Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]

Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya tentang sebuah situs yang menurut saya sangat bagus dan powerfull untuk melatih kemampuan menulis dan membiasakan diri untuk menulis setiap hari. Apa nama situsnya dan bagaimana bisa? Berikut akan saya coba jelaskan kenapa dan bagaimananya, tentunya bersumber dari pengalaman pribadi. Adapun situs yang saya maksud adalah 750Words.com.


Awal mula saya mengenal situs ini adalah dari hasil baca-baca tentang tips menulis di Internet. Saya lupa lagi di mana saya menemukannya hingga akhirnya diarahkan untuk mencoba  / mencicipi situs ini jika ingin melatih diri agar bisa menulis setiap hari. "Wah, menarik juga nih sepertinya", pikir saya.

Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com

Dengan membaca sedikit penjelasannya, sayapun mulai membuka situs tersebut. Dan kesan pertama yang saya dapat setelah melihat tampilan situsnya, WOW sangat simpel alias sederhana, enak dipandang, dan tentunya tidak banyak hiasan pernah-pernik yang bikin pedih di mata. Selain itu, ternyata situs ini cukup responsive, selain bisa dibuka via desktop, juga bisa via mobile Smartphone. Sehingga sobat bisa dengan mudah menyelesaikan 750 kata tanpa harus menulis di Laptop atau komputer.

Adapun sosok di balik terlahirnya situs ini adalah sepasang suami istri yang berasal dari Berkeley, California yang punya passion dan keinginan untuk berkontribusi memajukan bidang kepenulisan, yakni bernama Buster dan Kellianne. Dalam mendirikan situs ini, mereka terinspirasi oleh konsep yang bernama "Morning Pages" yang dijelaskan dalam bukunya Julia Cameron, yang berjudul "The Artist's Day". Konsep tersebut secara sederhana mengajarkan kita untuk setidaknya menulis sebanyak 3 halaman setiap paginya. Apa yang ditulis? Bebas.. ya silakan tulis sebebas-bebasnya (free writing). Buster menyebut bahwa konsep Free Writing ini bisa berefek lebih baik daripada meditasi dalam pemulihan kesehatan. Wow..luar biasa, bukan?!

Sampai saat ini sudah lebih dari 300 ribu orang yang sign up (mendaftar) di situs 750words.com ini.

Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com

Ketentuan Penggunaan

Tagline dari situs ini sendiri adalah berbunyi "750Words.com - Write Every day". Sudah jelas bahwa tujuan dari dibentuknya situs ini adalah sebagai wadah untuk melatih diri agar terbiasa menulis setiap hari. Adapun alasan kenapa harus menulis setiap hari, terlebih menulis di blog bisa sobat baca di artikel yang berjudul 7 manfaat nyata menulis artikel setiap hari.

Dan sesuai nama domainnya, tulisan yang dibuat setiap hari tersebut harus setidaknya memuat 750 kata di dalamnya. Kenapa harus 750 kata? Dari penjelasan singkat di Home page nya, disebutkan bahwa alasannya, kurang lebih yaitu kerena 750 kata merupakan bilangan yang dirasa paling ideal untuk mengatahui telah seberapa padatkah tulisan yang telah kita tuliskan. Dengan 750 kata rata-rata dirasa sudah bisa cukup mengcover secara detail setiap pembahasan yang akan dituangkan pada sebuah tema tulisan. Ini juga sebenarnya bisa dijadikan acuan dalam penulisan artikel di blog, sebisa mungkin dibuat minimal 750 kata.

Dalam prakteknya, tentu sobat juga tidak perlu menghitung manual atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui jumlah kata yang sudah ditulis. Cukup dengan melihat ke arah bawah sebelah kanan, di sana akan ada counter / penghitung kata yang secara terus menerus menghitung setiap kata yang ditulis atau pun dihapus. Tampilannya adalahs seperti di bawah ini (Akan terlihat jika sudah buat akun dan login)
Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com

Oke, Inti tentang ketentuannya sudah dimengerti ya. Yakni menulis setiap hari dengan minimal memuat 750 kata di setiap tulisannya.

