Cara Mudah Membuat Link di Halaman yang Sama - Mengarahkan ke Bagian Tertentu

Beberapa waktu sebelum ini saya sempat membuat artikel dengan judul Pengalaman seru menggunakan Aplikasi Bebas Bayar. Tak disangka-tak dinyana, artikel yang saya tulis dengan agak spontan tersebut ternyata jadinya cukup panjang juga. Terhitung lebih dari 3000 kata terkandung dalam artikel tersebut, karena memang saya sertakan beberapa sub judul yang pembahasannya juga cukup panjang. Setelah artikelnya jadi, kemudian saya baca ulang, tapi rasanya kok capek dan jadi terkesan panjang gak jelas..hehe. Dari situ saya berpikir, ya mungkin artikelnya kepanjangan, dan jadi susah dipahami. Sehingga saya berencana untuk merombaknya untuk dipecah menjadi beberapa artikel. Namun entah kenapa rasanya kok sayang jika dipecah, karena harus ditulis ulang menyesuaikan dengan redaksi setiap sub judul bab nya.

Cara Mudah Membuat Link di Halaman yang Sama
Akhirnya saya memutuskan untuk tidak memecahnya, dibiarkan panjang seperti itu. Tapi sebagai gantinya, saya bikin sejenis menu yang berfungsi sebagai navigasi artikel yang dapat mempermudah pengunjung dalam membaca artikelnya. Jadi setelah membaca ke bawah dan ingin kembali ke atas menuju menu, maka tinggal mengklik satu buah tombol / link.

Prinsipnya mirip seperti di web Wikipedia, yang mana artikelnya biasa panjang-panjang, maka disediakanlah menu yang dapat mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel. Atau saya juga teringat blognya Mas Sugeng yang juga menerapkan cara yang sama untuk artikel-artikel di blognya yang panjang, hingga ribuan kata.

Dan mulailah saya mencari tutorial tentang cara membuat link di halaman yang sama yang fungsinya bisa mengarahkan dari satu bagian ke bagian tertentu dalam halaman tersebut. Ada beberapa cara yang saya temukan di beberapa postingan blog, namun cara yang paling mudah saya temukan di blog trikmudahseo nya mas Ricky Pratama. Sehingga saya pun mencoba menerapkannya dan Ahamdulillah berhasil.

Baik, dari pada berlama-lama berikut saya coba share ulang tentang apa yang sudah saya coba terapkan yakni tentang membuat link di halaman yang sama. Namun, sebelum mulai menerapkan tutorial ini, bagi sobat yang menggunakan platform blogspot seperti saya, maka tutorial ini baru bisa sobat terapkan setelah artikelnya jadi dan siap dipublish. Tujuannya yaitu untuk menghindari error, karena kita akan mengerjakannya di Mode Postingan HTML, bukan Compose.

Jadi di sini saya asumsikan artikel sobat sudah jadi.

1. Masuk ke mode HTML di halaman edit posting sobat. Dan tentukanlah titik pendaratan, yakni bagian yang mau dituju oleh link yang nanti dibuat. Cara membuatnya adalah dengan mengetikkan kode di bawah ini, dan tempatkan di Teks yang mau dijadikan titik pendaratan.
<a name="NAMA">TEKS</a>
* Ganti NAMA dengan apa saja, misal 'Awal'.
* Kemudian ganti juga TEKS dengan tulisan/kata yang ingin dijadikan titik pendaratan. Misal 'Beberapa waktu sebelum ini'. (menyesuaikan dengan postingan ini)

2. Setelah ditentukan titik pendaratan, barulah sekarang kita membuat link di halaman yang sama yang akan menuju pada titik pendaratan yang telah dibuat. Untuk membuatnya, gunakan kode di bawah ini, tempatkan di bagian mana saja semau sobat.

<a href="#NAMA">TEKS</a>
* Ganti bagian NAMA dan harus sama dengan Nama yang telah diset di titik pendaratan, namun dengan penambahan tanda #. Tadi kita membuat Nama 'Awal', maka menjadi #AWAL.

* Ganti TEKS dengan tulisan apa saja (anchor text) yang nantinya akan jadi link yang mengarah pada titik pendaratan. Misal kita buat 'Kembali ke AWAL'.

Jika sudah, silakan Save dan publish artikel sobat. Maka kini postingan sobat sudah memiliki tombol / link yang mengarah pada bagian tertentu dalam satu halaman. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Sebagai demo, sobat bisa mencoba mengklik tulisan biru di bawah ini yang mana sudah saya arahkan ke bagian atas / awal postingan ini.

Kembali ke AWAL

Baik, demikianlah tutorial sederhana ini. Semoga bermanfaat. 


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Cara Mudah Membuat Link di Halaman yang Sama - Mengarahkan ke Bagian Tertentu"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.