Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]

Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air - Di artikel kali ini saya ingin berbagi tips yang bersumber dari pengalaman tentang cara mengatasi laptop yang mati, baik itu hanya mati layarnya saja ataupun mati total karena terkena / terseiram air.

Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air
cybernetjember.blogspot.com
Dalam kasus ini saya mengalami laptop saya mati karena sebelumnya terkena tumpahan air dari gelas yang tidak sengaja kesenggol saat saya hendak berdiri. Ya memang saya akui teledor telah menaruh gelas berisi air tepat disebelah laptop.

Sebuah pengingat juga mungkin buat sobat sekalian agar tidak menaruh gelas berisi air atau kopi atau yang lainnya tepat di sebelah laptop, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Singkat cerita, air tumpahan tersebut mengenai sedikit bagian atas dari laptop saya, namun hanya pada bagian touchpad, yang kemudian mengakibatkan air merembes ke sela-sela touchpad.

Selain itu, bagian bawah laptop yang notabene terdapat lubang sela-sela udara juga terkena oleh tumpahan air tersebut.. Tanpa berpikir lama, saya langsung mengambil lap dan mengusapkannya pada bagian bawah laptop. Namun sepertinya beberapa tetes air sudah terlanjur masuk ke dalam komponen laptop lewat sela sela ruang udara yang terdapat di bawah laptop tersebut.
Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air
bagian bawah laptop
Saat itu saya berpikir tidak akan terjadi apa-apa karena kondisi laptop saat terkena air tersebut masih hidup dan masih menyala seperti biasa.

Tapi kemudian selang beberapa menit saya mendapati laptop mati pada bagian layarnya. Artinya tidak nampak sesuatu apapun dilayar, hanya hitam sebagaimana kondisi laptop saat mati. Namun untuk bagian mesin tampak masih hidup. Ditandai dengan indikator tombol power yang masih menyala. Sesaat sebelum mati terdengar bunyi ‘jess’ dari bagian dalam laptop. Saya mulai agak cemas, khawatir terjadi korslet pada komponen bagian dalam laptop, sehingga menyebabkan layarnya mati.

Di sini juga sebenarnya letak kesalahan saya. Seketika mendapati laptop terkena air, saat itu juga seharusnya saya langsung matikan laptop dan memutus segala macam arus listrik (kabel charger) yang terhubung. Namun yang saya lakukan adalah tetap membiarkannya hidup dengan aliran arus listrik dari charger.

Selanjutnya, saya coba pijit dan tahan tombol power untuk mematikan daya mesinnya. Dan selang beberapa menit kemudian saya coba untuk hidupkan lagi dengan harapan layar laptop bisa menyala seperti semula. Beberapa kali saya lakukan hal tersebut. Namun hasilnya nihil, layarnya masih tetap mati.

Mendapati kondisi tersebut saya berpikir untuk membongkar laptop atau bagian bawah laptop dengan tujuan untuk setidaknya membersihkan atau menghilangkan air yang mungkin ada di dalam. Tapi karena pengetahuan yang awam serta tidak mempunyai alat-alat yang untuk membukanya, saya putuskan untuk membiarkannya saja dan menunggu hari esok dengan rencana saya ingin bawa ke tempat service.

II
Namun kemudian ada saran dari salah seorang teman di salah satu group WA yang juga pernah mengalami hal yang sama saat laptopnya terkena air dan mati secara total. Saat itu ia bercerita tentang apa yang ia lakukan selanjutnya dalam mengupayakan laptopnya kembali seperti semula.

Cara yang ia lakukan adalah langsung mengeringkan laptop menggunakan hair dryer. Hair dryer (pengering rambut) tersebut dihidupkan dan diiarahkan ke bagian bagian yang sekiranya terkena air dengan harapan kandungan tetesan air yang merembes dalam laptop tersebut bisa segera hilang / kering, sehingga tidak menambah rusak pada komponen lainnya.
Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air
bukalapak.com

Tanpa berlama-lama saya pun menuruti saran dari teman saya tersebut dengan sebelumnya meminjam hair dryer punya kakak ipar.

Saya langsung hidupkan dan arahkan ke beberapa bagian dari laptop khususnya bagian yang terkena air.

Setelah dirasa cukup, saya tidak langsung menghidupkan laptop kembali karena takutnya masih akan sama saja seperti sebelumnya.

Sebenarnya saya juga tidak berharap cara tersebut akan berhasil karena mendapati suara ‘jess’ tadi yang dalam pikiran saya mungkin telah terjadi koslet. Dan memang bagian komponen di dalamnya sudah rusak. Tapi pikir saya saat itu, tidak ada salahnya mencoba saran dari teman saya di atas, semoga saja bisa berhasil.

Kemudian saya putuskan untuk mendiamkannya selama satu malam. Atas petunjuk dari salah satu artikel yang saya baca di Internet, maka saya tempatkan laptop dengan posisi terbalik dan dibuka 90°. Contoh penampakannya seperti di bawah ini.
Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air
Posisi dibalik seperti ini

Keesokan harinya, tepat setelah Shubuh, dengan mengucap Bismillah, saya mencoba menghidupkan tombol power. Dan jeng jeng jeng, alhamdulillah laptop saya kembali seperti semula,bisa hidup dan bisa menampilkan proses booting untuk masuk ke program atau Windows yang saya gunakan.

Jadi intinya saat kita mendapati laptop atau gadget mungkin terkena air karena hujan atau karena tumpahan air yang seperti yang saya alami, maka tetap tenanglah, jangan grasa grusu.

Yakini semuanya akan baik-baik saja. Ya walaupun hal ini diluar hal teknis, cuma bagi saya ini cukup membantu dan intinya tetap berpikir positif. Dan sebagai upaya preventif, kembali saya tekankan bagi sobat semua untuk jangan sekali-kali menaruh gelas berisi air tepat disebelah laptop, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

***

Baik seperti itulah mungkin sedikit sharing saya tentang cara mengatasi laptop mati terkena air ini.

Bagi sobat yang mungkin mengalami hal yang sama, silakan bisa mencoba apa yang telah saya lakukan. Namun karena apa yang saya tulis di sini murni dari pengalaman, maka tentu saya tidak bisa memberikan jaminan laptop sobat akan kembali berfungsi hidup dengan mengikuti cara saya tulis di atas, karena tentu kondisinya masing-masing berbeda

Kalau masih tidak berfungsi dan laptop tetap mati, solusi bijaknya mungkin sobat harus menyerahkannya kepada orang yang lebih ahli, dalam hari ini tukang servis/teknisi laptop untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

Jika tidak punya keahlian mumpuni dalam bidang hardware laptop, saya sarankan untuk tidak berani-berani melakukan bongkar pasang. Karena resikonya bisa saja kondisi laptop jadi tambah parah karena kesalahan sendiri.

Baik, sekian saja artikel kali ini. Bagi sobat yang mengalami hal yang sama, boleh mengirimkan komentarnya di bawah ini untuk bertanya atau sekadar saling sharing.

Semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya


Berlangganan dan Dapatkan 5 Ebook Dahsyat tentang Motivasi, Personal Developement dan Financial Freedom - Gratis


0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.

close
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online