Inilah 5 Ciri Artikel Berkualitas Menurut Google Yang Harus Kamu Ketahui

Bicara blogging pasti tidak akan lepas dari yang namanya artikel atau kerap disebut postingan. Artikel bisa dibilang merupakan urat nadi dan faktor penentu suatu blog dikatakan hidup atau tidak. Perannya begitu sentral dan vital dalam mendukung kelangsungan sebuah blog. Bagaimana tidak, sebagus apapun desain dan tampilan sebuah blog, tidak akan ada artinya jika tidak ada postingan / artikelnya. Pun sebaliknya, walaupun tampilan blog sangat simpel dan biasa, tapi jika didalamnya memuat artikel / postingan, maka blognya akan hidup, atau bahkan mungkin dibanjiri pengunjung.

Adapun postingan yang dimaksud juga bukan asal posting, tapi juga harus bernilai dan berkualitas. Yang mana jika ditinjau dari segi kebermanfaatan, postingan tersebut bisa memecahkan masalah yang dihadapi pembaca. Atau juga postingannya menghibur. Dan bisa juga perpaduan keduanya, yakni bermanfaat dan menghibur.

artikel berkualitas, algoritma google

Selain itu ada juga kriteria lain berdasar pada struktur penulisan artikel tersebut dikatakan berkualitas, harus seperti ini, seperti itu, begini, begitu. Setiap orang mungkin punya pendapat dan standar yang berbeda. Namun tentu tidak perlu berdebat akan hal itu. Karena ada satu standar yang bisa kita jadikan acuan tentang kriteria sebuah artikel dikatakan berkualitas atau tidak.

Artikel berkualitas erat kaitannya dengan SEO yang mana tujuannya adalah trafik. Trafik dari mana? Jelas dari Search Engine (Mesin Pencari di Internet). Dan kita tahu Search Engine terbesar saat ini, tidak lain adalah Google. Jadi tidak berlebihan jika kita jadikan patokan artikel berkualitas berdasar pada kriteria yang diinginkan Search Engine, yaitu Google.

Walaupun Google tidak menyebutkan secara lugas tentang ciri-ciri dari sebuah artikel dikatakan berkualitas atau tidak, tapi dengan menelisik setiap update terbaru dari algorithma Google yang semakin mengutamakan kenyamanan pengguna, maka setidaknya ada 5 ciri artikel berkualitas. Berikut penjelasannya.

1. Original dan Unik

Artikel yang berkualitas secara SEO tentunya artikel yang bukan hasil translation (terjemahan), copas, spinning atau scrapping, melainkan artikel asli hasil karya sendiri. Sehingga konten artikel yang ditulis menjadi bebas dari pelanggaran hak cipta.

Selain itu artikel yang ditulis juga harus unik. Yang namanya unik berarti tidak ada yang menyerupai. Kriteria unik sendiri bisa dilihat dari berbagai aspek, mulai dari jumlah kata dalam artikel, sumber penulisan artikel berdasar pengalaman atau hasil riset. Artinya walaupun artikel kita membahas tema yang sama dengan artikel di blog lain, tapi membuatnya menjadi sedemikan unik dengan memadukan kriteria-kriteria tadi. Intnya buatlah konten dengan gaya sendiri, niscaya tidak akan ada yang menyamai, karena setiap orang memiliki gaya tulisan dan pilihan diksi masing-masing.

2. Gaya penulisan yang natural / Human Friendly

Di era SEO Modern seperti sekarang ini, dengan perkembangan Algoritma Google yang kian canggih, maka yang namanya artikel SEO Friendly bukan lagi artikel yang cuma dijejali dengan variasi kata kunci dengan harapan bisa diindex mesin pencari dan nangkring di halaman 1 Google. Artikel SEO Friendly adalah artikel yang natural dalam hal penulisan, sehingga nyaman dibaca oleh pengunjung (Human Friendly).  SEO Friendly = Human Friendly. Buatlah konten untuk dibaca manusia, bukan untuk robot.

3. Pembahasan yang mendetail

Ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah memuat isi yang mendetail. Mengupas secara mendalam sebuah topik hingga ke akar-akarnya. Misal Anda membuat artikel tentang Cara mudah membuat keripik pisang yang kriuk dan lezat. Maka dijelaskan mulai dari bahan serta bumbu yang diperlukan sampai pada cara memasak dan tips menghasilkan hasil gorengan keripik yang renyah. Sehingga dengan begitu artikel Anda bisa memberikan manfaat nyata bagi siapa saja yang membacanya.


4. Struktur penulisan yang baik

Setelah ciri-ciri di atas bisa terpenuhi maka sekarang kita beranjak pada anatomi / struktur dari penulisan artikel itu sendiri. Artikel yang baik tentunya memuat struktur penulisan yang baik pula. Sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca. Seperti apakah struktur penulisan yang baik dari suatu artikel? Berikut poin-poin penting yang harus diperhatikan.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dengan ejaan yang baku
  • Penggunaan kalimat efektif
  • Ditulis dengan alur yang baik dan tidak meloncat-loncat.
  • Penggunaan Bullets/Numbering untuk merinci suatu pembahasan
  • Paragraf dibuat pendek-pendek (4-6 kalimat)
  • Sub judul / pembahasan dibuat tebal (bold) untuk memperjelas


5. Memuat informasi yang kredibel / dapat dipercaya

Penulis yang terpercaya adalah penulis yang memiliki keahlian mendalam serta pengetahuan yang luas tentang topik  yang ditulisnya. Misal seorang penulis novel menulis artikel tentang cara dan tahapan dalam proses penulisan novel dari awal hingga akhir secara menyeluruh.

Namun tidak selalu harus dikaitkan dengan profesi / expert di bidang / topik yang ditulis. Sebagai contoh, Anda bisa saja menulis artikel dengan niche / tema kesehatan walaupun Anda bukan seorang dokter selama informasi yang Anda tulis memuat data dan fakta yang bersumber dari sumber-sumber terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

***

Nah itulah setidaknya 5 ciri artikel berkualitas yang harus selalu diperhatikan dalam setiap proses pembuatan artikel blog dengan harapan artikel tersebut bukan hanya disukai mesin pencari tapi juga disukai oleh visitor. Sehingga trafik / kunjungan ke blog pun bisa meningkat. Semoga dengan mengetahui ciri-ciri dari artikel berkualitas ini bisa lebih menyuntik semangat kita untuk terus mengembangkan kemampuan blogging dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Bagi sobat yang mau menambahkan tentang ciri-ciri sebuah artikel bisa dikatakan berkualitas, bisa berkomentar di bawah.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


4 Responses to "Inilah 5 Ciri Artikel Berkualitas Menurut Google Yang Harus Kamu Ketahui"

  1. sangat membantu. saya sedang belajar untuk membahas suatu topik sedetail-detailnya.

    tp kadang karena aku bukan ahlinya.. yaa seearch sebanyak-banyaknya.
    thank buat indravedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sedang belajar menulis yang seo friendly. Hehehe
      Semangat

      Delete
    2. Saya juga masih belajar mas.. Semangat juga.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online