hingga 15.00. Pilihan transportasi terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah mobil rental. Kita dapat mengetahui informasi mobil rental terbaik yang ada di Jakarta dengan mengunjungi situs Docar Rental Jakarta. Marketplace Docar juga bisa Anda gunakan untuk rental mobil Solo dan rental mobil Semarang.

Selamat berwisata. :)

loading...

Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


1 Response to "Monas, Obyek Wisata Jakarta Yang Menyimpan Harta Karun Nasional"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.