Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Pada Notebook HP 11-f400tu (Error Touchpad)

Kali ini saya mau sharing sedikit pengalaman saat menggunakan Notebook HP Pavilion 11-F400tu. Bukan mau menjelaskan tentang Spesifikasi, karena saya yakin kalian yang nyasar ke artikel ini sudah tahu spesifikasi dari notebook HP yang ini. Notebook ini saya beli tahun lalu, sekitar bulan Maret 2016 untuk keperluan sekolah adik. Desain yang simpel namun elegan dan tampilan warna full hitam dengan spesifikasi lumayan garang menjadi alasan saya waktu itu memberi notebook ini. Lebih tepatnya sih ini mini notebook, sedikit lebih besar dari netbook dan sedikit lebih kecil dari Notebook atau Laptop. Ukuran layar 11.5". Tapi tak apalah disebut notebook juga.

Bawaan dari toko tempat saya beli, notebook ini terinstal OS Windows terbaru yaitu Windows 10. Dan selama pemakaian bebarapa bulan, hampir tidak didapati masalah. Hingga suatu hari, laptop/notebook ini tidak dapat masuk ke tampilan desktop saat dinyalakan, hanya muncul layar biru pertanda error. saya lupa lagi jenis errornya apa, yang jelas waktu itu tanpa pikir lama, saya langsung instal ulang laptopnya, namun dengan Windows yang berbeda. Diinstalkanlah Windows 8.1.

Touchpad, error, touchpad tidak berfungsi, HP 11-f400tu, driver touchpad

Oke, singkat cerita setelah diinstalkan Windows 8.1 tersebut, ternyata jadi ada beberapa fitur laptop yang kurang berfungsi optimal atau bahkan tidak berfungsi. Adapun di sini saya mendapati 2 masalah error pada laptop ini. Pertama adalah Touchpadnya yang tidak berfungsi sesaat setelah diinstal ulang. Ke dua yaitu error pada bagian Indikator sinyal WIFI, yang mana hanya menunjukkan satu bar / strip saja pada, artinya tidak bisa menangkap jaringan internet secara optimal. Padahal saya meletakkan modem bersebelahan dengan laptop.

Oke tapi di sini saya hanya akan coba bahas yang pertama yaitu Touchpad yang tidak berfungsi.pada laptop HP 11-f004tu. Tentu saya tidak perlu menjelaskan apa itu touchpad kan :). Itu lho yang buat gerak-gerakin kursor, sefungsi dengan mouse.

Baca juga: Cara mengatasi WiFi Hanya tampil satu bar pada Notebook HP 11-f004tu

Asusmsi pertama saya mengenai error jenis ini adalah ke driver softwarenya mungkin yang belum terinstal. Sehingga menyebabkan Touchpad tidak berfungsi. Namun ternyata setelah saya coba download Driver Touchpad Synaptics (ukuran 158 MB) di website resmi HP, ternyata tidak menunjukkan hasil apa-apa. Touchpad masih tidak berfungsi padahal sudah saya restart laptopnya. Karena penasaran, saya coba kembali download file driver touchpad versi sebelumnya, namun tetap tidak berfungsi. Sempat dibuat pusing juga terkaita masalah ini. Hingga akhirnya saya biarkan laptop selama kurang lebih seminggu. Dan barulah setelahnya saya kembali mencari informasi lebih lajut tentang cara mengatasi error pada touchpad HP ini.

Dan alhamdulillah saya menemukan pencerahan dari sebuah postingan blog bahwa sebenarnya untuk mengatasi masalah touchpad ini sangatlah mudah untuk diatasi hingga bisa digunakan kembali seperti sedia kala Dan saya pun sudah mencoba mempraktekkannya. Alhamdulillah hasilnya berhasil. Sehingga sekarang touchpadnya sudah bisa digunakan lagi.

Oke, berikut adalah yang saya lakukan untuk mengatasi error pada Touchpad Notebook HP 11-f004tu yang tidak berfungsi ini.

1. Langsung saja kunjungi website HP Customer Support, Klik DI SINI
Maka akan tampil halaman seperti terlihat di bawah ini. Di sana terlihat seri Notebooknya sudah sesuai dengan yang kita bahas yaitu HP Notebook 11-f004tu
Touchpad, error, touchpad tidak berfungsi, HP 11-f400tu, driver touchpad

2. Scroll ke bawah ke bagian tab Driver Controller, klik tanda (+) nya sehingga menjadi (-). Temukan tulisan Intel Serial IO Driver. Lalu klik tombol Download yang terletak di sebelah kanannya (yang berwarna biru)

Touchpad, error, touchpad tidak berfungsi, HP 11-f400tu, driver touchpad
3. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Cukup cepat juga, karena ukuran drivernya juga lumayan kecil, hanya 1.6 MB.
4. Setelah terdownload, kemudian installah driver tersebut sebagaimana menginstal software pada umumnya
5. Akan muncul jendela pemberitahuan bahwa instalasi sudah selesai. dan untuk melihat perubahan maka diperlukan Restart komputer. Langsung saja klik tombol Restart Now.
5. Voilaa... setelah laptop hidup, Touchpad pun sudah berfungsi dengan lancar abadi nan jaya.
6. Tamat.

Ya..begitulah cara simple but works yang saya lakukan untuk mengatasi touchpad yang tidak berfungsi pada Notebook HP 11-f004tu ini. Belakangan saya juga baru tahu bahwa bukan hanya saya saja yang mengalami hal ini. Melainkan banyak juga sya temui teman-teman di forum internet yang mengalami hal sama.

Tulisan di atas saya buat untuk sekadar sharing dan berbagi informasi berdasar pengalaman pada teman-teman yang mungkin mengalami masalah yang sama. Dan semoga dengan menerapkan cara di atas, bisa sedikitnya membantu menyelesaikan masalah yang di alami

Baiklah, cukup sekian sharing ringan kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Pada Notebook HP 11-f400tu (Error Touchpad)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.