5 Gunung Dengan Jalur Pendakian Terindah Di Indonesia

Indonesia dengan segala keindahan alamnya tentu tak akan pernah habis untuk dijelajahi, terutama gunung-gunungnya yang menawarkan pemandangan super menawan hingga mampu menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Selain keindahannya, pegunungan di Indonesia, dijuluki sebagai ring of fire atau negeri cincin api. Julukan ini disematkan selain karena Indonesia memang negeri yang dikelilingi oleh dataran tinggi berupa pegunungan, tidak sedikit diantaranya berupa gunung berapi aktif.

gunung Indonesia, jalur pendakian gunung, gunung terindah di Indonesia
jejakku.co
Meskipun perjalanan dalam menapaki jalur pendakian termasuk melelahkan, tetapi tidak sedikit gunung-gunung di memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan. Dimanakah tempat-tempat tersebut? Berikut ulasan mengenai 5 gunung di Indonesia dengan jalur pendakian terindah. 

1. Gunung Tambora - Sumbawa 

gunung Indonesia, jalur pendakian gunung, gunung terindah di Indonesia, gunung tambora
bombastis.com
Inilah gunung yang memiliki keindahanalam yang begitu menakjubkan sekaligus menakutkan dalam sejarah letusan gunung api di dunia. Tercatat pada bulan April 1815, gunung Tambora menewaskan hampir 120.000 orang, abu vulkaniknya menyelimuti hampir seluruh permukaan bumi, yang menyebabkan perubahan iklim pada saat itu, dan konon menjadi salah satu faktor kekalahan Napoleon pada pertempuran Waterloo. 

Gunungapi yang tergolong aktif ini, memiliki ketinggian 2.851 mdpl, keindahan panorama alam yang mempesona dengan sejarah letusannya yang mendunia, menjadikan para pendaki gunung berlomba-lomba untuk menaklukkan gunung api ini. Gunung Tambora merupakan sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia.

Selain bisa menikmati terbitnya Matahari dari puncak Gunung, anda juga dapat menikmati suasana alami, dimana beragam hewan seperti rusa bisa anda temukan disini. Untuk melakukan pendakian ke Gunung Tambora, rata-rata diperlukan waktu selama 3 hari 2 malam melalui jalur hutan lindung. 

Setelah berhasil berdiri di puncak Gunung Tambora, anda akan mendapati pemandangan berupa kawah, padang pasir, samudera lautan yang keindahannya, sangat sulit untuk digambarkan dengan kata-kata. Semua kelelahan juga perjuangan selama berhari-hari untuk menuju puncak, hanya dapat dinikmati dengan kepuasan batin oleh para pendaki.

2. Gunung Kerinci - Jambi 

gunung Indonesia, jalur pendakian gunung, gunung terindah di Indonesia, gunung kerinci
blog.act.id
Berada di “atap langit” bumi Indonesia merupakan hal yang langka dan tidak banyak orang yang bisa melakukan hal tersebut. Kira-kira seperti itulah gambaran dari perjalanan menuju puncak gunung Kerinci. 

Gunung yang berada di provinsi Jambi ini, merupakan gunung berapi aktif dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Keindahan panorama alam yang natural dengan beragam aneka flora dan faunanya, menjadi point plus yang akan Anda temui selama jalur pendakian, mulai dari dataran rendah gunung hingga puncak gunung. 

Untuk mendaki gunung Kerinci, dibutuhkan waktu sekitar dua hari, dimulai dari pos Kersiktuo. Dan ketika sudah berdiri di puncak gunung, bersiaplah dengan suguhan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mendaki indahnya gunung tertinggi di Indonesia?

3. Gunung Rinjani - Lombok 

gunung Indonesia, jalur pendakian gunung, gunung terindah di Indonesia, gunugn rinjani lombok
wisatabaliutara.com
Siapa yang tidak kenal dengan keindahan gunung Rinjani? 

Taman Nasional Gunung Rinjani adala salah satu ekosistem berupa pegunungan hutan hujan dan savana. Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung yang memiliki ketinggian 2.800 mdpl ini, pada area kepundan pegunungan, terdapat sebuah kawah mati akibat letusan gunung Rinjani. 

Efek dari letusan tersebut membentuk sebuah danau yang sangat luas dengan pemandangan yang begitu indah. Danau tersebut disebut Danau Segara Anak, yang diambil dari bahasa Sasak yang berarti Laut Kecil. Nama itu cukup menggambarkan luas dari danau tersebut, kedalaman air danau sendiri diperkirakan sekitar 160m – 230m. 