How it Works? - Cara kerja 750words.com

Sekarang kita masuk ke kerja dari situs ini. Bagaimana cara situs ini dalam melakukan tracking atau pelacakan bahwa kita telah berhasil menulis sejumlah 750 kata dan dilakukan setiap hari. Sebenarnya jika sobat sudah membuat akun di 750Words.com akan bisa langsung mengerti bagaimana cara kerjanya. Tapi tak apa, di sini saya akan coba kasih sedikit penjelasan.

Btw, untuk membuka akun di 750words.com sangatlah mudah, cukup input nama lengkap dan email juga password yang digunakan untuk login ke akun 750words.com.
Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com
Maka tanpa melakukan verifikasi email pun, sobat akan diantarkan ke halaman entry di mana nanti sobat akan mulai menulis. Tampilannya adalah kurang lebih seperti ini.
Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com


Nah setelah membuat akun dan login, maka akan tampil sejumlah deretan kotak berwarna hijau sejumlah kurang lebih 31 kotak. Nah kotak-kotak tersebut yang akan jadi penanda / tracker sejauh mana kita telah menulis, sekonsisten apa kita telah menulis. 31 berarti 31 hari yang merupakan jumlah hari maksimal dalam sebulan. Setiap kita berhasil menyelesaikan 750 kata dalam sehari, maka satu kotak tersebut akan berubah symbolnya menjadi ada tanda Cross / Silang hijau.
 
Dan di sini kita ditantang untuk mengisi secara full kotak tersebut hingga penuh. Yang mana hal tersebut bisa dilakukan dengan kita menulis setiap hari di situ. Berikut adalah tampilannya jika berhasil menuntaskan menulis rutin selama sebulan penuh setiap hari, tanpa putus, tanpa setengah-setengah.
Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com
Bukan punya saya

Secara psikologis, fitur Cross / silang tersebut menurut saya cukup baik dalam memberikan motivasi menulis bagi diri sendiri. Dengan seperti itu, setidaknya ada sedikit dorongan dalam diri untuk menyelesaikan misi menulis setiap hari, karena jika sehari saja absen menulis, maka kotaknya akan blank alias kosong. Atau jika menulis tapi tidak sampai 750 kata, maka kotaknya akan berubah menjadi tanda garis miring (/) jika disave. Seperti terlihat di bawah ini.

Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com
Memang tidak ada hukumannya jika kotaknya kososng. Tapi tentunya jika sudah mendaftar, sebisa mungkin kita selesaikan misi setiap harinya untuk setiap kotak berubah menjadi tanda Silang hijau.

Melatih diri untuk spontan dalam menulis dengan 750words.com
Salah satu tips menulis yang juga saya posting di artikel lain yakni tentang menulis mengalir tanpa banyak memikirkan masalah teknis ini itu. Ya sejatinya menulis itu harus menggunakan otak kanan yang spontan dan mengalir, tidak perlu memikirkan benar tidaknya sebuah ejaan atau tanda baca, enak tidaknya sebuah kalimat, tulis saja dulu. Karena toh nantinya ada tugas si otak kiri yang kritis untuk membenarkan atau mengedit setiap kesalahan yang ada.

Jadi fungsi otak kanan dan otak kiri tersebut harus dipisahkan, terlebih dalam kegiatan menulis. Akan tidak mudah menghasilkan tulisan yang banyak jika saat menulis, kita juga disibukkan dengan kegiatan mengedit. Itu kegiatan yang berbeda dan jangan disatukan.

Nah di 750Words.com ini, kita juga perlu menerapkan cara seperti itu. Mengalirlah dalam menulis, buatlah jari-jari Anda menari di atas keyboard untuk membentuk rangkaian tulisan yang otak kanan Anda ucapkan.

