Mengenal Sintesa, Pesantren yang Berfokus Pada Qur'an dan Bisnis Online

Pesantren adalah istilah yang kerap digunakan untuk merujuk pada sebuah tempat mempelajari agama Islam. Biasanya tempat yang dimaksud tersebut berupa pondok, yang itu berarti para peserta didik (santri)-nya mondok atau menginap di tempat tersebut. Sehingga lebih sering kita dengar juga dengan sebutan pondok pesantren. Baik, ini hanya intermezo :)

Dewasa ini yang pesantren mungkin jumlahnya sudah banyak sekali, baik itu yang terletak di kota besar maupun di daerah yang masih tergolong pedalaman. Semuanya berjalan dengan program dan fokus belajarnya masing-masing. Dan dari sekian banyak pesantren yang ada, pada umumnya menggunakan nama-nama Arabik, seperti Daaruut Tauuhid, Al-Huda, Al-Fatah, dan lain sebagainya. Namun berbeda dengan pesantren yang satu ini, namanya adalah Pesantren Sintesa yang terletak di desa Ngadirejo, Magetan, Jawa Timur.

Pesantren Sintesa, Bisnis Online, Tahfidz Quran, Internet Marketing, Pesantren Bisnis Online


Sintesa. Nama ini sendiri sebenarnya merupakan akronim dari Sinergi Terpadu Santri. Mengisyaratkan adanya sinergi dan keselarasan yang tercipta di antara para santri dalam lingkungan pesantren itu sendiri. Selain dari namanya yang unik, pesantren ini juga memiliki fokus belajar yang boleh dibilang berbeda dengan pesantren kebanyakan. Karena selain berfokus pada pendidikan Islam, khususnya tahfidz Al-Quran, pesantren Sintesa juga mengajarkan para santrinya dalam bidang bisnis online atau Internet marketing. Ya boleh jadi, Sintesa ini merupakan yang pertama dan satu-satunya pesantren yang berfokus pada pengajaran bidang bisnis online pada santri-santrinya.

Seperti kita tahu bahwa di era teknologi dan informasi sekarang ini, Internet bisa jadi salah satu jalan untuk mengais rezeki, yakni melalui bisnis Online. Banyak sekali cara / metode mencari penghasilan di Internet, mulai dari jualan barang secara online, menjadi makelar (affiliasi), monetisasi konten website, dan lain-lain. Tidak sedikit yang sudah merasakan sukses melalui perantara bisnis di Internet. Dan tentunya jika dioptimalkan dengan baik, Bisnis Online atau kerap juga disebut Internet Marketing bisa menjadi jalan yang bisa mengantarkan para pemuda pada kesuksesan yang ujungnya juga bisa bermuara pada kemaslahatan dan kebermanfaatan bagi orang banyak.

Hal ini juga tentunya tidak lepas dari andil pendirinya, yaitu Ibrahim Vatih yang merupakan praktisi dan mentor dalam bidang Internet Marketing yang kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Beliau merupakan Internet Marketer sukses dan sudah sangat sering mengisi berbagai workshop Internet Marketing sebagai pembicara / pengisi materi. Atas dasar keinginan untuk membantu dan memberikan harapan kepada para generasi muda yang mungkin secara biaya kurang mampu, tapi memiliki semangat belajar yang tinggi maka didirikanlah Pesantren Sintesa ini pada 2014 lalu dengan angkatan pertamanya yang kala itu hanya berjumlah 10 santri.

Tagline dari Sintesa yang berbunyi Bersama Hijaukan Generasi Indonesia barangkali sangat cocok dengan kondisi generas muda Indonesia saat ini. Menurut saya hal itu merupakan manifestasi dari keprihatinan pendirinya tentang keadaan genarasi muda sekarang yang bisa dibilang pergaulannya telah banyak digempur dengan budaya-budaya barat yang jauh dari nilai-nilai islami.

Para pemuda merasa malu ketika tidak hafal lagu-lagu pemuncak tangga billboard terbaru, tapi merasa biasa saja ketika tidak hafal Surah-surah pendek di Al-Quran. Malu ketika ketinggalan membaca novel keluaran terbaru karya penulis Best Seller, tapi merasa biasa saja saat menyadari dirinya sudah lama tidak membaca Al-Quran. Contoh lainnya masih banyak, seperti budaya pacaran yang kian merajalela. Yang jomblo dhina karena dianggapnya tidak laku, punya pacar dianggap sebagai sebuah prestasi padahal nyatanya hanya memupuk dosa.