Selain itu, suhu air danau pun beragam. Air danau ada yang berbau belerang yang sangat kuat sehingga mirip seperti moffet dan sangat berbahaya, dan adapula yang berbau seperti air pegunungan. Tidak hanya itu saja, keunikan lainnya dari gunung ini adalah, pada tengah danau terdapat sebuah gunung baru yang disebut Gunung Baru Jari, dan konon gunung ini dipercaya bisa bertambah tinggi dalam setiap tahunnya.


4. Pegunungan Jayawijaya - Papua

gunung Indonesia, jalur pendakian gunung, gunung terindah di Indonesia, gunung puncak jayawijaya papua
twisata.com
Ini adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki fenomena alam berupa salju abadi. Pegunungan Jayawijaya yang juga dikenal dengan sebutan Pegunungan Cartenz (4.800 mdpl) terletak di Papua Barat. 

Pegunungan Cartenz merupakan pegunungan yang terbentang memanjang, dengan puncaknya bernama Carstensz Pyramide. Keunikan tersebut menjadi daya tarik para pendaki gunung yang berlomba-lomba untuk menaklukan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus di kawasan Oceania. 

Pegunungan Cartenz juga masuk dalam jajaran Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit). Popularitas gunung ini, membuat banyak para pendaki gunung dari berbagai penjuru dunia yang datang dan ingin merasakan sensasi menaklukan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya di selimuti salju abadi.

5. Gunung Semeru

gunung Indonesia, jalur pendakian gunung, gunung terindah di Indonesia, gunung semeru
id.wikipedia.org
Setelah film 5 cm menjadi salah satu film yang booming di perfilman Indonesia, jalur pendakian gunung Semeru semakin menghipnotis anak-anak muda Indonesia untuk mencoba mendaki gunung ini. Hal tersebut tentunya sungguh beralasan, karena di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat mempesona. Mulai dari bukit yang ditumbuhi dengan bunga edelweiss ,cemara, padang rumput, serta hutan pinus. 

Untuk beristirahat dan mendirikan tenda, banyak pendaki yang memilih Ranu Kumbolo, dataran rendah dengan danau yang berada di atas ketinggian sekiitar 2.400 Mdpl ini, mempunyai luas sekitar 14 ha. Di danau Ranu Kumbolo, anda bisa menyaksikan matahari terbit di sela-sela bukit Arcopodo, yang merupakan sebuah wilayah vegetasi terakhir di gunung Semeru. 

Jika telah sampai di Arcopodo, sebaiknya barang bawaan anda di tinggal di sini, karena Anda akan melewati bukit pasir yang curam dan mudah terperosot. Waktu yang tepat dari Arcopodo untuk mendaki puncak Mahameru adalah pada dini hari sekitar jam 02.00, karena jika mendaki pada siang hari, terdapat gas beracun dari kawah Jonggring saloka. Dan ingatlah untuk selalu menjaga kebersihanya.

***
Kata orang, jika anda ingin lebih mengenal diri sendiri, maka mendaki gunung adalah salahsatunya. Selainuji mental, anda juga sekaligus mengukur kemampuan, semangat, juga motivasi hidup. Tertantang ingin merasakan sensasi menaklukan puncak gunung-gunung indah di berbagai pelosok tanah air? Anda bisa mencari tiket pesawat murah menuju berbagai wilayah di Indonesia. Untuk memudahkan pencarian, cek daftar harga tiket pesawat Lion Air yang menyediakan rute penerbangan keseluruh wilayah Indonesia. Lakukan booking dan pemesanan secara online melalui situs Reservasi.com. Selamat mendaki!


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


2 Responses to "5 Gunung Dengan Jalur Pendakian Terindah Di Indonesia"

  1. salam kenal mas indra :D mas saya seringkali membuka blog njenengan, makasih sudah berbagi tentang cara mendaftar domain gratisannya :D

    mau tanya mas, bagaiamana cara menghapus bagian atas header agar tampilannya seperti blog ini? saya pengguna evomag dan sudah saya utak atik dan googling, tapi ga nemu" caranya....terpaksa saya tanya disini....blog saya ruangpendaki.....makasih yas mas sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru respon mas.. akhir-akhir ini saya sedang jarang buka blog.

      Untuk menghilangkan bagian atas header, cukup masuk ke Edit HTML template. lalu cari kata-kata yang mencirikan menu header, seperti Privacy Policy, contact, dsj. Blok dari bagian awal hingga akhir wrapper header tersebut. Lalu simpan.

      Hasilnya bisa langsung dicek.. Silakan.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online