Menulis di platform 750Words.com bukanlah kegiatan Blogging (Ngeblog) atau Status Updating (update status di Social media). Jadi tidak perlu ragu dan minder dengan apa yang kita tulis, toh tidak akan ada yang tahu juga. Seperti slogan yang selalu hadir di bagian bawah, yaitu 750 Words – Private, unfiltered, spontaneous, daily .

Jadi selain sifatnya yang private, tulisannya juga bebas filter (unfiltered), artinya tidak akan ada yang menyaring tulisan sobat. Spontaneous artinya seperti dikatakan tadi, di platform ini kita dianjurkan untuk sespontan mungkin dalam menulis sehingga tercapai minimal 750 kata sekalipun 750 kata tersebut mungkin masih jelek. tidak apa-apa, masih bisa diedit kok. Dan terakhir yang jadi utama adalah 'daily', yakni dilakukan secara rutin setiap hari.

Pricing / Harga

Sudah cukup nampaknya bicara soal teknis dan ketentuan penggunaan situs 750words di atas, sekarang kita sedikit membahas tentang pricing / harga dari layanan situs ini.

Yang perlu sobat tahu, bahwa pada kurang lebih 4 tahun kemunculannya yakni sejak December 2009 sampai dengan Mei 2013, situs ini sepenuhnya gratis dan bisa digunakan sepuasnya oleh para membernya. Namun karena semakin berkembangnya situs, semakin situs itu memerlukan dukungan / support untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan layanannya. Dan terhitung dari Juni 2013 hingga sekarang, keanggotaan 750words.com hanya gratis pada satu bulan pertama. Untuk tetap menikmati layanan ini di bulan berikutnya, sobat harus menjadi member dengan membayar biaya keanggotaan senilai $5 saja tiap bulannya (bisa berhenti berlangganan kapan saja).

Adapun sebenarnya jika sobat menginginkan secara gratis terus menerus bisa saja, tinggal daftar ulang menggunakan email yang berbeda.

Writing Challenge

Setiap bulan 750Words.com juga selalu memberikan challenge bagi para membernya untuk konsisten menulis setiap hari selama sebulan penuh. Targetnya jelas, yakni harus memenuhi semua kotak dengan tanda X hijau. Jika ada yang bolong satu hari saja, maka dinyatakan gagal dan akan ada sejenis punishment bagi member yang ditentukan di awal oleh member itu sendiri, semisal membayar donasi senilai sekian dollar dan lain-lain atau melakukan hal-hal lain sebagai punishment / hukuman diri sendiri.

Pun sebaliknya jika sobat berhasil menuntaskan tantangan dan berhasil konsisten menulis selama sebulan full, maka sobat bisa memanjakan diri sobat dengan berbagai hal sebagai hadiah.

Challenge ini ada setiap bulan dan jika ingin ikut serta, harus melakukan sign up terlebih dahulu di bulan sebelumnya. Misal sekarang bulan juli, maka kita bisa melakukan sign up untuk tantangan bulan Agustus depan. Caranya cukup dengan mengklik tombol "THIS MONTH" lalu pilih Next month challenge. Dan isilah form / surat perjanjian kontrak seperti tampak berikut ini
Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com

Bagaimana? Tertarik untuk ikuti tantangannya??

***

Nah, barang kali cukup sharing / review saya tentang situs 750words.com. Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas, misal tentang statistik penulisan yang sobat lakukan, berapa kata yang diketikkan dalam satu menit, serta tentang indikator yang menunjukkan perilaku sobat saat menulis, bisa dilacak di situs ini melalui menu / tombol View Stats yang terletak di sebelah atas halaman entry. Silakan bereksplorasi dan menjelajah lebih dalam tentang segala fitur dari situs 750words.com ini.

Sekian, semoga bermanfat. Terima kasih. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan bisa sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya. Salam.


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.