Dan setidaknya itulah yang penulis lihat tentang maksud dari Bersama Hijaukan Genarasi Indonesia tersebut. Pada kenyataannya memang generasi muda kita butuh dihijaukan, khususnya ilmu agama dan ilmu dunia yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Hadirnya Sintesa dengan visi dan tujuan yang sangat mulia tersebut sedikit banyaknya telah memberikan secercah cahaya dan harapan bagi para pemuda yang berkesempatan menjadi santri di sana.

Program Belajar di Sintesa
Adapun untuk belajar di Sintesa ini tidak perlu membayar biaya alias sepenuhnya GRATIS. Karena memang dari awalnya pesantren ini ditujukan untuk generasi muda Indonesia yang boleh dibilang berkekurangan dalam hal ekonomi namun memiliki semangat tinggi dalam belajar dan memperbaiki kehidupan melalui Internet Marketing.

Kenapa bisa gratis?? Sintesa dibangun sepenuhnya secara swadaya atas jasa para donatur. Seluruh biaya operasional hingga biaya makan santri sehari-hari juga masih ditanggung oleh para donatur. Oleh karena itu, kendati saya sebutkan gratis, tapi jumlah kuota santri yang diterima juga dibatasi. Sehingga hanya calon-calon terpilihlah yang bisa mengikuti program belajar di Pesantren Sintesa ini. Ada seleksi ketat yang harus diikuti sebelum benar-benar diterima (Jika mendaftar melalui jalur reguler).

Namun Sintesa juga menyediakan pendaftaran melalui jalur donasi. Yakni pendaftaran tanpa proses seleksi. Jalur ini diperuntukkan bagi para pendaftar yang sudah yakin akan manfaat dengan program belajar di Sintesa sehingga berkomitmen dengan jalur donasi. Atau bagi pendaftar yang mungkin tidak lulus dalam proses seleksi jalur reguler, namun tetap ingin belajar di Sintesa. Adapun donasi yang dimaksud adalah nominal uang minimal 5 juta rupiah. Ini bukanlah biaya pendaftaran atau semcacamnya, uang donasi tersebut sepenuhnya akan digunakan untuk keperluan makan sehari-hari santri yang bersangkutan selama belajar di Sintesa. Insya Allah ini merupakan nominal yang sangat murah jika dibandingkan dengan ilmu dan pengalaman yang akan didapat nantinya.

Lama Belajar
Program belajar di Sintesa adalah selama 1 tahun full belajar di pondok semenjak di buka pada tahun 2014 lalu. Tiap tahun, Sintesa membuka pendaftaran Santri baru sebanyak 2 kali (6 bulan sekali). Dan hingga kini, Sintesa telah memiliki 5 angkatan. 4 Angkatan sudah lulus, dan angkatan ke 5 masih menjalani proses belajar hingga 6 bulan ke depan. Sudah banyak juga Internet Marketer handal, para penakluk Search Engine yang dihasilkan dari Pesantren Sintesa ini. Kebanyakan dari mereka, minimal sudah punya website sendiri yang mampu mendatangkan trafik dan penghasilan.

Pendaftaran Angkatan 6
Nah kabar gembiranya, kini Sintesa tengah membuka program belajar angkatan ke 6 nya, hingga akhir bulan juli ini. Barangkali ada teman-teman atau kolega yang berminat, selama memenuhi syarat dan kualifikasi bisa mencoba mendaftarkan diri, baik itu melalui jalur regular maupun jalur donasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Sintesa dan pembukaan pendaftaran untuk angkatan 6, bisa langsung saja kepoin websitenya di sintesa.net atau di fanpage Facebooknya di facebook.com/sintesa.play.

Baik, barangkali cukup segitu yang bisa saya sampaikan mengenai Sintesa. Apa yang saya tulis di atas murni dari hasil pendapat dan pengamatan pribadi setelah berselancar di Website Sintesa dan beberapa artikel di Internet yang membahas tentang Sintesa. Oleh karena itu, mohon maaf bila ada beberapa bagian yang mungkin salah. Saya mohon koreksinya jika ada yang keliru, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Mengenal Sintesa, Pesantren yang Berfokus Pada Qur'an dan Bisnis Online"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online